banner-detik
SELF

10 Penyebab Perut Buncit Seperti Hamil pada Perempuan, Hindari!

author

Mommies Daily02 Feb 2024

10 Penyebab Perut Buncit Seperti Hamil pada Perempuan, Hindari!

Banyak wanita punya perut buncit yang terlihat seperti hamil. Memang menyebalkan tapi ternyata ada penjelasan ilmiah tentang hal itu, Mommies!

Apakah Mommies sering melihat ke cermin dan membatin, “Duh, perut kok terlihat seperti hamil, ya?” Mommies tidak sendiri karena banyak perempuan yang juga mengalami hal itu. Tak hanya karena suka makan, perut buncit juga bisa jadi karena masalah kesehatan, loh.

Beberapa masalah kesehatan bisa termasuk gangguan pencernaan, organ ginjal, dan liver, sindrom iritasi usus besar, fluktuasi hormon, menopause, tumor, kanker ovarium, hingga bisa karena stres.

Lalu, bagaimana cara mengatasi perut buncit, nih? Eits, sebelum membahas cara mengatasinya, Mommies terlebih dahulu harus tahu apa penyebabnya.

“Banyak cara mengatasi perut buncit berkaitan dengan bagaimana, kapan, dan apa yang kita makan. Jadi menemukan penyebab perut buncit Anda adalah kunci untuk mengatasinya,” jelas Michelle Cohen, M.D., ahli pencernaan di Rumah Sakit Mount Sinai di Brooklyn, Amerika, seperti dikutip dari SELF.

BACA JUGA: 9 Resep Jus Detox, Bisa Menghilangkan Perut Buncit

10 Penyebab Perut Buncit

Yuk, cari tahu apa penyebab perut buncit yang mungkin sedang Mommies alami.

1. Konsumsi banyak garam

Mengonsumsi natrium dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan tubuh menahan air. Solusi cepat untuk masalah ini? Hentikan sejenak makanan asin dan perbanyak minum air putih. Semakin banyak minum air, semakin sedikit tubuh akan merasa perlu untuk menahannya.

2. Stres

Stres jadi penyebab perut buncit. Saat stres, kadar kortisol meningkat. Nah, inilah yang membuat nafsu makan meningkat, terutama nafsu pada makanan manis, tinggi kalori, dan tinggi lemak.

3. Menggunakan pemanis buatan

Artificial sweetener atau pemanis buatan adalah salah satu penyebab perut buncit. Tubuh kita tidak memiliki kemampuan untuk menyerap gula-gula buatan tersebut, sehingga mereka akan tetap berada di usus, menarik cairan, dan menyebabkan gas di perut.

Photo by Andres Ayrton on Pexels

4. Pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh menurun, sehingga mengurangi kemampuan sel untuk menyimpan lemak di organ dalam tubuh. Akibatnya, kelebihan  lemak yang diserap akan disimpan langsung di perut sehingga menyebabkan perut buncit.

5. Makan terlalu cepat

Hati-hati jika punya kebiasaan makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat dapat menyebabkan perut buncit karena perut hanya dapat menampung jumlah tertentu. Jadi jika makan banyak dalam waktu yang singkat, tubuh tidak punya banyak waktu untuk memprosesnya dengan cepat.

6. Susah BAB

Pencernaan yang kurang lancar membuat Mommies susah BAB (buang air besar). Akibatnya sisa makanan terperangkap di usus dan membuat perut terlihat buncit.

7. Malas olahraga

Malas olahraga adalah masalah utama yang menyebabkan perut buncit. Jika jarang bergerak dan berolahraga, lemak dari makanan yang dimakan tidak dibakar dan hanya disimpan di  bagian  perut.

BACA JUGA: Musim Hujan, Ini 25 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

8. Kurang tidur

Rupanya kurang tidur kira-kira 6 jam setiap malam bisa meningkatkan risiko perut buncit akibat penumpukan lemak. Selain itu, kurang tidur menginduksi hormon ghrelin dan menurunkan hormon leptin. Kondisi ini membuat Mommies jadi cepat merasa lapar dan ingin makan terus-menerus.

9. Sedang menstruasi

Saat menstruasi, Mommies mungkin merasa perut bertambah buncit. Rupanya hal itu umum terjadi. Penyebab perut buncit selama menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi setiap bulan selama haid.

10. Mengonsumsi alkohol

Tahukah Mommies jika sering minum alkohol bisa meningkatkan jumlah lemak di perut. Minum alkohol akan meningkatkan kadar glukosa, sehingga mendorong penumpukan lemak di perut.

Perbedaan Perut Buncit dan Hamil

Sering bertanya-tanya apakah perut buncit atau beneran hamil? Ini tips mudah membedakannya. Saat hamil perut terasa lebih keras jika disentuh, sementara itu, jika seseorang mengalami perut buncit, maka perut terasa kenyal bila disentuh. Selain itu, perut hamil tidak bergelambir atau berlemak sedangkan perut buncit terlihat bergelambir, Mommies.

Jika mengalami gejala kehamilan lainnya, seperti mual, bisa jadi itu bukan sekadar perut buncit. Namun satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes kehamilan, ya.

Cara Mengatasi Perut Buncit tanpa Olahraga

Berikut ini cara mengatasi perut buncit, bahkan bisa dilakukan tanpa olahraga!

  1. Minum air putih cukup. Minum air putih dapat membantu makan lebih sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan, terutama jika meminumnya sebelum makan.
  2. Tidur teratur. Mommies mungkin sering mengabaikan tidur ketika ingin mengurangi berat badan, termasuk mengurangi perut buncit. Namun tidur cukup bisa mengurangi stres, yang pada akhirnya mengurangi keinginan buat makan lebih banyak.
  3. Serat. Makan makanan yang kaya serat larut juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan berlebihan.
  4. Konsumsi protein. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan karena dapat meningkatkan rasa kenyang lebih cepat, mengurangi rasa lapar, dan membantu makan lebih sedikit kalori.
  5. Kurangi sodium. Garam pada makanan asin dan gurih memiliki kemampuan untuk mengikat atau menahan air di dalam tubuh, sehingga tubuh terlihat lebih gemuk dan perut jadi buncit.

BACA JUGA: Dialami Celine Dion, Ketahui Fakta dan Penyebab Stiff Person Syndrome

Perut buncit memang menyebalkan dan bisa bikin Mommies tidak percaya diri. Setelah tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya, yuk mulai hilangkan perut buncit. Biar lebih sehat dan juga percaya diri, Mommies!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by wayhomestudio on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan