banner-detik
LIFESTYLE

20 Penginapan Keluarga di Jawa Tengah, dari Hotel sampai Villa

author

Mommies Daily11 Dec 2023

20 Penginapan Keluarga di Jawa Tengah, dari Hotel sampai Villa

Temukan pesona budaya, keindahan alam, dan kenangan tak terlupakan bersama orang tersayang di berbagai penginapan keluarga terbaik di Jawa Tengah. 

Jawa Tengah adalah tanah kelahiran kekayaan budaya dan alam yang menakjubkan. Tak heran jika provinsi ini menyuguhkan pengalaman liburan yang menakjubkan untuk wisatawan dalam maupun luar negeri.

Bagi Mommies dan Daddies yang ingin mengunjungi destinasi wisata di Jawa Tengah, ada banyak rekomendasi tempat wisata menginap yang tak terlupakan untuk keluarga. Dari pesona hotel mewah hingga penginapan dengan keindahan alam, Jawa Tengah menawarkan banyak tempat menginap terbaik yang cocok untuk liburan keluarga. 

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Sunday Brunch Favorit di Bali, Cocok untuk Keluarga

Tempat Menginap di Jawa Tengah

Berikut adalah 20 tempat menginap yang cocok untuk keluarga di Jawa Tengah. 

1. Nava Hotel Tawangmangu

Foto: Nava Hotel Tawangmangu

Alamat: Jl. Grojogan sewu Pintu II Ngunut Lor, RT.4/RW.6, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Website: navahoteltawangmangu.com

Pertama, ada Nava Hotel Tawangmangu sebagai salah satu hotel terbaik di Jawa Tengah untuk keluarga. Hotel ini menyediakan berbagai jenis kamar, mulai dari family room, superior room, sampai poolside room. Beberapa fasilitas yang dimilikinya yaitu kolam renang, restoran, dan playground anak. Hotel simpel yang terletak di jalan yang rindang ini berjarak 9 km dari Air Terjun Jumog, 10 km dari Sukuh, yang merupakan kompleks candi kuno, dan 38 km dari Stasiun Solojebres.

2. Susan Spa & Resort

Alamat: Jalan Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
Website: susansparesort.com
Instagram: @susansparesort

Selanjutnya, ada Susan Spa & Resort sebagai resor spa berkonsep santai yang terletak di sekitar perbukitan Gunung Ungaran. Resor berbintang 3 ini dikelilingi dengan pemandangan menakjubkan berupa gunung dan perbukitan, sehingga udara disini pun sangat sejuk dan menyegarkan.

Fasilitas di resor ini termasuk spa, kolam renang, dan restoran. Tak heran jika Susan Spa & Resort cocok untuk keluarga yang ingin relaksasi. Mommies dan Daddies bisa mengunjungi Taman Bunga Celosia jika ingin berwisata di dekat resor ini.

3. Amanjiwo

Alamat: Sawah, Majaksingi, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553
Website: www.aman.com

Ada Amanjiwo sebagai rekomendasi tempat menginap keluarga yang selanjutnya. Dikelilingi hutan tropis, hotel kelas atas dengan suite ini memiliki bangunan bermaterial batu yang terinspirasi dari Candi sehingga menambahkan kesan megah sekaligus tradisional.

Hotel ini berjarak 4 km dari Candi Borobudur, sehingga Mommies dan Daddies bisa dengan mudah berkendara ke tempat wisata tersebut. Amanjiwo dilekengkapi oleh fasilitas seperti kolam renang dan restoran. 

4. Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan

Alamat: Tlogosari, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
Website: sunrisehillbandungan.com
Instagram: @
sunrisehill.gedong.songo

Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan adalah penginapan sekaligus tempat wisata kekinian yang dipenuhi banyak spot estetik untuk selfie. Penginapan ini terbilang unik karena memiliki bungalow setengah lingkaran berwarna cerah. Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan juga dilengkapi dengan taman bermain dan berbagai wahana permainan, sehingga cocok untuk dijadikan wisata anak. Selain itu ada juga Kampung Horor dan photo booth yang bisa dijadikan objek wisata dan berfoto. 

5. Adhiwangsa Hotel & Convention

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.km, RW.5, Setiggen, Wujil, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552
Website: adhiwangsahotels.com

Adhiwangsa Hotel & Convention adalah hotel dan pusat konvensi mewah yang berjarak 3 km dari Stasiun Purwosari, 7 km dari Museum Keraton Surakarta, dan 8 km dari Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo. Hotel ini memiliki fasilitas berupa  parkir, kolam renang, dan playground. Juga tak ketinggalan, sauna dan jacuzzi untuk membuat pengunjung rileks di tengah hawa dingin. 

6. The Lawu Park

Alamat: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Website: thelawupark.com
Instagram: @the_lawukpark

Lawu Park adalah tempat wisata dengan konsep taman wisata, resort dan resto, sehingga lengkap untuk seluruh keluarga. Resor di Lawu Park berupa pondok sederhana dan berwarna-warni di tengah pepohonan dan udara sejuk. Penginapannya pun terdiri dari banyak jenis, salah satunya bentuk cottage.

Lawu Park juga memiliki banyak wahana ramah anak. Salah satunya, Snow World yaitu wahana indoor yang menawarkan sensasi bermain salju. Ada juga gondola dan flying fox, serta trail adventure dan fasilitas berkuda. 

7. Seaside Villa & Muse Beach Resto

Alamat: Desa Mulyoharjo, RT.05/RW.04, Mulyoharjo II, Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59431
Website: seaside-villa-muse-beach-resto.business.site

Selanjutnya, ada penginapan Seaside Villa & Muse Beach Resto yang hanya berjarak 500 meter dari laut di Jepara. Cocok untuk Mommies dan Daddies yang ingin glamping dengan suasana tenang tepi pantai ataupun menikmati pemandangan sunset dan sunrise. Villa bergaya sederhana ini memiliki Kamar dengan pemandangan kebun. Seaside Villa & Muse Beach Resto juga memiliki tempat makan dengan banyak pilihan menu dari masakan Indonesia hingga Barat. 

8. Plataran Borobudur Resort & Spa

Alamat: Jl. Dusun Tanjungan, Dusun II, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553
Website: plataran.com

Terletak di wilayah Borobudur, Plataran Borobudur Resort & Spa berlokasi di tengah kebun tropis yang hijau. Resor ini berhasil menyatukan keindahan desain tradisional dengan kenyamanan modern. Terdapat kamar dan vila luas yang dirancang dengan sentuhan khas Jawa, memberikan nuansa menginap yang otentik. Fasilitas utamanya meliputi spa yang menghadap langsung ke Candi Borobudur, kolam renang infinity, dan restoran yang menyajikan hidangan lokal dan internasional.

9. Horison Nindya Semarang

Alamat: Jl. Brigjen Sudiarto No.496, Pedurungan Lor, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192
Website: myhorison.com

Hotel bintang tiga bernuansa santai di bangunan memukau yang memiliki menara bundar berdinding kaca ini dikelilingi pertokoan dan tempat makan. Horison Nindya Semarang berjarak 6 km dari objek wisata Brown Canyon, yaitu tambang pasir dengan formasi batuan yang indah. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti restoran hingga kolam renang. 

10. Kayu Arum Resort

Alamat:Ringinawe, Jl. Magersari, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50733
Website: kayuarum.com
Instagram: @kayuarum

Kayu Arum Resort adalah resor dengan pemandangan asri jauh dari kebisingan pusat kota. Resor ini berjarak 2,3 km dari taman rekreasi air Atlantic Dreamland dan 6 km dari monolit batu Prasasti Plumpungan. Resor bertema pedesaan Jawa Tengah ini menawarkan suasana alam yang menyejukkan mata. Beberapa fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, gym, spa, dan restoran. 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Toko Makanan Favorit di Jogja, Wajib Beli!

11. Umbul Sidomukti Resort Semarang

Foto: Umbul Sidomukti

Alamat: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
Website: umbulsidomukti.com

Terletak di kaki gunung Ungaran di Semarang, Umbul Sidomukti Resort Semarang menawarkan penginapan di tengah nuansa hijau. Umbul Sidomukti Resort Semarang memiliki kolam renang alami, tempat makan serta WiFi gratis. Selain penginapan, kawasan Umbul Sidomukti juga memiliki aktivitas menarik seperti berenang, wahana pacu adrenaline, outbound sambil menikmati pemandangan alam. Selain itu kawasan wisata ini juga menyediakan playground, camping ground, dan fasilitas gathering.

12. Allura Azana Resort Tawamangu

Alamat: Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar Regency, Central Java 57792
Website: alluraazanaresort.com
Instagram: @
alluraazanaresort

Berikutnya, ada Allura Azana Resort Tawamangu sebagai pilihan tempat menginap untuk keluarga di Jawa Tengah. Hotel mewah di daerah tawangmangu, dengan dilengkapi kolam renang dan Higher Ground Cafe dengan view menakjubkan dari bukit tawangmangu.

Layanan di hotel ini sudah terjamin berkualitas karena terdapat resepsionis 24 jam dan restoran yang menyajikan menu lezat. Allura Azana Resort Tawamangu juga memiliki arsitektur yang unik dan modern sehingga cocok dijadikan spot foto estetik.

13. Rumah Batu Boutique Hotel

Alamat: Jl. Ovensari Raya No.8, Dusun I, Kadilangu, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556
Instagram: @rumahbatuboutiquehotel

Berlokasi di Solo, Rumah Batu Villa dan Spa menyuguhkan kamar dengan sentuhan desain yang menggabungkan unsur tradisional dan kontemporer. Para tamu dapat menikmati berbagai fasilitas, termasuk kolam renang outdoor dan perpustakaan. Dari hotel ini, Mommies dan Daddies bisa menempuh perjalanan beberapa menit dengan kendaraan ke Keraton Surakarta.

14. Sala View Hotel

Alamat: Slamet Riyadi St No.450, RT.02/RW.13, Purwosari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57142
Website: salaviewhotel.com

Sala View Hotel adalah hotel mewah bintang 4 yang bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk keluarga. Hotel ini menawarkan berbagai tipe kamar yang dapat dipilih oleh tamu, salah satunya tipe Deluxe King. Sala View Hotel  terletak cukup dekat dengan pusat kota Solo, menawarkan akomodasi nyaman berdesain modern dengan kolam renang outdoor dan akses WiFi gratis. Beberapa fasilitas yang disediakan termasuk parkir dan kolam renang outdoor.

15. The Wujil Resort & Conventions

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.km, RW.5, Setiggen, Wujil, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50552
Instagram: @the_wujil

The Wujil Resort & Conventions adalah tempat bermalam yang tepat bagi Mommies dan Daddies yang berlibur bersama keluarga. Resor elegan ini menawarkan kamar ber-AC, parkir pribadi gratis, dan taman yang asri. Beberapa fasilitas lainnya yaitu restoran dan koman renang. Kemanannya pun terjamin karena The Wujil Resort & Conventions memiliki resepsionis 24 jam, layanan kamar, dan petugas keamanan 24 jam.

16. Griya Persada Convention Hotel & Resort

Alamat: Jl. Gintungan Utara No.77, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
Website: griyapersadahotel.com
Instagram: @
griyapersadahotel.bandungan

Griya Persada Convention Hotel & Resort adalah pilihan tepat bagi Mommies dan Daddies yang ingin menghabiskan waktu dengan berbagai fasilitas mewah. Hotel dan resor pemandangan indah yang bisa dinikmati dari balkon kamar, sehingga cocok untuk keluarga yang ingin menikmati view ala Jawa Tengah.

Terdapat akses Wi-Fi gratis di semua kamar dan parkir gratis untuk pengunjung. Griya Persada Convention Hotel & Resor memiliki lokasi strategis dikelilingi berbagai atraksi dan pilihan tempat makan menarik. Mommies dan Daddies bisa mengunjungi Lawang Sewu yang terkenal sebelum meninggalkan daerah ini. Dengan rating bintang 4, hotel ini menyediakan akses bagi tamu ke layanan pijat, restoran, dan pusat kebugaran yang tersedia di tempat.

17. Monoloog Hotel Solo

Alamat: Jl. Prof. DR. Supomo No.49, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Website: monolooghotels.com 

Bagi keluarga yang mencari pelayanan berkualitas dengan harga terjangkau, Monoloog Hotel Solo bisa menjadi pilihan Meskipun harganya terjangkau, akomodasi ini menawarkan fasilitas yang memadai dan menjaga kualitas pelayanan. Ada resepsionis 24 jam serta berbagai hidangan lezat di restoran. Terdapat juga WiFi gratis yang tersedia di seluruh area umum. Mommies dan Daddies bisa mengunjungi Paragon Mall dan Pasar Triwindu jika menginap di hotel ini.

18. Mangli Sky View

Alamat: Area Hutan/Sawah, Mangli, Kaliangkrik, Magelang Regency, Central Java 56153
Instagram: @mangliskyview 

Mangli Sky View menawarkan banyak spot instagramable yang menjadi daya tarik utama bagi kaum milenial. Terletak di dataran tinggil, lokasinya menawarkan panorama Gunung Sumbing yang memukau, memberikan latar belakang yang indah untuk berfoto. Selain spot foto, Mangli Sky View juga menyediakan area camping ground dengan fasilitas sewa alat camping lengkap, sehingga cocok bagi keluarga yang ingin menginap sekaligus berwisata alam.

19. Dusun The Villas

Foto: Dusun The Villas

Alamat: Dusun Semilir, Jl. Soekarno – Hatta No.49, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
Instagram: @dusunthevillas

Dusun The Villas juga merupakan penginapan keluarga yang juga ramah anak. Vila ini menyediakan layanan kamar 24 jam, layanan laundry, kolam renang outdoor, Wi-Fi gratis di semua kamar dan area publik, parkir mobil. Beberapa tipe ruangan yang tersedia ada deluxe room, superior villa, sampai junior suite. Ada juga ruangan dengan konsep unik yaitu Pool Playside Room yang bersebelahan dengan kolam renang.

20. Hotel Surya Yudha Purwokerto

Alamat: Jl. Gerilya Barat Tj. No.30A, Gandasuli, Karangpucung, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53142
Website: hotelsuryayudha.com

Terakhir, ada Hotel Surya Yudha Purwokerto sebagai pilihan tempat menginap untuk keluarga di Jawa Tengah. Hotel ini menawarkan banyak tipe kamar, mulai dari kamar executive, royal suite, sampai kamar gabungan dengan connecting door. Hotel ini menyediakan banyak fasilitas seperti restoran, Wi-Fi gratis, kolam renang, poolside lounge, sampai pusat kebugaran dengan gym atau ruang latihan.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Penginapan Keluarga di Jawa Barat

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Pixabay on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan