banner-detik
PARENTING & KIDS

Rekomendasi Akun Youtube Tentang Dongeng untuk Anak

author

RachelKaloh29 Nov 2023

Rekomendasi Akun Youtube Tentang Dongeng untuk Anak

Mommies, berikut rekomendasi akun Youtube bermanfaat buat anak, yang isinya tentang dongeng, dari dongeng rakyat sampai dongeng luar negeri.

Mommies, tahu nggak, kalau 28 November itu adalah Hari Dongeng Nasional? Apakah sampai saat ini Mommies masih membiasakan untuk mengenalkan anak pada dongeng? Medianya bisa macam-macam, mulai dari ritual baca buku (dongeng sebelum tidur), kalau anak yang sudah lebih besar bisa baca buku dongeng sendiri, atau bahkan menikmatinya lewat tontonan versi 2D atau 3D yang kini tersedia di Youtube. Berikut ini rekomendasi akun Youtube tentang dongeng anak yang bisa diintip.

Namun sebelum buka aplikasinya, meski akun atau channel di Youtube ini menawarkan cerita yang lengkap, dari dongeng rakyat sampai dongeng luar negeri, sebaiknya tetap dampingi anak ketika menonton, ya. Hal ini patut terus kita lakukan untuk mencegah anak terpapar dengan konten yang tidak sesuai dengan usianya. Demikian pula ketika ia menemukan cerita yang mungkin tidak sesuai dengan nilai parenting yang Anda tanamkan sehari-hari di rumah. Peran Anda di sini penting untuk membantu anak memahami cerita serta mengambil hal-hal positif dari dongeng tersebut. 

Rekomendasi Akun Youtube Dongeng Anak

Riri Cerita Anak Interaktif

Link Youtube: https://www.youtube.com/@RiriCeritaAnakInteraktif

Riri Cerita Anak Interaktif merupakan intellectual property (IP) dan merek milik Educa Studio, yang berkomitmen menghadirkan serial animasi untuk anak-anak dengan sentuhan pendidikan karakter, moral, dan akulturasi budaya. Mengangkat berbagai dongeng, cerita rakyat, fabel dan cerita orisinal dari seluruh penjuru nusantara dan dunia. Riri ingin meningkatkan literasi dengan cara yang modern dan juga tetap menyajikan hiburan yang menyenangkan, sehingga tetap sesuai dengan jamannya. 

Indonesian Fairy Tales 

Link Youtube: https://www.youtube.com/@IndonesianFairyTales 

Menghadirkan berbagai dongeng terbaik dan populer dari Indonesia, seperti Bebek Buruk Rupa, Putri Cantik yang Tertidur, Thumbelina, Serigala dan Tujuh Anak, Gadis Si Kecil, dan masih banyak lagi. 

Dongeng Kita

Link Youtube: https://www.youtube.com/@dongengkita

Dongeng Kita merupakan channel cerita yang diproduksi oleh Kastari Animation (PT.Kastari Sentra Media). Konten dari channel ini antara lain dongeng/cerita legenda nusantara dan juga cerita dari berbagai negara.

Kejar Cita

Link Youtube: https://www.youtube.com/@kejarcita/playlists 

Kejarcita (sebelumnya CubeNotes) merupakan suatu badan usaha sosial yang bergerak di bidang pendidikan. Visi Kejarcita adalah meluaskan akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Kejarcita menyediakan fasilitas belajar online bagi siswa, serta sistem pendukung mengajar bagi sekolah dan institusi lainnya yang memberikan layanan pendidikan bagi anak. Di channel ini, ada beragam video edukasi, termasuk dongeng dan fabel atau cerita dongeng hewan yang bisa anak nikmati.

Cerita Kartun Anak Anak Bahasa Indonesia 

Link Youtube: https://www.youtube.com/@FairyTalesIndonesian

Channel ini menawarkan berbagai cerita dalam bentuk kartun dengan bahasa Indonesia, termasuk dongeng klasik luar negeri, seperti Cinderella, Putri Salju, Aladin, Si Cantik dan Si Buruk Rupa, dan sebagainya.

Okidokido Indonesian 

Link Youtube: https://www.youtube.com/@okidokidoindonesian161  

Selain menawarkan cerita seperti dongeng dari luar negeri, Okidokido Indonesia juga punya koleksi fabel yang menarik untuk diikuti oleh anak-anak usia dini.

Studycle Kids

Link Youtube: https://www.youtube.com/@StudycleKids/playlists

Merupakan channel edutainment buat anak karya Studycle. Selain berisi video edukatif, Studycle juga menawarkan berbagai cerita dan fabel dengan animasi yang cukup menarik buat anak.

Mommies punya rekomendasi lain? Isi di komentar, ya!

Baca juga: 7 Dongeng yang Mendidik, Cocok untuk Anak Balita

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS