banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Bikin Mesra, Ini 15 Cara Menikmati Quality Time Bersama Pasangan

author

Fannya Gita Alamanda15 Mar 2023

Bikin Mesra, Ini 15 Cara Menikmati Quality Time Bersama Pasangan

Cara menikmati quality time bersama pasangan itu harus diusahakan untuk semakin mempererat dan meningkatkan hubungan Anda berdua.

Bertahun-tahun, setiap hari, wajah pasanganlah yang Anda cium sebelum tidur dan Anda sapa saat membuka mata. Namun rutinitas ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa pernikahan Anda masuk kategori baik-baik saja. Anda berdua butuh quality time!

Menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan adalah cara terbaik untuk memastikan hubungan Anda tetap sehat dan kuat. Ini berarti lebih dari sekadar duduk berdua, ngemil popcorn sambil nonton Netflix atau sesekali keluar untuk makan malam. Bukan. Quality time harus lebih dari itu karena kalian berdua berhak mendapatkan dan memberikan yang terbaik dari dan untuk satu sama lain.

Apa yang dimaksud dengan waktu berkualitas? Ini berarti mendedikasikan waktu untuk dihabiskan berdua tanpa gangguan, momen Anda dan dia bisa bicara dari hati ke hati tentang apa saja. Ingat, komunikasi yang manis akan membangun keterikatan emosional yang dalam dan rasa saling percaya yang mustahil digoyahkan.

Menurut Gary Chapman, pencetus teori bahasa cinta, menghabiskan waktu bersama seseorang, tanpa gangguan, akan memperdalam hubungan Anda.

Waktu berkualitas juga bisa berarti tentang mengekspresikan cinta secara fisik. Bukan melulu lewat seks, ya (tapi itu bagus juga, sih), melainkan dengan cara yang lebih effortless seperti berpegangan tangan, berpelukan, saling belai, dan bercanda. Studi menunjukkan ekspresi-ekspresi sayang yang sederhana ini juga nggak kalah ampuhnya untuk memperkuat ikatan cinta.

BACA JUGA: 21 Ide Aktivitas Seru untuk Quality Time Ibu dan Anak

Cara Menikmati Quality Time Bersama Pasangan

Ini dia 15 aktivitas yang bisa Mommies lakukan bersama pasangan untuk mendapatkan quality time terbaik.

1. Hadir di acara ramah tamah

Saat ini, kebanyakan orang sibuk dengan kehidupan mereka sampai-sampai sulit meluangkan waktu hadir di acara sosial. Nggak usah yang besar-besar dan nggak perlu semua acara didatangi. Anda bisa sesekali meluangkan waktu hadir di acara ramah-tamah RT atau arisan keluarga, misalnya. Percaya, deh, ini justru bisa Anda manfaatkan untuk mengamati pasangan dari jauh ketika dia sedang asyik ngobrol dengan orang lain. Anda akan ingat kembali hal apa saja yang membuat Anda jatuh cinta setengah mati kepadanya.

2. Mencoba hal-hal baru bersama

Pernah nggak kepikiran untuk belajar memainkan alat musik tertentu atau bicara bahasa asing, selain bahasa Inggris? Bagaimana dengan paralayang atau ikut kelas yoga? Alih-alih mempelajari itu sendiri, kenapa nggak Anda coba mempelajarinya berdua? Pasti seru!

Mencoba aktivitas baru bersama akan membangun hubungan yang sehat. Anda berdua akan belajar saling mengandalkan, secara emosional dan fisik. Hobi yang dilakukan bersama juga membuat Anda berdua semakin karib sebagai sahabat sehidup semati. Journal of Happiness Studies menemukan bahwa kepuasan perkawinan menjadi dua kali lebih tinggi bagi pasangan yang menganggap satu sama lain sebagai sahabat.

3. Jadwalkan waktu bebas teknologi

Menonton video, membaca berita, atau menjaga silaturahmi dengan teman dan keluarga memang dapat dilakukan lewat smartphone Anda. Namun ponsel nggak selalu baik untuk hubungan Anda. Studi menunjukkan bahwa phubbing (perilaku seseorang yang asyik dengan gadget ketika sedang bersama orang lain atau sedang berada di sebuah acara) dapat memunculkan perasaan kecewa bahkan meningkatkan perasaan depresi.

4. Olahraga berdua

Salah satu cara pasangan dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama adalah dengan olahraga berdua. Studi menunjukkan bahwa pasangan lebih cenderung rutin berolahraga jika mereka berolahraga bersama. Penelitian lain menemukan bahwa 95% pasangan yang berolahraga bersama mampu mempertahankan penurunan berat badan mereka dibandingkan dengan 66% lajang yang olahraga sendirian.

5. Memasak berdua

Salah satu saran terbaik menghabiskan waktu berkualitas bersama adalah dengan memasak makanan bersama. Jadi, pasang playlist musik romantis saat Anda berdua sedang sibuk di dapur… buat masak (jangan keburu mikir yang lain, Mommies)!

Memasak berdua bukan hanya menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama, tetapi juga memperkuat kerja sama Anda sebagai tim. Pun hasilnya nanti nggak selezat masakan Chef Juna, Anda berdua punya cerita lucu dan memori indah untuk ditertawakan dan dikenang.

6. Punya jadwal rutin kencan

Ini bukan rumor. Pasangan suami istri mengalami perasaan bahagia yang lebih besar dan lebih sedikit stres saat mereka menghabiskan waktu berkualitas bersama. Salah satu caranya adalah punya jadwal nge-date berdua yang rutin, semingu sekali.

National Marriage Project menemukan bahwa kencan di malam minggu (atau bebas malam apa aja sesuaikan dengan jadwal kosong Anda berdua), dapat mencegah timbulnya kejenuhan dalam hubungan, menurunkan risiko perceraian, kehidupan seks yang WOW, dan meningkatkan komunikasi yang sehat.

7. Tunjukkan rasa saling peduli

Semua bentuk bahasa cinta ditujukan untuk membantu orang yang saling mencintai terhubung melalui berbagai cara. Melakukan quality time adalah salah satu syaratnya dan kehadiran Anda secara utuh (bukan sekadar tubuh yang ada di sana) adalah kuncinya. Perlihatkan minat pada apa yang dirasakan pasangan Anda. Dengarkan dan perhatikan saat pasangan Anda berbicara.

Menurut National Library of Medicine, mendengarkan secara aktif adalah tingkat mendengarkan yang paling tinggi dan paling efektif. Keterampilan komunikasi seseorang ditunjukkan dengan seberapa baik ia mampu mendengarkan, memahami, dan tahu perasaan teman bicaranya.

suami istri memasak

8. Jangan membatalkan rencana

Orang yang bahasa cintanya adalah waktu berkualitas, bakal merasa kecewa berat jika rencana quality time-nya ditunda atau dibatalkan. Ini karena mereka menganggap waktu berkualitas sebagai tanda cinta. Saat Anda membatalkan atau menunda menghabiskan waktu bersamanya, ia merasa seperti Anda menahan cinta yang menjadi haknya.

9. Miliki ritual harian

Bisa makan malam bersama, saling cerita tentang aktivitas hari ini, atau melakukan hobi yang sama-sama disukai punya efek yang baik. Meskipun hanya 15 menit, ini adalah investasi jangka panjang buat pernikahan Anda.

10. Nonton video hari pernikahan Anda

Tidak perlu menunggu anniversary untuk melihat kembali jejak cerita awal kehidupan pernikahan Anda untuk menikmati quality time. Sesekali menikmati lagi kenangan di hari paling istimewa di dalam hidup kalian akan mengingatkan Anda dan pasangan betapa berharganya semua yang telah kalian miliki hari ini.

11. Memandangi bintang

Punya teropong? Gelar tikar di teras belakang (kalau memungkinkan di atas atap lebih seru), lalu ajak pasangan Anda memandangi bintang sambil main tebak-tebakan konstalasi bintang apa saja yang Anda berdua temukan. Oh iya, matikan smart phone, ya!

12. Kisah pertama kali bertemu

Kisah tentang bagaimana awal Anda berdua berjumpa, saling kenal, dan akhirnya jatuh cinta adalah kisah bermakna yang nggak akan pernah menjadi cerita usang, bahkan jika Anda sudah menceritakannya berulang-ulang kali.

13. Kuis cinta dan bandingkan hasilnya

Anda yakin kalian berdua saling tahu luar dalam? Pikirkan lagi. Lakukan permainan kuis untuk melihat seberapa baik Anda dan dia mengenal satu sama lain. Kuncinya jangan baperan, ya. Bagi yang menjawab salah, wajib memberikan ciuman di area yang diinginkan si pemenang.

14. Movie Marathon

Jika berat kaki pergi keluar di akhir pekan, Anda harus mencoba movie marathon. Tuliskan semua film yang kalian berdua sukai dan mulailah menontonnya. Ini akan membantu kalian menciptakan percakapan dan kenangan. Pada akhirnya, waktu yang kalian habiskan bersama tanpa membicarakan hal lain selain minat, perasaan, dan pandangan satu sama lain, itulah yang terpenting.

15, Pergi tidur di waktu bersamaan

Jika memungkinkan, mulai pertimbangkan untuk berangkat tidur bersama. Anda tidak hanya akan mengakhiri hari bersama-sama, tetapi juga tetap terhubung sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas waktu tidur dikaitkan dengan kebiasaan tidur yang lebih baik dan peningkatan fungsi sebuah keluarga.

BACA JUGA: Suami, Jangan Katakan 10 Kalimat Ini ke Istri Kalau Mau Hubungan Makin Mesra

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan