banner-detik
PARENTING & KIDS

9 Komunitas untuk Para Ayah Bergabung, Tempat Saling Dukung dan Berbagi Informasi

author

Mommies Daily08 Nov 2023

9 Komunitas untuk Para Ayah Bergabung, Tempat Saling Dukung dan Berbagi Informasi

Berbagai komunitas ayah ini menawarkan dukungan, inspirasi, dan pengalaman berguna untuk para ayah. Sudah gabung?

Menjadi seorang ayah adalah tugas yang mulia tapi juga penuh tantangan. Mulai dari menghadapi pertumbuhan anak-anak hingga mendukung pasangan, perjalanan seorang ayah penuh dengan momen tak terlupakan tapi juga menyita energi.

Maka itu, ada beberapa komunitas untuk ayah, mulai dari tentang parenting sampai hobi yang bisa jadi tempat Daddies berbagi pengalaman, mendapatkan saran, atau sekadar memperluas relasi dengan ayah-ayah lain yang memiliki kisah serupa.

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menjadi Ayah

Daftar Komunitas Ayah

Berikut adalah 9 komunitas untuk para ayah bergabung.

1. AyahASI Indonesia

AyahASI merupakan sebuah gerakan sosial untuk meningkatkan keterlibatan para ayah dalam mendukung istri agar sukses menyusui. AyahASI sering mengadakan berbagai lomba dan event edukatif mengenai parenting dan kesehatan untuk ayah di Indonesia.

Instagram: @id_ayahasi

2. Aliansi Laki Laki Baru

Aliansi Laki Laki Baru adalah komunitas yang memotivasi laki-laki untuk mencapai kesetaraan gender di lingkup keluarga maupun masyarakat. Aliansi Laki Laki Baru sering mengadakan berbagai event dan kelas online gratis yang informatif. Komunitas ini juga memiliki website berisi artikel mengenai pelibatan laki-laki di isu kesetaraan gender, lho.

Instagram: @lakilakibaru
Website: lakilakibaru.or.id

3. Bapak2Id

Komunitas Bapak2Id aktif membagikan konten mengenai keseharian ayah dan keluarga yang dibalut dengan humor. Tak heran kalau komunitas ini begitu diminati banyak orang. Bapak2Id juga kerap mengadakan perkumpulan online untuk saling sharing dan aktifitas seperti giveaway, lho. Komunitas ini juga memiliki blog berisi artikel edukatif mengenai berbagai topik, mulai dari pengasuhan, tips menjaga hubungan, sampai pekerjaan domestik.

Instagram: @bapak2id
Website: bapak2.id

4. Fatherman

Fatherman merupakan komunitas bagi laki-laki Indonesia yang ingin belajar parenting. Selain mengedukasi lewat konten, Fatherman juga menulis buku mengenai peran ayah yang bisa Daddies pesan, lho. Komunitas ini juga rutin mengadakan e-course atau webinar dengan berbagai topik, misalnya cara mendidik anak laki-laki dan mengenal kesehatan mental anak. Walau begitu, webinar ini juga bisa diikuti para Mommies.

Instagram: @fatherman.id

5. Safe Kids Indo

Safe Kids Indo membagikan informasi mengenai keamanan anak dan keluarga untuk para ayah dan ibu. Misi komunitas ini adalah menciptakan lingkungan ramah anak yang sehat dan bebas cedera dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya di sekitar anak dan cara mengurangi risikonya. Safe Kids Indo sering mengadakan webinar online, workshop, bahkan event langsung untuk menciptakan lingkungan yang ramah anak, lho.

Instagram: @safekidsindo
Website: www.safekidsindonesia.wordpress.com

6. Catatan Seorang Ayah

Catatan Seorang Ayah bertujuan memberikan motivasi, edukasi, dan juga hiburan untuk para ayah. Komunitas ini pun hadir memberikan kompilasi berita yang menghibur dan menginspirasi. Kontennya berasal dari beberapa hal yang sedang viral, yang kemudian dibahas dari sudut pandang seorang ayah.

Instagram: @catatanseorangayah

7. Parentalk

Parentalk adalah media konten digital, informasi dan pendidikan dengan platform berbasis komunitas untuk orang tua dan pasangan di Indonesia. Komunitas ini juga menyediakan kelas webinar oleh para ahlinya, juga event online maupun offline untuk para ayah dan ibu. Parentalk juga memiliki website berisi konten berupa artikel, video, dan podcast dalam berbagai topik seperti kehamilan, parenting, dan lifestyle.

Instagram: @parentalk.id
Website: parentalk.id

8. Parkour Jakarta

Parkour Jakarta adalah komunitas olahraga parkour, yaitu kegiatan fisik yang dilakukan dengan bergerak secara efektif melalui berbagai halang rintangan di berbagai jenis lingkungan. Kegiatannya tentu bisa diikut oleh Daddies dan si kecil yang ingin bonding lewat kegiatan fisik. Anak yang bisa ikut les parkour disini harus minimal berusia 8 tahun. Parkour Jakarta rutin mengadakan latihan bersama di Taman Puring, Jakarta Selatan. Selain itu, mereka juga sering mengadakan kompetisi dan sharing bersama, lho.

Instagram: @parkourjkt

9. Keluarga Kita

Komunitas ayah terakhir adalah Keluarga Kita yaitu merupakan komunitas parenting yang menekankan pengasuhan bersama antar ayah dan ibu. Didirikan oleh pakar pendidikan dan para orangtua, Keluarga Kita adalah organisasi berbadan hukum dengan nama Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya. Aktivitas di komunitas ini berupa webinar juga workshop online maupun offline berbagai kabupaten atau kota Seluruh Indonesia. Daddies bisa terlibat sharing antar orang tua, juga mengikuti workshop edukatif mengenai berbagai topik, mulai dari relationship sampai pengasuhan.

Instagram: @keluargakitaid
Website: keluargakita.com

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Film Mengharukan dan Inspiratif Tentang Ayah untuk Ditonton!

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan