banner-detik
EDUCATION

7 Kampus dengan Jurusan Komunikasi Terbaik, Selalu Diminati Tiap Tahun

author

Dhevita Wulandari25 Oct 2023

7 Kampus dengan Jurusan Komunikasi Terbaik, Selalu Diminati Tiap Tahun

Berbagai kampus dengan jurusan Komunikasi ini telah menghasilkan banyak lulusan dengan prospek kerja gemilang, lho! Apa saja daftar kampusnya?

Jurusan Komunikasi atau Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi yang diminati bagi anak muda yang tertarik dalam dunia media, masyarakat, dan industri kreatif. Dengan perkembangan teknologi dan media sosial yang pesat, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang komunikasi semakin meningkat.

Di Indonesia, terdapat sejumlah universitas dan perguruan tinggi yang menawarkan program studi komunikasi yang unggul dan berkualitas. Mommies yang ingin mendaftarkan putra-putri ke jurusan ini wajib tahu!

Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia

Berdasarkan laman EduRank (12 Oktober 2023), berikut adalah universitas dengan  jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia.

1. UNIVERSITAS INDONESIA

Departemen Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia meraih peringkat Peringkat 30 di Asia dan Peringkat 428 di dunia. Ada peminatan bidang Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan yang bisa dipelajari mahasiswa. Selain itu, ada juga program Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi mencakup peminatan dalam bidang Manajemen Media, Komunikasi Promosi dan Pemasaran, Komunikasi Korporasi dan Manajemen Komunikasi Politik. Departemen Ilmu Komunikasi UI juga menyelenggarakan pendidikan untuk program sarjana non reguler (paralel) dan kelas khusus internasional. 

BACA JUGA: Beasiswa Indonesia Maju, Ada yang Buat S1, Lho. Bagaimana Cara Mendapatkannya?

2. UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Brawijaya meraih Peringkat 46 di Asia dan Peringkat 516 di dunia. Program Studi memiliki visi untuk menghasilkan lulusan berstandar internasional dan berjiwa entrepreneur untuk mengembangkan kajian komunikasi kontemporer dengan perspektif lokal serta mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan profesionalisme.

3. UNIVERSITAS AIRLANGGA

Selanjutnya, ada Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga atau UNAIR yang meraih Peringkat 49 di Asia dan peringkat 536 di dunia. Jurusan memiliki program studi sarjana Ilmu Komunikasi unggulan. Selain mata kuliah wajib, mahasiswa bisa memilih mata kuliah pilihan Peminatan Komunikasi Korporat, Peminatan Komunikasi Pemasaran, Peminatan Produksi Konten Kreatif, dan Peminatan Studi Media dan Budaya.Tak hanya untuk sarjana, UNAIR  juga memiliki program Studi Magister (S2) Media dan Komunikasi.

4. UNIVERSITAS DIPONEGORO

Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Diponegoro memiliki akreditasi A dengan peringkat 52 di Asia dan peringkat 565 di dunia. Program studi ini memiliki misi untuk memperluas jejaring dan reputasi dalam lingkup nasional dan internasional pada tahun 2024.

Mahasiswa bisa memilih antara dua konsentrasi, yaitu Jurnalisme Multimedia dan Konten Kreatif yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga jurnalistik profesional berdasarkan kode etik. Juga Komunikasi Strategis yang bertujuan untuk menghasilkan praktisi profesional komunikasi strategis yang bekerja berdasarkan kode etik profesi.

5. UNIVERSITAS GADJAH MADA

Universitas Gadjah Mada memiliki Departemen Ilmu Komunikasi (DIKOM) dengan peringkat 62 di Asia dan peringkat 619 di dunia. Materi pembelajaran jurusan ini cukup luas, baik yang berkaitan dengan studi jurnalisme, humas, periklanan, maupun media hiburan. Saat ini, DIKOM memiliki perhatian pada perkembangan komunikasi dan media digital.

Lulusan program studi ini diharapkan dapat menguasai bidang Konsentrasi Media, Konsentrasi Sistem Penunjang Media atau Konsentrasi Perspektif Media. Tak hanya sarjana, DIKOM juga membuka program pascasarjana yang terdiri dari program Magister (S2) dan program Doktor (S3).

6. UNIVERSITAS UDAYANA

Program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Udayana meraih peringkat 63 di Asia dan peringkat 624 di dunia. Program studi ini bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan memiliki dua bidang kekhususan yaitu Hubungan Masyarakat serta Komunikasi Massa dan Media. Ilmu Komunikasi Universitas Udayana memiliki misi untuk menghasilkan sarjana komunikasi yang unggul, mandiri, dan berbudaya baik pada tingkat lokal, nasional dan internasional.

7. UNIVERSITAS PADJADJARAN

Program studi sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran adalah salah satu dari top 10 program studi sosial humaniora terfavorit yang selalu diminati setiap tahunnya karena ada lebih dari 3200 calon mahasiswa baru yang mendaftar tiap tahunnya. Program studi ini meraih peringkat 77 di Asia dan peringkat 703 di dunia, dan bertujuan untuk menghasilkan tiga profil lulusan yakni, Periset Komunikasi Professional, Digital Communication Planner, dan Social Entrepreneur

BACA JUGA: SBM ITB Bagikan Beasiswa untuk Lulusan SMA Kurang Mampu, Ini Syaratnya

Mommies ingin tahu kampus mana saja yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia? Kalau penasaran, klik di sini!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Image by fauxels on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan