banner-detik
EDUCATION

SD Al Fath Cirendeu: Menerapkan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Lokal Al Fath

author

Katharina Menge20 Nov 2023

SD Al Fath Cirendeu: Menerapkan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Lokal Al Fath

Jika Mommies berdomisili di daerah Tangerang Selatan, coba intip SD Al Fath Cirendeu untuk jadi piliha sekolah si kecil!

Sekolah Al Fath hadir sebagai salah satu pilihan untuk anak-anak mengenyem pendidikan terbaik. Sekolah ini memiliki jenjang lengkap, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA, serta memiliki dua cabang, yaitu di Cirendeu dan BSD. Namun kali ini Mommies Daily akan fokus membahas SD Al Fath yang terletak di Cirendeu.

Untuk itu, Mommies Daily berkesempatan untuk mewawancarai Ms Ida, selaku Wakil Kepala Sekolah SD Al Fath Cirendeu dan bertanya seputar sekolah dasar yang satu ini.

BACA JUGA: 5 Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC untuk Siswa SD Mereka

Dua Bahasa Berwawasan Islami

Dengan menerapkan moto “Sekolah Dwi Bahasa Berwawasan Islami”, SD Al Fath Cirendeu mempersiapkan para anak didiknya agar menjadi pribadi yang mampu bersaing di tengah masyarakat berwawasan global di era teknologi tinggi ini.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk mengedepankan akhlak mulia dalam tindakan dan pemikiran mereka di masa depan.

Sekolah ini memiliki beberapa perbedaan dengan sekolah lainnya, termasuk dalam proses pembelajarannya. Di SD Al Fath, para pengajarnya menerapkan Active Learning atau kegiatan Learning by Doing. Metode ini membuat para siswa menjadi subject dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas.

Sementara itu para guru adalah fasilitator, mediator, dan sekaligus motivator dalam proses belajar mereka sehari-hari.

Punya 10 Nilai Penting

Salah satu kelebihan lainnya dari sekolah ini adalah Ten Value Al Fath atau 10 Nilai-Nilai Al Fath yang dipegang teguh dan terkolaborasi dalam setiap materi pembelajaran di sekolah. Ten Value Al Fath meliputi,

  1. Percaya kepada Allah SWT
  2. Saling Mendoakan
  3. Menghargai Perbedaan
  4. Lingkungan Sekolah yang Membahagiakan dan Sehat
  5. Menghargai Orang Lain
  6. Bersikap Baik
  7. Cinta Tanah Air
  8. Sekolah Pintar
  9. Sekolah Pengusaha
  10. Sekolah Peduli Kehidupan Berkelanjutan.

Kelebihan SD Al Fath Cirendeu lainnya adalah adanya Program Seni Penjurusan yang diterapkan mulai dari kelas 4-6. Nantinya setiap siswa dibebaskan memilih kelas seni yang diminatinya, yaitu Seni Visual Art dan Seni Performing Art.

Untuk penjurusan Seni Visual Art terdiri dari kelas mengambar, melukis, dan Pop Art. Sementara itu, penjurusan Seni Performing Art pilihannya lebih banyak, termasuk kelas Gamelan, Biola, Gitar, Keyboard, Perkusi, Tari, dan Theater.

SD Al Fath Cirendeu juga memiliki Progam Murottal/Tahfidz Juz 30 dan menjadi penyelenggara Tes Cambridge. Sekolah ini bahkan punya program Afternoon Class dan Ekstrakurikuler yang beragam dan bisa memberikan si kecil banyak pilihan aktivitas.

Keragaman Afternoon Class dan Ekstra Kulikuler antara lain adalah English With Native, Pencak Silat, Karate, Junior Chef, Tradisional dance, Archery, Robotic, Coding, Swimming, Football, Basketball, Badminton, Science Club, Math Club, Choir, Sewing, dan juga Iqro.

Terapkan Dua Kurikulum

Kurikulum yang digunakan SD Al Fath Cirendeu adalah gabungan antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Lokal Al Fath (Hybrid Curiculum) dengan sistem pembelajaran Active Learning dan Learning by Doing. Pada setiap kelasnya terdiri dari 25 siswa dengan 2 guru, yaitu Teacher dan Assistant, dengan menerapkan sistem pembelajaran Moving Teacher untuk kelas 3-6.

Bicara tentang fasilitas, tidak ada yang perlu diragukan dari SD Al Fath. Sekolah ini memiliki fasilitas lengkap dan terbaik, mulai dari Lunch, Swimming fool, Football Yard, Basketball Yard, Hall, Class room, Lab Computer, Music Room, Mini Assembly Hall, Art Room, Science Room, Library, Computer Room, Computer in every Class, Masjid, dan juga Pantry.

Syarat Masuk SD Al Fath Cirendeu

Untuk masuk SD Al Fath, anak-anak yang diterima adalah mereka yang merupakan lulusan TK atau minimal berusia 6 tahun di bulan April 2024 mendatang. Setelah Orang tua mendaftar online dan diverifikasi oleh pihak administrasi, calon siswa diberi jadwal observasi yang meliputi Observasi kemampuan dasar berhitung, mengenal huruf atau membaca, menggambar, bercerita dan proses sosialisasi dalam kelompok, dan juga kemampuan dalam menerima instruksi.

Sementara calon siswa sedang menjalani tahap observasi, orang tua akan melakukan sesi wawancara dengan pihak sekolah.

Biaya masuk SD Al Fath Cirendeu TA 2024/2025
Registration Fee Rp350.000
Uang Masuk Rp22.200.000

Alamat: Jl. Raya Cirendeu No.24, Pisangan, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Telepon: (021) 7415419
Website: alfathschoolindonesia.sch.id

BACA JUGA: 10 Sekolah Terbaik dengan Kurikulum IB di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Foto: Al Fath Cirendeu

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan