banner-detik
LIFESTYLE

7 Rekomendasi Toko Makanan Favorit di Jogja, Wajib Beli!

author

Mommies Daily30 Nov 2023

7 Rekomendasi Toko Makanan Favorit di Jogja, Wajib Beli!

Jangan lupa mampir dan jelajahi ragam toko makanan favorit yang wajib dikunjungi di Jogja yang menyajikan berbagai citarasa.

Jogja adalah kota yang kaya akan budaya dan destinasi wisata. Tak hanya itu, Jogja adalah surga kuliner di Indonesia yang tak pernah kehabisan kejutan rasa. Dari jajanan kaki lima hingga makanan oleh-oleh, kota ini memiliki segalanya. Jika Mommies adalah pecinta kuliner sejati, pastikan untuk mencicipi kelezatan dari sekian banyak toko makanan favorit yang wajib dikunjungi di Jogja. 

Berikut adalah pilihan tempat makan terbaik yang akan memanjakan lidah dan membuat perjalanan kuliner Mommies dan keluarga di Jogja tak terlupakan.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Sunday Brunch Favorit di Bali, Cocok untuk Keluarga

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Foto: Bakpia Tugu Jogja

Alamat: Jl. Garuda Raya No.33, RT.1/RW.12, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950
Instagram: @bakpiatugujogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja adalah toko oleh-oleh favorit para wisatawan yang mengunjungi Jogja. Toko ini membuat bakpia khas dibuat dengan cara pengukusan atau steam. Hal ini membuat tekstur bakpia kukus menjadi lebih lembut dengan isian berbentuk pasta yang meleleh. Ada berbagai varian rasa yang bisa dinikmati, misal cokelat, keju, klepon, kacang hijau. Selain bakpia, Bakpia Kukus Tugu Jogja juga menjual bolu kukus dan chiffon cake, lho. Toko ini sudah memiliki banyak cabang di penjuru Jogja.

Sate Ratu

toko makanan jogja

Foto: Sate Ratu

Alamat: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Instagram: @sateratu

Sate Ratu bisa menjadi pilihan untuk Mommies yang menyukai masakan lokal. Sesuai namanya, Sate Ratu menyajikan satu dan makanan khas Indonesia yang populer. Menu andalannya ada sate ayam merah, ceker tugel, lilit basah, dan sate kanak. Ada juga menu lain seperti sup kanak, kuah polos kaldu ayam, dan saus tambahan. Sate Ratu memiliki konsep tempat makan angkringan, sehingga cocok dikunjungi Mommies dan keluarga yang ingin mencicipi langsung cita rasa satenya.

Gudeg Yu Djum

Foto: Gudeg Yu Djum

Alamat: Jl. Kaliurang Km. 4,5 CT III/22 Gang Cokrowolo Karangasem, Mbarek, Jl. Agro, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Instagram: @gudegyudjum

Gudeg makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan hingga berjam-jam. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg yang paling legendaris seanteo Jogja. Rasa khas gudegnya berasal dari bahan-bahan pilihan dan bermutu yang telah melalui proses masak secara tradisional berdasarkan resep asli yang dipertahankan hingga saat ini. Beberapa menu andalan di Gudeg Yu Djum  adalah Nasi Gudeg, Gudeg Kendil, dan Gudeg Besek.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Wisata dan Cafe Seru di Sentul

Bakpia Pathok 25

Foto: Bakpia Pathok 25

Alamat: Jl. Karel Sasuit Tubun No.12-14, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261
Instagram: @bakpia25official

Bakpia Pathok 25 memiliki citarasa bakpia tradisional dan mengembangkan aneka varian rasa baru dengan bahan-bahan alami berkualitas tinggi tanpa bahan pengawet. Beberapa rasa bakpia yang dijual termasuk cokelat, keju, kacang ijo, nanas, dan lain-lain. Rasanya lembut dan legit dengan isian melimpah, sehingga tak heran Bakpia Pathok 25  selalu menjadi favorit wisatawan. Bakpia Pathok 25 memiliki beberapa cabang di penjuru Jogja yang bisa Mommies kunjungi.

Bhumi Durian

Foto: Bhumi Durian

Alamat: Jl. Kabupaten No.98, Nusupan, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291
Instagram: @bhumidurian

Mommies yang suka makanan serba durian wajib mengunjungi toko makanan ini. Bhumi Durian menyajikan berbagai durian berkualitas yang bisa dibeli maupun dimakan langsung. Tak hanya itu, ada juga menu olahan durian seperti sup durian, ketan hitam durian, dan es krim pancake durian. Bhumi Durian juga menyajikan produk yang dijadikan oleh-oleh. Bertempat di joglo semi outdoor, Mommies dan keluarga bisa menikmati durian dengan suasana alam Jogja.

Chocholate Monggo

Foto: Chocolate Monggo

Alamat: Tirtodipuran St No.10, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143
Instagram: @chocolatemonggo

Sesuai namanya, Cokelat Monggo menawarkan berbagai coklat dan makanan olahan coklat asli Jogja. Toko ini menyajikan cokelat premium Pertama di Indonesia Sejak 2005 dengan bahan alami dan dibuat oleh pekerja lokal. Selain coklat, Cokelat Monggo juga menyajikan makanan ringan ala Eropa, Pancakes, Cakes,  minuman coklat bahkan gelato. Selain dari produknya, Cokelat Monggo juga menyediakan aktifitas seru seperti tur Museum Monggo dan pabrik cokelat, juga kegiatan membuat coklat.

Mamahké Jogja

toko makanan jogja

Foto: Mamahke Jogja

Alamat: KT 1 329 Kraton, Jl. Taman, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Instagram:  @mamahkejogja

Toko makanan yang dimiliki oleh Zaskia adya Mecca ini.menjual berbagai Varian kue bolu kekinian. Salah satu menu andalannya adalah kue Mamahke Jogja Reguler terdiri dari 7 varian rasa roti, yaitu choco banana, tiramisu, green tea, red velvet, Oecis (oreo cheese), double chocolate, dan cheese. Tak hanya bolu, Mamahké Jogja juga menyediakan makanan lain, seperti burger dan cookies, serta minuman menyegarkan.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Solo yang Hits, Tiket Masuknya Ada yang Gratis!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Igor Ovsyannykov on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan