banner-detik
SELF

30 Ide untuk Resolusi Tahun Baru 2024, Buat Hidup Lebih Bahagia!

author

Mommies Daily27 Dec 2023

30 Ide untuk Resolusi Tahun Baru 2024, Buat Hidup Lebih Bahagia!

Sudahkah Mommies membuat ide resolusi tahun baru 2024? Membuat resolusi sebenarnya sangat mudah, namun mewujudkannya akan menjadi tantangan tersendiri.

Banyak orang yang gagal dalam mewujudkan resolusinya karena berbagai alasan, salah satu alasan umumnya yaitu karena resolusi yang terlalu tinggi. Namun, menetapkan resolusi di awal tahun yang baru juga mempunyai dampak positif bagi Mommies. Coba deh simak ide-ide resolusi tahun baru ini.

Namun sebelum menentukan ide resolusi tahun baru, penasaran nggak sih sebenarnya resolusi tahun baru ini apa dan muncul sejak kapan?

Resolusi adalah rencana atau tujuan yang biasanya dibuat di awal tahun baru dengan tujuan mewujudkannya hingga tahun itu berakhir. Hampir semua orang bersemangat ketika menghadapi tahun baru, mereka menganggap lembaran baru dan kehidupan baru telah dimulai.

Nah, menurut sejarah, resolusi tahun baru dimulai di Babel kuno lebih dari 4.000 tahun yang lalu dalam upaya untuk menyenangkan dewa-dewa mereka. Barbara Santini, seorang psikolog, percaya bahwa orang Babilonia mendatangi dewa mereka dengan janji dan mengharapkan bantuan di tahun baru.

Di zaman modern, banyak orang di seluruh dunia membuat resolusi tahun baru, atau berjanji pada diri sendiri untuk mencapai tujuan tertentu di tahun mendatang. Tradisi ini tentu menjadi kebiasaan baik karena dapat menumbuhkan semangat untuk menjalani hari baru.

Contoh resolusi tahun baru sebenarnya simpel. Bisa seperti, “Di Tahun 2024 saya akan lebih banyak melakukan self love” atau “Di tahun 2024 saya akan menabung sekian juta.” Jika Mommies masih bingung untuk menentukan tujuan atau belum pernah sama sekali membuat resolusi tahun baru, simak beberapa ide berikut.

BACA JUGA: 15 Ide Kegiatan Malam Tahun Baru yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja!

Ide Resolusi Tahun Baru

Berikut ini adalah beberapa ide resolusi tahun baru yang akan membantu Mommies bertumbuh secara personal dan juga professional.

1. Makan lebih banyak sayur

Yuk, lebih niat dalam mengonsumsi sayuran saat Mommies memulai tahun ini dengan membuat lebih banyak lauk pauk dan makanan utama yang mengandung sayuran, seperti sup sayuran.

2. Minum lebih banyak air

Banyak gejala dehidrasi yang mirip dengan kecemasan, jadi sangat penting bagi kesehatan dan suasana hati Mommies untuk minum cukup air.

3. Tidur lebih awal

Tahan godaan untuk begadang menonton TV atau browsing ponsel Mommies dan sebagai gantinya, cobalah untuk mendapatkan delapan jam tidur yang direkomendasikan untuk tubuh.

4. Luangkan lebih banyak waktu dengan keluarga

Jadilah proaktif dalam menjadwalkan waktu untuk makan malam, berjalan-jalan, membacakan cerita, tamasya, atau bermain bersama anak.

5. Coba resep baru tiap bulan

Manfaatkan waktu ekstra di akhir pekan untuk menemukan resep baru yang ingin dicoba dan masaklah satu kali seminggu atau bahkan sekali dalam sebulan, yang sesuai dengan jadwal sibuk Mommies.

6. Buat rutinitas olahraga baru

Berolahraga tidak lagi menjadi beban dan bahkan menyenangkan jika Mommies menemukan aktivitas yang tepat untuk dilakukan. Jelajahi bersepeda, pilates, atau pound fit bareng teman kantor!

7. Coba digital detoks

Cobalah mengistirahatkan otak (dan mata) dengan meluangkan waktu sejenak tanpa internet. Bisa coba mula-mula setengah hari, seharian, atau mungkin seminggu penuh.

8. Coba meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat tapi Mommies bisa mulai terlebih dahulu dengan meditasi jalan kaki, grounding, dan yoga.

9. Lebih sering bersih-bersih

Hal terakhir yang sering kali ingin Anda lakukan di waktu luang yang Mommies miliki adalah bersih-bersih, tapi jadwal yang teratur dapat membuatnya lebih mudah dilakukan dan bahkan mungkin tidak terlalu merepotkan.

10. Prioritaskan kesehatan mental

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting. Luangkan waktu untuk memperhatikan kesehatan mental, ya.

11. Kurangi sampah plastik

Gunakan tas belanjaan yang dapat digunakan kembali serta botol dan gelas air minum dan hindari wadah dan peralatan makanan sekali pakai.

12. Rencanakan liburan ke tempat baru

Bosan ke tempat itu-itu saja selama liburan? Mommies bisa mulai dari tahun baru merencakan tempat liburan baru dan mulai menabung untuk mewujudkannya.

13. Ambil kelas baru

Mempelajari sesuatu yang baru (bahkan jika itu di bidang yang sangat Mommies kuasai) sangat bagus untuk perkembangan karier Mommies.

14. Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru akan meningkatkan daya ingat. Sekarang juga banyak wadah mudah dan murah, seperti kelas online atau mengunduh aplikasi Duolingo!

15. Lebih banyak tersenyum

Mulai memanifestasikan hal baik dari diri sendiri. Setiap hari, ambil waktu 1 menit untuk menatap kaca dan tersenyum pada diri sendiri.

BACA JUGA: 6 Zodiak Paling Beruntung di Tahun 2024, Ada Zodiakmu?

16. Lebih banyak jalan kaki

Dengan lebih banyak tempat terbuka dan juga jalur transportasi umum yang saling berhubungan, Mommies bisa meningkatkan kebiasaan untuk jalan kaki lebih banyak!

17. Buat album foto

Saat ini semuanya memang serba digital. Gunakan alat online untuk membuat album foto secara virtual yang akan datang melalui pos dengan cetakan yang bagus dan cantik atau gunakan cara kuno dan cetaklah untuk dimasukkan ke dalam album.

18. Perluas tontonan

Biasanya hanya mau menonton drama korea saja? Coba perluas jangkauan hiburan Mommies dan tonton lebih banyak hiburan dari negara lain.

19. Lebih mindful membeli skincare

Banyak skincare yang bermunculan memang bikin gatal mau coba, tapi coba cek berapa banyak dari skincare yang Mommies beli dan Mommies pakai?

20. Nikmati hidup sepenuhnya

Biasanya, sasaran uang menjadi prioritas di sebagian besar resolusi tahun baru. Tetapi survei tahun 2018 yang dilakukan oleh GoBankingRates.com menemukan, bahwa resolusi tahun baru teratas di antara responden adalah “menikmati hidup sepenuhnya”.

21. Lebih hemat

Manajemen keuangan menjadi kunci hidup yang lebih baik dan patut menjadi resolusi 2023. Untuk mengatur keuangan, pertimbangkan untuk menetapkan anggaran dan kemudian mencari cara untuk memotong biaya.

22. Lebih dekat dengan teman perempuan

Walau sudah berkeluarga, tetap punya waktu “girls time” dengan teman perempuan itu penting! Rencanakan aktivitas, makan malam, minum kopi, atau bahkan liburan bareng.

23. Berhubungan dengan alam

Bahkan jika Mommies tidak menganggap diri sendiri sebagai tipe orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, sudah terbukti bahwa berhubungan dengan alam dapat mengurangi stres.

24. Lebih banyak memuji

Cobalah untuk memberikan pujian pada seseorang-apakah itu rekan kerja yang baru saja melakukan presentasi laporan kuartalan dengan sangat baik, atau anak Mommies yang baru saja menyelesaikan tesnya dengan baik.

25. Mulai berkebun

Meskipun berkebun bisa jadi menakutkan bagi sebagian orang, mulailah dari yang kecil. Cobalah menanam tanaman dalam ruangan atau tanaman hidroponik di dalam rumah.

26. Mengecat ruangan

Punya satu ruangan di rumah yang sudah kusam dan catnya terkelupas. Jangan menunda-nunda, coba atur waktu bersama suami atau saudara untuk gotong royong mengecat ruang tersebut.

27. Memelihara Binatang

Jika masih sendirian dan belum menikah, mempunyai hewan peliharaan akan membuat hidup jadi lebih berwarna. Yang penting sesuaikan jenis hewan dengan aktivitas. Jika suka keluar dan beraktivitas bisa pilih anjing, tapi kalau suka di rumah saja mungkin kucing lebih pas.

28. Bersihkan meja kerja

Berinvestasilah pada produktivitas masa depan dengan membersihkan dan mengatur ruang kerja.

29. Memberikan sesuatu

Manfaatkan niat baik ini dan bagikan apa yang Mommies bisa kepada seseorang yang akan menghargai hadiah. Sering kali, sumbangan paling berharga yang dapat Mommies berikan tidak memerlukan biaya sama sekali.

30. Kurangi asupan gula tambahan

Kurangi konsumsi gula tambahan secara sadar dengan membuat pilihan berdasarkan informasi dan memprioritaskan makanan yang utuh dan kaya nutrisi. Yuk, mulai kurangi konsumsi boba dan kopi susu.

BACA JUGA: Cocok untuk Family Time, Ini 20 Rekomendasi Restoran Keluarga di Bekasi

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by our-team on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan