banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

7 Posisi Berhubungan Seks Ini Aman Dilakukan Saat Sedang Hamil

author

Mommies Daily07 Jan 2024

7 Posisi Berhubungan Seks Ini Aman Dilakukan Saat Sedang Hamil

Ini posisi berhubungan seks yang aman saat hamil. Tetap perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat, loh, Mommies! Silahkan dicoba.

Mengetahui posisi berhubungan seks yang aman saat hamil sangat diperlukan. Sebab seks sangat aman dilakukan di sebagian besar masa kehamilan. Jadi Anda dan pasangan tidak perlu menahan diri jika sedang ingin melakukannya. Memang sih, ada beberapa perempuan yang ragu melakukan seks saat hamil, karena takut “menyakiti” bayi. Namun Anda bisa tenang karena ada posisi seks yang aman untuk dicoba.

Menurut American College of Obstetri dan Ginekologi (ACOG), seseorang yang sedang hamil dapat berhubungan seks dengan aman selama masa kehamilan, kecuali jika dokter kandungan mereka menyarankan hal lain.
Berhubungan intim juga dapat terasa lebih baik selama kehamilan karena terjadi peningkatan suplai darah yang luar biasa ke rahim, serviks, dan area vagina. Hal ini membantu daerah bawah Anda terasa lebih sensitif dari biasanya.

“Selain menghilangkan stres yang muncul akibat kehamilan, berhubungan seks adalah cara yang bagus untuk memperkuat dan mempertahankan hubungan emosional yang Anda miliki dengan pasangan, yang mungkin sulit dilakukan selama masa-masa sibuk ini,” kata Leah Millheiser, M.D., profesor klinis kebidanan dan kandungan di Standford Medicine, dikutip dari SELF.

Bereksperimen dengan posisi seks yang berbeda dapat mengurangi ketidaknyamanan sekitar perut Anda yang semakin membesar. Berikut ini adalah 8 posisi seks berbeda yang aman untuk dicoba saat hamil.

BACA JUGA: 5 Gaya Seks Paling Disukai Para Suami, Jadi Bumbu Kehidupan Seksual Anda

Posisi Berhubungan Seks yang Aman Saat Hamil

Tentu saja, posisi seks terbaik selama kehamilan adalah posisi yang paling nyaman bagi Anda, tetapi seiring dengan membesarnya perut, Anda mungkin perlu sedikit kreatif.

1. Woman on Top

Ini adalah posisi seks saat hamil yang aman bagi ibu hamil, karena Anda berada di atas pasangan, sehingga perut Anda tidak akan tertekan. Anda juga bisa bersandar ke belakang untuk mengurangi beban ekstra dari perut, dan lebarkan posisi kaki Anda untuk penetrasi yang lebih dalam.

2. Oral seks

Ini juga posisi berhubungan intim yang aman saat hamil. Hal ini sering kali paling baik dilakukan di ujung tempat tidur, tepi sofa, atau dengan Anda duduk di kursi. Pasangan bisa berlutut di depan Anda dan tidak menekan perut.

3. Posisi berdiri dari belakang

Letakkan tangan Anda di dinding dan bersandarlah sedikit untuk menambah stabilitas. Mintalah pasangan untuk melakukan penetrasi dari belakang, sambil memegang pinggul Anda untuk dukungan tambahan.

4. Spooning

Jika perut Anda terasa tidak nyaman selama trimester kedua dan ketiga, posisi spooning adalah posisi seks yang tepat untuk merasa nyaman dan intim. Berbaringlah miring dan mintalah pasangan berbaring di belakang Anda. Dia dapat melakukan penetrasi, meraih, dan merangsang klitoris Anda, atau keduanya.

5. Posisi dari belakang

Berlututlah di tempat tidur sambil meletakkan tangan Anda di kepala tempat tidur atau dinding untuk menyangga. Mintalah pasangan Anda melakukan penetrasi dari belakang.

6. Seks masturbasi

Gunakan tangan Anda dan pasangan. Kalian juga bisa menggunakan seks toys untuk menyenangkan pasangan sementara mereka melakukan hal yang sama dengan Anda.

7. Reverse cowgirl

Mengangkangi pasangan Anda, tetapi dengan membelakanginya, sehingga dia dapat melakukan penetrasi. Ini mirip woman on top, tetapi posisi seks ini dibalik.

Apa yang Terjadi Jika Pasangan Melakukan Ejakulasi?

Menurut Salena Zanotti, M.D., seorang dokter kandungan bersertifikat di Cleveland Clinic, jika pasangan Anda berejakulasi di dalam diri Anda saat berhubungan seks selama kehamilan, sperma tidak akan mencapai bayi atau membahayakannya dengan cara apa pun.

“Sperma tidak dapat menembus kantung ketuban,” katanya.

Sperma kemungkinan besar akan keluar dari vagina Anda bersama air mani ketika Anda berdiri atau buang air kecil, jelasnya. Beberapa sperma, secara teori, dapat masuk ke dalam tuba falopi Anda.

Namun, kehamilan meningkatkan kadar hormon progesteron Anda, yang melumpuhkan dan membunuh sperma sehingga mereka tidak bisa masuk ke dalam leher rahim Anda.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi – bahkan, sangat jarang sehingga tidak ada cukup data yang menunjukkan seberapa sering hal ini terjadi – mungkin ada kemungkinan terjadinya pembuahan kedua, yang dikenal sebagai superfetasi.

Jangan Lakukan Ini Saat Berhubungan seks saat sedang hamil

Seks saat hamil memang aman, tapi ada satu hal utama yang harus dihindari: Pastikan pasangan tidak pernah meniupkan udara langsung ke dalam vagina Anda, yang berpotensi terjadi jika Anda menerima seks oral.
Memaksakan udara ke dalam vagina wanita hamil dapat menyebabkan emboli udara, yaitu suatu kondisi berbahaya yang terjadi ketika gelembung udara masuk ke dalam pembuluh darah. Kemungkinan terjadinya hal ini sangat jarang, tetapi lebih baik aman daripada menyesal, ya.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Titik Pijat Pembangkit Gairah Seksual, Wajib Dicoba Pasangan Suami Istri

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan