banner-detik
PARENTING & KIDS

6 Rekomendasi Tempat MCU untuk Anak dan Biayanya di Jabodetabek

author

Mommies Daily09 Nov 2023

6 Rekomendasi Tempat MCU untuk Anak dan Biayanya di Jabodetabek

Ingin melakukan medical check up untuk anak? Sekarang bisa dilakukan di berbagai laboratorium dan rumah sakit di Jabodetabek, loh, Mommies.

Saat anak baru lahir, mungkin Mommies mengawalinya dengan rutin berkunjung ke dokter anak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun, seiring dengan bertambahnya usia tak jarang kunjungan ke dokter mulai berkurang. Padahal penting untuk melakukan medical check up anak secara rutin.

Medical check up rutin adalah bagian penting dari kesehatan anak. Mommies juga akan selalu mendapatkan informasi terbaru tentang imunisasi, perkembangan, bahkan deteksi masalah kesehatan sejak dini.

Melakukan check up kesehatan memungkinkan penilaian perkembangan anak yang tepat. Ketika seorang dokter memeriksa seorang anak setiap tahun, mereka dapat melacak pencapaian fisik, emosional dan pendidikan serta menunjukkan apakah intervensi kesehatan diperlukan.

Bahkan, medical check up dapat membantu mempersiapkan anak-anak dan orang tua untuk rekomendasi sekolah, loh. Misalnya, jika melalui medical check up diketahui anak mempunyai speech delay, maka Mommies bisa mengambil keputusan untuk mencari sekolah yang tepat.

BACA JUGA: Mommies Wajib Tahu, Anak Juga Butuh Medical Check Up Rutin

Rekomendasi Tempat Medical Check Up untuk Anak

Tertarik untuk melakukan medical check up tapi tidak tahu berapa biayanya? Simak 6 rekomendasi tempat MCU di area Jabodetabek ini, ya.

1. RS Siloam (Jabodetabek)

Salah satu rumah sakit yang memiliki jaringan di Jabodetabek dan pulau Jawa, RS Siloam mempunyai paket medical check up untuk menjaga kesehatan serta mengoptimalkan proses tumbuh kembang si kecil sejak dini. Fasilitas medis dan laboratorium rumah sakit ini cukup lengkap sehingga mampu memberikan hasil skrining kesehatan anak yang komprehensif dan akurat.

Berikut harga medical check up di RS Siloam:

  • Paket MCU Anak Usia 3–5 Tahun (Pre-School): Rp600.000
  • Paket MCU Anak Usia 5–12 Tahun (School Age): Rp950.000
  • Paket MCU Anak Usia 12–18 Tahun (Adolescent): Rp2.000.000

2. Bumame

Klinik yang dulu dikenal sebagai salah satu tempat untuk PCR dan rapid test virus korona ini sekarang menghadirkan paket medical check up yang cukup lengkap. Mommies bisa berkunjung ke dua cabang Bumame di Cideng dan TB Simatupang untuk melakukan medical check up khusus untuk si kecil.

Biaya medical check up terbagi dari beberapa paket. Ada paket medical check up “Tumbuh Kembang Anak Basic” seharga Rp1.200.000, paket medical check up “Tumbuh Kembang Anak Plus” seharga Rp2.900.000, dan paket medical check up “Obesitas Anak” seharga Rp1.400.000.

3. RS Premier Jatinegara

Mommies yang berdomisili di Jakarta Timur bisa merujuk ke RS Premier Jatinegara untuk check up kesehatan si kecil. Paket medical check up lengkap dan mencakup kategori berdasarkan usia.

  • Biaya medical check up Infant (Usia 0 – 1 Tahun): Rp1.100.000
  • Biaya medical check up Pre – School (Usia 1 – 5 Tahun): Rp1.500.00
  • Biaya medical check up School Age (Usia 5 – 12 Tahun): Rp1.750.000
  • Biaya medical check up Teenager (Usia 12 – 18 Tahun): Rp2.400.000

4. RS St. Carolus Sumarecon Serpong

Paket medical check up untuk si kecil di salah satu rumah sakit daerah Serpong ini berbiaya Rp 850.000. Sudah termasuk biaya untuk check up kesehatan oleh dokter MCU, dokter spesialis anak, dokter spesialis THT/Mata/Gigi (pilih salah satu), pemeriksaan Thorax PA, serta uji darah dan urine lengkap di laboratorium.

5. Prodia (Jabodetabek)

Salah satu laboratorium ternama yang punya banyak cabang ini juga menyediakan paket medical check up untuk si kecil, loh. Tentu ini memudahkan Mommies karena cabangnya terdapat di semua area Jabodetabek. Mommies bisa pilih mau paket medical check up yang mana, sesuai dengan usia anak.

  • Panel Usia 1-12 Bulan (Bayi): Rp1.626.000
  • Panel Usia > 1-3 Tahun (Batita): Rp1.172.000
  • Panel Usia > 3-5 Tahun (Pra Sekolah): Rp2.206.000
  • Panel Usia > 5 – 12 Tahun (Usia Sekolah): Rp2.625.000
  • Panel Usia > 12 – 18 Tahun (Remaja): Rp2.864.000

6. Kimia Farma Laboratorium Klinik

Satu lagi pilihan tempat MCU anak yang cabangnya ada cukup banyak. Kimia Farma Laboratorium Klinik menyediakan paket mcu anak bertajuk “Child Wellness Package” untuk mengetahui kualitas kesehatan anak secara umum.

Biaya medical check up sebesar Rp950.000 dan mencakup pemeriksaan hematologi lengkap, urine lengkap, kolesterol total, gula darah, SGPT (ALT), kreatinin, dan vitamin D 25 OH. Untuk tempat check up kesehatan sendiri saat ini beberapa Kimia Farma Laboratorium Klinik terdapat di Cikini, Kebayoran Lama, Gading Serpong, dan Pamulang.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan