banner-detik
LIFESTYLE

25 Rekomendasi Film Mengharukan dan Inspiratif Tentang Ayah untuk Ditonton!

author

Fannya Gita Alamanda05 Nov 2023

25 Rekomendasi Film Mengharukan dan Inspiratif Tentang Ayah untuk Ditonton!

Rindu dengan sosok Ayah? Kita bisa selalu mengingat perjuangannya untuk keluarga lewat 25 rekomendasi film tentang ayah yang mengharukan dan inspiratif ini.

Berbakti kepada orang tua khususnya Ayah, memang harus dilakukan setiap hari. Namun setiap tanggal 12 November, kita bisa mengekspresikan rasa cinta dan respek kepada sosok Ayah dengan cara yang lebih istimewa.

Luangkan waktu untuk menyatakan perasaan sayang Anda. Temui langsung, telepon, atau kirimkan doa untuk memberi tahu dirinya betapa kita pernah, masih, dan akan selalu menyayanginya.

Cara lain untuk mengenang sosok Ayah juga bisa dilakukan dengan menonton bersama film tentang ayah. Dua puluh lima rekomendasi film tentang ayah ini membuktikan, para ayah yang juga bisa dengan lantang bilang, “Kasih Ayah sepanjang masa.” Psst… jangan lupa siapkan kotak tisu yang terisi penuh.

BACA JUGA: 15 Pertanyaan yang Bisa Ayah Ajukan untuk Ngobrol dengan Anak Perempuan

Rekomendasi Film Tentang Ayah

Ini dia rekomendasi film tentang ayah yang bisa kalian tonton!

1. I am Sam (2002)

Bercerita tentang Sam Dawson (Sean Penn), seorang pria dewasa dengan tingkat kecerdasan yang tidak lebih dari anak berusia 7 tahun. Namun kondisi ini tidak menghalangi Sam untuk mencintai dan merawat anak perempuannya, Lucy. Sayangnya, Sam dianggap pemerintah tidak mampu merawat Lucy. Dibantu seorang pengacara sukses, Sam berjuang mendapatkan hak asuh atas Lucy. Film ini layak buat ditonton.

2. John Q (2002)

John Q berkisah tentang seorang ayah bernama John Archibald Quincy. Ia berjuang mati-matian demi membiayai pengobatan anaknya yang mengidap kelainan jantung. Tapi karena biaya pengobatan yang besar dan rumitnya birokrasi rumah sakit, John terpaksa melakukan penyanderaan di rumah sakit tersebut.

3. The Pursuit of Happiness (2006)

Film tentang ayah yang satu ini diangkat dari kisah nyata seorang pebisnis bernama Chris Gardner. Will Smith dan anaknya, Jaden Smith berperan sebagai karakter utama. Dengan latar tahun 1981, film ini mengisahkan tentang perjuangan Chris Gardner yang jatuh miskin, ditinggalkan istrinya, dan harus menjadi tunawisma bersama Christopher, anaknya. Hidup mereka luar biasa berat, tapi Gardner tidak mau menyerah, hingga di satu titik, perjuangannya berbuah manis.

4. Click (2006)

Tampak luar, Michael Newman (Adam Sandler) seolah memiliki segalanya. Tanpa ia sadari istrinya, Donna (Kate Beckinsale), frustrasi dengan kesibukan Michael di kantor. Suatu hari, Michael bertemu seorang penemu eksentrik (Christopher Walken) yang memberinya remote universal. Remote itu dapat mengontrol waktu (menghentikan, mengulang, dan mempercepat waktu). Pada awalnya remote control itu membuatnya senang. Hingga sebuah peristiwa besar menyadarkannya. Sejak itu, dia belajar untuk menghargai setiap momen berharga bersama keluarganya.

5. Daddy’s Little Girls (2007)

Rekomendasi film tentang ayah berikutnya adalah Daddy’s Little Girls. Kisahnya tentang Monty (Idris Elba), orang tua tunggal yang berprofesi sebagai montir berjuang untuk mendapatkan hak asuh atas ketiga putrinya dari sang mantan istri yang kejam. Ia meminta bantuan seorang pengacara bernama Julia (Gabrielle Union).

Foto: STAN

6. Taken (2008)

Film bergenre action ini mengisahan tentang ayah bernama Bryan Mills. Ia seorang pensiunan CIA yang berusaha menyelamatkan anak semata wayangnya, Amanda dari sindikat perdagangan wanita. Karakter Mills memang keras dan kaku, tapi caranya ia menunjukkan cinta kepada anaknya sangatlah luar biasa.

7. CJ7 (2008)

Menceritakan tentang ayah bernama Ti. Ia seorang buruh miskin yang hidup bersama anak laki-lakinya, Dicky. Ti bekerja banting tulang agar Dicky bisa terus bersekolah. Namun, Dicky ternyata memikul beban yang nggak ringan juga. Ia dijauhi teman-temannya karena berpenampilan lusuh.

8. Lovely Man (2011)

Cahaya, seorang gadis 19 tahun berupaya menemukan ayahnya yang nggak pernah ia temui sejak balita. Pertemuan mereka nyatanya membuat buyar bayangan Cahaya tentang sosok ayah ideal, karena sang Ayah adalah seorang banci. Namun dialog yang terjadi di antara mereka justru membuat keduanya jadi saling memahami.

9. Ayah, Mengapa Aku Berbeda? (2011)

Film ini bercerita tentang Angel (Dinda Hauw) seorang gadis tuna rungu yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata anak normal dan jago bermain piano. Angel hidup bersama Ayah (Surya Saputra) dan sang Nenek (Rima Melati). Karena bakat Angel, sang Ayah berhasil membuat Angel bersekolah di sekolah biasa. Di sisi lain, ayah Angel divonis memiliki penyakit penyumbatan di jantungnya, namun memaksa bertahan karena tahu Angel sangat membutuhkannya.

10. Like Father, Like Son (2013)

Film drama yang menyentuh ini mengisahkan Ryōta Nonomiya (Masaharu Fukuyam), seorang arsitek sukses yang mengetahui bahwa anak kandungnya tertukar saat lahir. Akibatnya, ia dan istrinya dihadapkan pada pilihan yang akan mengubah hidup mereka: mempertahankan anak yang mereka besarkan, atau menukarnya dengan anak kandung mereka.

11. Tampan Tailor (2013)

Menceritakan tentang Topan (Vino G Bastian) dan anaknya, Bintang (Jefan Nathanio). Topan berprofesi sebagai penjahit yang hidup dalam kemiskinan.

Bahkan, sang anak hampir dikeluarkan dari sekolah lantaran sering menunggak uang sekolah. Namun Topan pantang menyerah. Dengan dibantu Darman, sepupunya, Topan bekerja serabutan mulai dari menjadi calo tiket kereta, kuli bangunan, hingga menjadi stuntman atau peran pengganti.

12. Daddy’s Home (2015)

Brad Whitaker (Will Ferrell) bertekad untuk menjadi ayah yang baik bagi kedua anak tirinya. Saat mantan suami dari istrinya, Dusty (Mark Wahlberg), kembali hadir, rasa percaya diri Brad pun luntur. Namun Brad tetap berusaha keras berjuang memenangkan hati anak-anak sambungnya.

13. Cek Toko Sebelah (2016)

Film ini menceritakan sosok ayah yang sederhana, kaku, tetapi sebenarnya sangat mencintai kedua anaknya, bernama Koh Afung. Suatu hari, karena kondisi kesehatannya memburuk, ia memutuskan untuk mewariskan toko kelontong kepada salah satu anaknya dan di sinilah konflik terjadi.

14. Train to Busan (2016)

Walaupun ceritanya lumayan horor, film ini sukses membuat penonton terharu dengan perjuangan Gong Yoo sebagai ayah. Demi memenuhi harapan anak tunggalnya untuk bertemu ibunya di Busan, Gong Yoo berjuang mati-matian, hingga titik darah penghabisan, menyelamatkan anaknya dari serangan para zombie yang masuk ke dalam kereta yang mereka tumpangi.

15. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Gunawan (Abimana Aryasatya), seorang ayah yang divonis hanya memiliki hidup satu tahun lagi lantaran penyakit yang cukup berat. Karena ingin hidupnya tetap bermakna buat keluarganya, ia rajin membuat rekaman-rekaman berisi cerita dan nasihat untuk anak-anaknya. Setelah Gunawan meninggal, istri Gunawan, Itje (Ira Wibowo) menyuruh kedua anaknya ‘menemui’ sang bapak setiap hari Sabtu dengan menonton rekaman-rekaman yang dibuat Gunawan menjelang kematiannya.

Foto: IMDb

16. A Taxi Driver (2017)

Film ini menceritakan kisah Kim Man Seob, seorang sopir taksi. Ia disewa reporter Jerman bernama Peter yang sedang meliput kerusuhan di Gwangju, Korea Selatan. Meski berbahaya, ia terpaksa mengambil tawaran itu karena bayarannya besar dan tahu anaknya menunggu di rumah, berharap ia pulang membawa rezeki.

17. Tunnel (2017)

Park Gwang-ho (Choi Jin Hyuk) adalah seorang detektif divisi kriminal dengan 10 tahun pengalaman. Pada tahun 1986, saat sedang mengejar pelaku pembunuhan berantai di terowongan, Park Gwang-ho hilang secara misterius dan muncul pada tahun 2017. Bersama dengan Letnan Kim Seon Jae (Yoon Hyun Min) dan Psikolog Shin Jae Yi (Lee Yoo Young), mereka mulai memecahkan kasus pembunuhan berantai yang tak terpecahkan selama 30 tahun. Film ini mengambarkan besarnya kasih sayang seorang ayah. Ia rela melakukan perjalanan waktu yang berbahaya demi menyelamatkan nyawa anaknya.

18. Searching (2018)

Seperti judulnya, film ini bercerita tentang pencarian seorang ayah setelah anak perempuannya menghilang secara misterius. Dengan segenap kemampuannya, David Kim berusaha mengumpulkan informasi mengenai keberadaan putrinya berdasarkan jejak digital yang ditinggalkan. David juga bekerja sama dengan seorang detektif bernama Rosemary Vick untuk menemukan putrinya.

19. 27 Steps of May (2019)

Film Indonesia yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan ini berkisah tentang perjuangan seorang ayah (Lukman Sardi), yang berusaha mengembalikan semangat hidup sang anak setelah menjadi korban pemerkosaan saat remaja. Akibat kejadian itu, selama bertahun-tahun anaknya tidak bisa keluar rumah. Ia melakukan berbagai cara, bersabar, dan rela mengorbankan kenyamanan dirinya demi si anak tetap bisa hidup dengan baik walau memiliki trauma mendalam.

20. Keluarga Cemara (2019)

Keluarga Cemara mengangkat cerita tentang hidup tokoh Abah yang mendadak bangkrut dan harus pindah ke desa. Walaupun keadaannya sedang sulit, Abah selalu berusaha bersikap positif dan untuk memberikan yang terbaik untuk Emak dan anak-anaknya.

21. The Father (2020)

The Father adalah film yang bercerita tentang seorang ayah bernama Anthony (Anthony Hopkins). Anthony yang sudah tua dan mengidap demensia tinggal seorang diri di apartemennya. Anne, anak perempuan satu-satunya, selalu berusaha untuk mengurus Anthony, meski sibuk. Cerita di film ini diambil dari sudut pandang Anthony yang mengindap demensia, sehingga alurnya pun berubah-ubah sesuai dengan pikiran Anthony.

22. Fatherhood (2021)

Perannya sebagai Matthew Login di film ini mendatangkan banyak pujian buat aktor Kevin Hart. Fatherhood membawa pesan mendalam tentang perjuangan seorang ayah yang harus membesarkan anak dengan penuh kasih, setelah sang istri meninggal usai melahirkan. Sebagai ayah tunggal, Matthew mengajari anaknya banyak hal agar mampu mandiri.

23. Miracle in Cell No.7 (2022)

Miracle In Cell No. 7 merupakan film Korea yang sudah banyak diadaptasi berbagai negara, salah satunya Indonesia. Bercerita mengenai Dodo Rozak (Vino G Bastian), pria berkebutuhan khusus sekaligus sosok ayah, yang ingin menjadi ayah terbaik untuk putrinya, Kartika (Graciella Abigail).

Saat dirinya ingin menolong putri majikannya yang jatuh ke kolam renang, Dodo malah ia dituduh sebagai pemerkosa dan pembunuh. Ia lalu dimasukkan ke dalam penjara tepatnya di sel nomor 7. Di sinilah beragam kisah dengan para napi terjalin. Ada senang dan sedih, tawa dan air mata.

24. Gara-Gara Warisan (2022)

Kisahnya tentang tiga anak Bernama Adam, Laras, dan Dicky yang mengharapkan warisan dari sang Ayah, Pak Dahlan. Tapi Pak Dahlan tak ingin anak-anaknya jadi anak manja yang hanya bisa menadahkan tangan. Mau uang? Kerja! Mungkin seperti itulah prinsip Pak Dahlan. Akhirnya sang ayah pun memberikan tantangan kepada anak-anaknya untuk mengelola guest house miliknya.

25. Ngeri-ngeri sedap (2022)

Rekomendasi film tentang ayah terakhir adalah Ngeri-ngeri Sedap. Berkisah tentang keluarga Pak Domu dan Mak Domu yang berasal dari suku Batak, rindu dengan anak-anak mereka yang merantau. Namun sayangnya, karena hubungan yang buruk dengan sang Ayah, anak-anak Pak Domu ogah pulang. Sampai akhirnya, Pak Domu dan Mak Domu merancang siasat pura-pura mau bercerai untuk memancing anak-anak mereka pulang. Perbedaan prinsip memang bisa membuat hubungan anak dan ayah tak akur, tapi itu juga tidak menghapus fakta, ada cinta yang dimiliki seorang ayah buat anak-anaknya.

Foto: IMDb

BACA JUGA: 10 Potret Kedekatan Ayah Artis dan Anak Mereka, dari Rio Dewanto hingga Andhika Pratama

Cover: Instagram/miracleincellno7film

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS