banner-detik
CAREER

Rekomendasi Tempat Kursus untuk Menjadi Virtual Assistant, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga!

author

Sisca Christina21 Aug 2023

Rekomendasi Tempat Kursus untuk Menjadi Virtual Assistant, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga!

Ingin memulai profesi virtual assistant tapi masih ngeblank caranya gimana? Beberapa tempat kursus virtual assistant berikut bisa bantu asah keterampilan untuk jadi VA.

Banyaknya pekerja freelance yang menggeluti profesi virtual assistant (VA) selama 10 tahun belakangan ini telah membuktikan bahwa profesi ini bisa dilakukan oleh siapapun, dari latar belakang apapun, dan tentunya menghasilkan. Yes, profesi ini memang bisa dilakukan siapapun, dari fresh graduates, hingga para ibu yang sudah lama meninggalkan dunia kantoran dan ingin kembali bekerja.

Baca juga: Menjadi Virtual Assistant Setelah 19 Tahun Work Gap, Ini Pengalaman Saya

Permintaan akan kebutuhan VA ini pun tinggi, dan datang dari berbagai perusahaan di seluruh dunia. Bayarannya? Dari ratusan ribut per jam hingga puluhan juta per bulan. Waktu kerja fleksibel, tak perlu repot bermacet-macetan ke kantor, bisa piyama-an sambil megang laptop.

Nggak heran, jika semakin banyak orang yang tergiur untuk menjalani profesi ini. Peluang ini pun ditangkap oleh para para virtual assistant professionals untuk membuka tempat kursus virtual assistant untuk membantu mereka yang ingin mengasah keterampilan VA, dari dasar sekalipun; seperti lima tempat kursus ini.

Rekomendasi Tempat Kursus Virtual Assistant, Harga Mulai 100-Ribuan

Kursus Virtual Assistant (KVA)

Salah satu tempat les virtual assistant yang bisa mommies pertimbangkan yaitu Kursus Virtual Assistant atau KVA. Ada dua kelas yang ditawarkan di KVA, yaitu introduction class yang dianjurkan untuk fresh graduate atau first jobber, dan masterclass yang diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 3 tahun dan ingin mendalami keahlian virtual assistant tingkat lanjutan. Mommies yang les di sini akan diasuh langsung oleh foundernya yaitu Mimi Amilia, yang berpengalaman di bidang kesekretarisan selama lebih dari 22 tahun, sekaligus pelopor bisnis di industri virtual assistant.

Biaya paket kursus:

Introduction class: Rp2.350.000 terdiri dari dua pertemuan, per pertemuan tiga jam
Masterclass: Rp4.550.000 terdiri dari 12 pertemuan, per pertemuan tiga jam

Informasi jadwal kelas dan materi pembelajaran bisa mommies lihat di situs kursusva.wordpress.com.

Kelas-kelasnya juga bisa ditemui di berbagai platform belajar seperti Skill Academy by Ruang Guru, Kartu Prakerja, Mau Belajar Apa, dan lain-lain.

Habiskerja.com

Tempat Kursus Virtual Assistant - HabiskerjaDi habiskerja.com, Anda bisa belajar menjadi virtual assistant mulai dari pengenalan profesi VA, belajar skill VA, hingga tips mendapatkan job profesional. Kelas ini diajar oleh Tim Virtary, yaitu Agency Virtual Assistant asal Indonesia yang telah berkipriah di dunia virtual assistant selama 16 tahun. Metodenya yaitu e-learning. Anda akan mendapat akses ke 35 video belajar yang bisa diakses kapan saja, di mana saja, sampai selamanya. Selain itu, Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi dengan mentor via Telegram.

Biaya kursus: Rp383.000. Saat ini sedang diskon 50% menjadi Rp191.500.
Harga sudah termasuk:

  • Akses ke 35+ modul video (total 2,5 jam) pembelajaran dan free update
  • Praktek dan tools Virtual Assistant (2022)
  • Akses grup premium telegram

Remote Skills Academy

Tempat Kursus Virtual Assistant - Remote Skill AcademySelain keterampilan administrasi, beberapa tempat kursus virtual assistant juga mengajarkan tentang media sosial, project management, email marketing dan banyak lagi. Ini bisa mommies dapatkan di tempat kursus virtual assistant Remote Skills Academy. Dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu Rp250.000 Anda akan mendapatkan 7 topik materi yang dikemas dalam rekaman video online yang bisa diakses selamanya. Remote Skills Academy juga menyediakan informasi lowongan kerja yang relevan dan akses ke komunitas sesame pekerja remote buat para pesertanya. Ada kesulitan? Bisa live mentoring dengan pengajarnya.

Baca juga: Tak Perlu Sewa Lapak, Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Udemy

Mommies pasti sudah familiar lah ya dengan Udemy. Hampir semua jenis kursus ada di sini, termasuk kursus virtual assistant. Di sini, mommies akan mendapatkan panduan lengkap bisnis virtual assistant, mulai dari dasar. Biaya kursusnya Rp329.000, mencakup 17 bagian topik, 62 pokok bahasan dengan total durasi video keseluruhan 4 jam 40 menit. Kursus ini dirancang oleh Transformation Academy yang merupakan salah satu Top Udemy instruktur. Kursus ini juga diakreditasi oleh agensi internasional Continuing Professional Development Standards Agency.

Kampster

Seperti tempat kursus virtual assistant lainnya, Kampster juga menyediakan kursus virtual assistant dengan akses online ke materi belajar tanpa batas. Bedanya, kursusnya diberikan secara gratis! Di sini juga ada ujian yang diberikan guna menguji pengetahuan peserta usai belajar. Jika mommies bisa menyelesaikan seluruh materi dan waktu belajar yang diberikan, akan mendapatkan sertifikat yang bisa dijadikan bekal buat mulai mencari proyek.

Itulah beberapa rekomendasi tempat les virtual assistant. Mommies tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Rekomendasi Berbagai Kelas Online untuk Ibu Bekerja Menambah Ilmu Sekaligus Mengisi Waktu Luang

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS