banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Tips Menjalani Side Hustle untuk Mommies dan Daddies di Rumah

author

Katharina Menge23 Jan 2024

Tips Menjalani Side Hustle untuk Mommies dan Daddies di Rumah

Dengan langkah yang tepat, Mommies dan Daddies bisa mendapat uang ekstra lewat side hustle, sekaligus menjaga Si kecil di rumah.

Istilah “side hustle” berarti pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan sampingan. Bagi Mommies dan Daddies yang tinggal di rumah, side hustle adalah pekerjaan yang dapat dilakukan sejalan dengan tugas sebagai orang tua.

Side hustle yang ramah terhadap orang tua memungkinkan lokasi dan waktu yang fleksibel, sehingga mereka tetap bisa mengelola tanggung jawab di keluarga, termasuk pengasuhan anak.

Walau terkesan menantang, side hustle berguna untuk pendapatan tambahan, mengasah skill, menjaga karier tetap berjalan walau sudah berkeluarga, dan memperluas relasi dengan rekan-rekan profesional.

BACA JUGA: 10 Situs Lowongan Kerja, Bisa untuk Pemula Sampai Profesional

Tips Menjalani Side Hustle di Rumah

Bagi Mommies dan Daddies yang ingin memulai side hustle, berikut adalah lima tips untuk stay at home moms and dads.

1. Memanfaatkan Bakat dan Minat

Setiap orang pasti memiliki bakat atau minat yang bisa dijadikan karir, walaupun hanya pekerjaan sampingan. Misal, Mommies yang suka memasak bisa membuat usaha katering. Jika Mommies suka membuat kerajinan tangan atau mendesain, coba jual karya atau membuka jasa pembuatan karya untuk pelanggan.

Daddies yang suka menulis bisa side-hustle sebagai penulis, editor, penerjemah, dan masih banyak lagi. Dengan memulai dari minat dan keahlian, Mommies dan Daddies dapat mengembangkan pekerjaan yang lebih bermakna dan memuaskan. Berbagai lowongan part-time maupun freelance bisa ditemukan di media sosial sampai website pencari kerja.

2. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Memilih side hustle dengan fleksibilitas waktu dan lokasi adalah kunci untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga. Fleksibilitas ini memungkinkan Mommies dan Daddies untuk menyesuaikan jadwal kerja dengan kebutuhan keluarga, seperti jadwal sekolah anak-anak atau tanggung jawab rumah tangga lainnya.

Dengan memiliki kendali atas waktu dan lokasi bekerja, Mommies dan Daddies bisa lebih efektif membagi waktu kerja dan keluarga, serta membantu mengurangi stres akibat jadwal padat. Mommies dan Daddies yang ingin menetap di rumah bisa mencari pekerjaan WFH (Work from Home) atau pekerjaan yang tidak mengharuskan pergi ke luar rumah setiap hari.

3. Manfaatkan Jaringan dan Koneksi

Jaringan sosial dan profesional adalah sumber daya berharga dalam menemukan peluang pekerjaan sampingan. Coba bicara dengan teman, mantan rekan kerja, atau kenalan profesional yang mungkin mengetahui peluang pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat. Terkadang, peluang terbaik dapat muncul melalui rekomendasi dari orang-orang dalam jaringan.

Selain itu, bergabung dengan komunitas online atau offline terkait industri atau minat bisa membuka pintu untuk peluang baru dan memperluas relasi. Dengan memanfaatkan koneksi yang dimiliki, Mommies dan Daddies dapat menemukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan latar belakang tanpa membebankan diri sendiri.

4. Jadwalkan dengan Bijak

Penting untuk mengatur jadwal dengan bijak ketika menjalankan side hustle. Meskipun pekerjaan ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan atau bahkan berkembang menjadi pekerjaan utama, memprioritaskan waktu dengan bijak adalah kunci.

Pastikan bahwa waktu yang dihabiskan untuk side hustle tidak mengganggu keseimbangan kehidupan keluarga dan waktu istirahat Mommies dan Daddies. Atur jadwal kerja yang tepat, misal saat anak-anak sedang bersekolah atau sedang tertidur. Dengan menyusun jadwal yang terorganisir, Mommies dan Daddies bisa memanfaatkan waktu secara efisien, sekaligus menjaga kesehatan fisik dan mental.

5. Berbicara dengan Pasangan

Komunikasi terbuka dengan pasangan adalah langkah krusial dalam menjalankan pekerjaan ini. Diskusikan niat Mommies dan Daddies untuk memulai atau melanjutkan side hustle dengan pasangan, dan ajukan dukungan serta pemahaman mereka.

Dengan membangun kesepakatan bersama, Mommies dan Daddies dapat bekerja sebagai tim untuk mengintegrasikan side hustle ke dalam rutinitas keluarga tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai orang tua dan pasangan. Terbuka tentang ekspektasi, batasan waktu, dan potensi tantangan membantu menciptakan lingkungan yang mendukung untuk kedua belah pihak.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 15 Pekerjaan Remote Paling Dicari di 2024, Mau Coba?

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS