banner-detik
SELF

Sambut Ramadan, Ini Jenis Kurma Terbaik yang Bukan Bikinan Israel

author

Mommies Daily01 Mar 2024

Sambut Ramadan, Ini Jenis Kurma Terbaik yang Bukan Bikinan Israel

Jelang Ramadan rupanya banyak kurma dari Israel yang membanjiri pasaran. Berikut jenis kurma terbaik yang bukan bikinan Israel yang bisa jadi pilihan.

Memasuki bulan Ramadan di pertengahan Maret 2024 ada satu makanan yang sudah menjadi khas selama bulan Puasa. Apalagi kalau bukan kurma. Namun, serangan kurma bikinan Israel membuat umat muslim cukup bingung. Terutama bagi mereka yang konsisten memboikot produk asal Israel.

Cukup mengejutkan memang, ternyata Israel adalah salah satu penghasil kurma terbesar di dunia. Dilansir dari situs berita Aljazeera, industri kurma di Israel sudah dikenal sejak lama dan sangat eksploitatif.

Bahkan sebagian besar operasinya dilakukan di pemukiman ilegal dengan menggunakan tenaga asal Palestina, yang tak jarang masih di bawah umur.

Menurut data dari Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), pada tahun 2017, Israel memproduksi 136.956 ton kurma dengan nilai ekspor ratusan juta dolar. Untuk melanggengkan industri ini, para pemukim Israel membawa pekerja Palestina yang dibayar rendah untuk melakukan pekerjaan yang sulit itu.

Selain itu, para petani Israel juga diketahui mempekerjakan anak-anak Palestina, loh.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Kajian Islam Edisi Bulan Ramadan di Jakarta

Jenis Kurma Terbaik yang Bukan Bikinan Israel

Yuk, hindari dan beli kurma yang bukan bikinan Israel dan beralih ke kurma-kurma berikut.

1. Khidri, kurma Mesir

Berasal dari Mesir, kurma Khidri adalah yang paling terkenal. Kurma ini berukuran besar dengan bentuk silinder dan memanjang, umumnya berwarna kuning hingga coklat tua dengan kulit bersisik yang berkerut.

Kurma ini sangat lembut dan kenyal dengan rasa manis seperti kismis dan sisa rasa karamel. Di Indonesia salah satu brand yang cukup populer adalah Golden Valley.

jenis kurma terbaik

Foto: Golden Valley

2. Ajwa, kurma Madinah

Berasal dari kota Madinah di Arab Saudi dan dibudidayakan dalam jumlah terbatas, kurma Ajwa dirayakan sebagai ‘Kurma Suci’ dan varietas yang dihormati yang terkait dengan agama Islam. Kurma ini juga termasuk varietas premium.

Beda dari yang lain, teksturnya seperti plum dan berwarna hitam dengan garis-garis keriput yang sangat halus. Kurma ini sangat lembut dan sedikit manis. Salah satu merek yang menjualnya adalah Safiya dan bisa dibeli di situs online di Indonesia.

3. Segai, kurma Arab Saudi

Berasal dari Arab Saudi, kurma Segai memiliki tampilan warna yang lebih terang. Biasanya bentuknya memanjang dengan bagian pangkal yang lebih lebar dari ujungnya.

Selain itu, kurma jenis ini juga memiliki pinggiran berwarna krem muda dengan bagian dalam berwarna kunyit hingga oranye tua. Pinggirannya keras dan renyah dengan profil rasa yang mengingatkan kita pada gula merah hangat, pangkalnya berair, lembut, dan sedikit manis.

jenis kurma terbaik

Foto: Segai

4. Sukari

Anda mungkin sering melihat kurma ini dipasarkan sebagai royal date atau kurma kerajaan. Tersedia dalam varietas lunak dan keras, kurma berbentuk kerucut dengan lipatan-lipatan menonjol pada kulit berwarna kuning hingga emas tua ini dilengkapi dengan daging buah yang sedikit manis.

Kurma jenis ini cocok sebagai pembuka puasa karena manis. Ketika digigit, ada tekstur gula yang mengkristal dan menawarkan rasa karamel yang renyah.

5. Kurma Palestina

Dengan kulit luar yang tebal dan warna cokelat tua, kurma ini mudah dikenali dengan bentuknya yang memanjang dan ujungnya yang runcing. Kurma ini memiliki rasa karamel yang khas dengan sedikit rasa vanila.

Namun Anda harus hati-hati saat membeli kurma Palestina, karena banyak perusahaan Israel yang melabeli produk mereka dengan kata-kata kurma Palestina.

Salah satu eksportir terbesar di Israel bernama Hadiklaim. Perusahaan ini menjual kurma di supermarket dengan nama-nama berikut: King Solomon, Jordan River dan Jordan River Bio-Top, serta di bawah label jaringan supermarket.

Hindari perusahaan-perusahaan ini: Mehadrin, MTex, Edom, Carmel Agrexco, dan Arava yang merupakan perusahaan asal Israel. Salah satu pilihan merek kurma Palestina yang aman adalah dari merek Zaytoon.

jenis kurma terbaik

Foto: Unsplash

Tips Membeli Kurma untuk Bulan Ramadan

Kurma memiliki makna budaya dan religius selama bulan Ramadan, serta berfungsi sebagai makanan bergizi dan kaya energi untuk berbuka puasa. Yuk, ikuti tips ini saat membeli kurma di bulan Ramadan.

  • Saat memilih kurma terbaik, pertimbangkan rasa, tekstur, dan tingkat kemanisannya.
  • Perhatian terhadap kebersihan selama logistik, penanganan, dan pemrosesan juga sama pentingnya.
  • Ketika memilih kurma berkualitas untuk Ramadan, penting untuk memperhatikan kemasan. Banyak kurma di pasaran yang dikemas dalam kotak dengan penutup, tetapi inilah masalahnya karena kurma tersebut tidak disegel.
  • Pertimbangkan daya tahan produk dan penyimpanannya. Ini bisa mempermudah sampai kapan Anda bisa mengonsumsi kurma sebelum kedaluwarsa.
  • Selalu periksa label saat membeli kurma. Jangan membeli kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel.

Itulah tips membeli kurma. Pastikan membeli jenis kurma terbaik yang bukan bikinan Israel, ya.

BACA JUGA: Kegiatan Bulan Ramadan untuk Anak SD

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Unsplash

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan