banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Jangan Ragu Daftar Kartu Prakerja, Ini 6 Manfaatnya!

author

Mommies Daily11 Dec 2023

Jangan Ragu Daftar Kartu Prakerja, Ini 6 Manfaatnya!

Meningkatkan keahlian di dunia kerja penting dilakukan. Daftar kartu Prakerja, Anda memiliki kesempatan meningkatkan kompetensi tanpa keluar banyak uang.

Kartu Prakerja tentu bukan hal asing di kalangan pencari kerja di Indonesia, ya. Program yang diluncurkan di tahun 2020 ini memberikan kesempatan bagi pekerja untuk meningkatkan kompetensi diri.

Mommies dan Daddies mungkin berpendapat jika kartu Prakerja terbatas hanya untuk mereka yang pengangguran dan sedang mencari kerja. Tapi ternyata tidak, lho. Mommies dan Daddies yang mau mendaftar program Kartu Prakerja tidak harus pengangguran.

Bahkan orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK, dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar. Dengan catatan, memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi diri, ya.

Di tahun 2023, program ini masih berjalan dengan peminat yang masih banyak. Program kartu Prakerja sendiri saat ini telah berhasil menjangkau hingga 16,4 juta penerima manfaat. Program ini dinilai punya peran penting, khususnya dalam mengoptimalisasi dan menggairahkan bonus demografi menjelang Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA: 10 Situs Lowongan Kerja, Bisa untuk Pemula Sampai Profesional

Manfaat Kartu Prakerja

Masih ragu mau mendaftar kartu Prakerja, simak deh manfaatnya.

1. Manfaat insentif

Satu hal yang paling menarik masyarakat untuk mengikuti program ini adalah nominal uang yang diberikan. Harus ditekannya bahwa dana ini baru akan cair setelah pendaftar lolos seleksi dan selesai mengikuti setidaknya 1 pelatihan.

Total insentif peserta adalah senilai Rp 4,2 juta dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Dari total dana tersebut, sebanyak Rp1 juta nya tidak dapat diuangkan, karena untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Nantinya sisa sebesar Rp2.400.000 bisa diuangkan dan akan dikirimkan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan. Mommies dan Daddies juga bisa mengisi survei sebanyak 3 kali, lalu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000.

2. Memilih pelatihan yang diinginkan

Misalnya Mommies atau Daddies baru saja kena PHK dan ingin meningkatkan kompetensi tapi biaya kursus di luar sangat mahal. Nah, dengan kartu Prakerja, Mommies atau Daddies bisa mendapatkan akses gratis untuk mengikuti kursus pelatihan sesuai minat. Selain itu, juga bisa memilih pelatihan yang benar-benar berbeda dari bidang karier, sehingga menambah value untuk melakukan career switch, lho.

3. Tersedia pelatihan yang lengkap

Terkadang mungkin Mommies dan Daddies ingin pelatihan yang sangat spesifik seperti merangkai bunga atau menjadi makeup artist. Jangan khawatir, ada cukup banyak pelatihan yang tersedia.

Caranya bisa mengunjungi situs resmi Prakerja. Dari situs tersebut, dapat terlihat beberapa pelatihan yang pernah dibuka yaitu penguasaan bahasa, aplikasi komputer, perawatan kecantikan, pelatih kebugaran, berjualan daring, dan lain-lain.

4. Meningkatkan peluang kerja

Tentunya alasan utama mengikuti program ini karena Mommies dan Daddies ingin dapat peluang kerja yang lebih baik. Program Prakerja bisa meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan, tepatnya pasca program ini selesai diselenggarakan. Setelah menyelesaikan tahapan pelatihan sesuai minat, Mommies dan Daddies akan mendapatkan keahlian tertentu yang bisa menjadi syarat lowongan kerja yang dituju.

BACA JUGA: 10 Pekerjaan yang Akan Populer di 2024, Bergaji Besar!

5. Pelengkap pendidikan formal

Berbagai institusi yang tergabung dalam program ini sudah melalui seleksi pemerintah, sehingga sangat terpercaya. Mereka juga akan memberikan sertifikat di akhir pelatihan yang bisa menjadi pelengkap penting selain ijazah, saat Mommies dan Daddies mencari kerja.

6. Mengisi waktu luang dengan kegiatan berguna

Daripada bengong di rumah atau meratapi nasib karena kena PHK, tentu akan lebih baik bagi diri sendiri untuk mengikuti berbagai pelatihan kartu Prakerja. Selain lebih produktif, ini juga bisa jadi alasan yang tepat saat ditanya HR kenapa ada gap month dalam CV Anda.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Bagaimana sudah tertarik mau ikut kartu Prakerja? Ikuti langkah-langkah berikut sebagai cara daftar kartu prakerja.

  • Buat akun di situs prakerja.go.id lalu daftar dengan menginput data pribadi seperti, email, NIK, nomor KK, dan nomor HP yang masih aktif pada dashboard Kartu Prakerja.
  • Pantau terus pembukaan gelombang kartu Prakerja melalui situs resmi media sosial.
  • Calon peserta harus mengikuti tes kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.
  • Jika sudah lolos, Mommies dan Daddies bisa langsung memilih pelatihan yang diinginkan.

BACA JUGA: Bikin Jago Public Speaking dan Percaya Diri, Coba Lakukan 5 Cara Ini

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS