banner-detik
PARENTING & KIDS

Bermesraan di Depan Anak? Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

author

Mommies Daily05 Feb 2024

Bermesraan di Depan Anak? Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

Risih bermesraan dengan pasangan di depan anak? Menunjukkan kasih sayang Anda dengan pasangan boleh-boleh saja asal tidak berlebihan.

Pernahkah Mommies berpikir, apakah Anda boleh menunjukkan kasih sayang dengan suami di depan anak-anak? Jawabnnya, boleh banget Mommies! Para ahli setuju menunjukkan kasih sayang kepada pasangan di depan si kecil adalah hal yang sehat.

“[Menunjukkan kasih sayang] penting untuk membangun keterikatan yang aman dan memperkuat perkembangan sosial-emosional pada bayi dan balita,” kata Mayra Mendez, Ph.D., LMT, seorang psikoterapis berlisensi dari Santa Monica, California, dikutip dari What to Expect.

Dengan menunjukkan kasih sayang satu sama lain secara terbuka, Anda mengajari anak-anak seperti apa hubungan yang sehat itu. Tentu saja, ini membantu membuat mereka merasa lebih aman, terlindungi, dan dicintai.

Namun tetap ada batasan dalam menunjukkan kasih sayang. Sikap bemesraan berlebihan mungkin bisa menimbulkan efek tidak nyaman kepada anak. Apalagi sampai menunjukkan kemesraan yang ekstrem di depan mereka.

BACA JUGA: Bikin Mesra, Ini 15 Cara Menikmati Quality Time Bersama Pasangan

Jenis Kemesraan yang Boleh Dilakukan

Do’s! Tunjukkan kemesraan halus di depan anak, seperti hal berikut:

1. Berpelukan. Pelukan merupakan tindakan mesra yang hangat yang jika dilakukan di depan anak justru membuat mereka merasa aman dengan orang tua mereka.

2. Berpegangan tangan. Saat jalan-jalan di mal, mengapa tidak menggandeng tangan pasangan. Jika ini dilihat anak, mereka juga menganggapnya sebagai tindakan mesra yang membuat aman.

3. Memanggil pasangan dengan panggilan mesra. Ucapan sayang menunjukkan kemesraan dengan suami Anda. Anak yang mendengar juga tahu bahwa itu tindakan kasih sayang yang wajar dan justru didukung.

4. Bersandar di bahu. Saat duduk di sofa atau bangku bioskop, boleh saja Anda bersandar pada bahu suami. Anak yang melihat akan mengartikan posisi tersebut sebagai tanda sayang dan dukungan.

5. Ciuman di pipi. Ciuman di pipi di pagi hari atau sebelum pasangan berangkat kerja juga merupakan tindakan mesra yang boleh saja ditunjukkan di depan anak. Anak akan melihatnya sebagai tanda kehangatan tanpa adanya indikasi seksual.

Jenis Kemesraan yang Tidak Boleh Dilakukan

Don’t’s! Memperlihatkan keintiman seksual pada anak

1. Ciuman mulut yang bergairah. Sebenarnya ciuman mulut di depan anak bisa saja dilakukan jika itu hanya sebuah kecupan singkat. Tapi kalau Anda dan pasangan melakukan French kiss di depan anak ini sudah tidak pantas dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada mereka.

2. Bicara tentang seks. Anda mungkin menganggap anak terlalu kecil dan tidak mengerti percakapan Anda dan suami tentang seks. Namun hati-hati, anak di usia dini cepat menangkap. Bisa saja ia mengulang pesan tersebut di depan umum dan memalukan bagi Anda.

Di sisi lain, ia akan merasa hal itu wajar ketika beranjak dewasa dan bisa membuat orang lain merasa dilecehkan.

3. Menunjukkan dengan jelas Anda akan melakukan hubungan intim. Seks adalah hal yang pribadi dan Anda perlu menjaga privasi. Jangan melakukan hal-hal seperti sengaja menutup pintu di depannya sebelum ia beranjak ke tempat tidur.

4. Berhubungan seks. Ya, tentu saja ini sangat dilarang. Berapa pun usia anak Anda, hal ini tidak diperbolehkan.

Foto: Freepik

Manfaat Menunjukkan Kemesraan di Depan Anak

Secara garis besar, sangat diperbolehkan menunjukkan kemesraan di depan anak. Anak-anak mencontoh perilaku mereka dari apa yang mereka lihat di rumah dan di tempat umum. Dengan menunjukkan kemesraan dan kasih sayang, Anda dan suami menunjukkan interaksi yang positif sehingga dapat menambah lingkungan di mana anak merasa aman dan nyaman.

Selain itu, menunjukkan kemesraan dapat membuat anak mencontohkan perilaku yang sama. Hal ini juga membantu mengajari anak-anak tentang cinta, pernikahan, dan kasih sayang yang dapat mempersiapkan mereka untuk hubungan mereka di masa depan.

Ini juga membuat anak memiliki kriteria dalam mencari pasangan mereka di masa depan. Tentunya Anda dan suami ingin anak-anak kalian mendapatkan pasangan yang juga mencintai mereka, kan?

Lebih penting lagi, hal ini memberi Anda kesempatan untuk mengajarkan anak-anak sejak dini tentang sentuhan dan consent. Hal ini juga menunjukkan kepada anak bagaimana mencintai orang lain dengan cara yang sehat dan penuh hormat, dan dicintai dengan cara yang sama sebagai balasannya.

Jadi kesimpulannya, boleh saja menunjukkan kemesraan di depan anak. Bahkan sangat dianjurkan karena mempunyai banyak manfaat. Namun, tentu saja tetap harus ada batasannya.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Suami, Jangan Katakan 10 Kalimat Ini ke Istri Kalau Mau Hubungan Makin Mesra

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS