banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Tips Bercinta di Bulan Puasa Anti Batal, Mommies Wajib Tahu!

author

Mommies Daily13 Mar 2024

Tips Bercinta di Bulan Puasa Anti Batal, Mommies Wajib Tahu!

Bercinta di bulan puasa bisa tidak, ya? Sebagai pasangan, Mommies bisa tetap berhubungan intim dengan suami dengan tips bercinta di bulan puasa ini.

Bagi pasangan suami istri ada satu pertanyaan yang selalu muncul di bulan puasa. Apakah melakukan hubungan intim di bulan puasa diperbolehkan dan apakah membatalkan puasa?

Bulan puasa memang dimaksudkan untuk menahan nafsu-nafsu, tak hanya nafsu makan dan minum tetapi juga seksual. Namun sebagai manusia, kita tidak bisa mengabaikan hasrat alamiah kita, termasuk keintiman fisik suami dan istri.

Jadi, wajar jika Mommies bertanya-tanya apakah umat Islam boleh berhubungan seks selama bulan Ramadan karena ini adalah waktu yang penuh dengan menahan diri dari nafsu.

Hukum Berhubungan Suami Istri di Bulan Puasa

Menurut hukum Islam, pada siang hari, saat berpuasa, umat Islam dilarang melakukan hubungan seksual. Namun, pasangan yang sudah menikah diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seksual setelah matahari terbenam dan sebelum fajar menyingsing alias subuh ketika jam puasa dimulai.

Selain itu, dalam Al-Qur’an mengizinkan keintiman seperti itu selama malam-malam puasa, seperti yang dinyatakan dalam Surat al-Baqarah (2:187).

Dalam ayat ini, Allah menyatakan: “Dihalalkan bagi kalian pada malam hari sebelum puasa untuk mendatangi istri-istri kalian [untuk berhubungan seksual]. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kalian dahulu menipu diri kalian sendiri, maka Dia menerima tobat kalian dan mengampuni kalian. Maka sekarang, bergaullah dengan mereka dan carilah apa yang telah Allah tetapkan bagi kalian (yaitu) keturunan. Dan makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih fajar dari benang hitam (malam). Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga malam hari. Dan janganlah kamu bergaul dengan mereka selama kamu beribadah di masjid-masjid. Itulah batas-batas yang ditentukan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (hukum-hukum-Nya) kepada manusia supaya mereka bertakwa.”

BACA JUGA: Sentuhan Romantis Antara Suami Istri, Boleh Dilakukan Saat Bulan Puasa?

6 Tips Bercinta di Bulan Puasa

Biar aktivitas puasa tidak batal dan hubungan dengan suami tetap romantis, ikuti tips bercinta di bulan puasa ini, Mommies.

1. Jangan lakukan hubungan intim di siang hari saat puasa

Dilarang keras untuk melakukan aktivitas seksual selama jam-jam puasa di bulan suci. Larangan ini berlaku untuk pria dan wanita yang diwajibkan berpuasa. Sesuai surat al-Baqarah (2:187), hubungan intim dihalalkan pada malam hari.

Oleh karena itu, jelaslah bahwa hubungan seksual di siang hari saat berpuasa di bulan Ramadan sangat dilarang. Berhubungan seks selama periode ini akan membatalkan puasa.

2. Dilakukan di malam hari setelah berbuka

Hubungan intim yang tidak membatalkan puasa dilakukan di malam hari dan setelah berbuka puasa. Dari surat al-Baqarah (2:187), suami istri bisa melakukan hubungan seksual pada malam hari di bulan Ramadan, menekankan pentingnya mencari keturunan dan memenuhi kewajiban pernikahan.

tips bercinta bulan puasa

Foto: Freepik

3. Mandi wajib setelah berhubungan seks

Setelah berhubungan seks dengan suami lakukan mandi wajib atau mandi junub sebelum mulai berpuasa kembali. Buat perempuan, seperti ini cara mandi wajib setelah berhubungan:

  • Mulai mandi wajib dengan membaca niat dalam hati.
  • Setelah itu cuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali.
  • Kemudian bersihkan kemaluan dengan tangan kiri. Lalu mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggunakan sabun.
  • Berwudu dengan sempurna seperti ketika hendak salat.
  • Mengguyur air pada kepala sebanyak tiga kali hingga sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala dengan menggosok-gosokkannya dan menyela-nyelanya.
  • Mengguyur air ke seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri.

4. Luangkan waktu untuk pasangan

Selain berhubungan intim, Mommies dan suami juga bisa semakin mempererat hubungan di bulan puasa. Meluangkan waktu untuk suami adalah tujuan yang harus diperjuangkan oleh setiap istri, terutama di bulan suci Ramadan, karena pahala yang berlipat ganda.

5. Sahur dan berbuka puasa bersama suami

Salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama pasangan adalah dengan makan sahur dan berbuka puasa.

Kesempatan ini adalah baik bagi Mommies dan suami untuk mendiskusikan kemajuan spiritual kalian di bulan Ramadan dan saling mengingatkan bahwa Mommies dan suami berpuasa karena Allah.

6. Jangan ragu meminta bantuan suami

Sering kita lihat di bulan Ramadan biasanya istri atau ibu sangat sibuk mempersiapkan hidangan sahur dan buka puasa. Jangan ragu meminta bantuan suami, terutama jika Mommies adalah seorang ibu yang memiliki anak kecil!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para suami untuk membantu istri mereka selama bulan Ramadan, seperti mencuci piring, menjaga anak-anak, atau membantu menyiapkan sahur dan berbuka puasa. Tentu saja, uluran tangan dari suami akan sangat dihargai dan meningkatkan rasa cinta di antara suami dan istri, loh.

BACA JUGA: Modus Love Scamming: Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Itulah tips bercinta di bulan puasa anti batal. Ingat waktu yang dibolehkan dan juga tata cara mandi wajib setelah berhubungan, ya.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: pch.vector on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan