banner-detik
WORK & CAREER

Rekomendasi Berbagai Kelas Online untuk Ibu Bekerja Menambah Ilmu Sekaligus Mengisi Waktu Luang

author

Sisca Christina24 Jul 2023

Rekomendasi Berbagai Kelas Online untuk Ibu Bekerja Menambah Ilmu Sekaligus Mengisi Waktu Luang

Ibu bekerja perlu terus mengasah keterampilan dan memperkaya ilmu supaya naik level. Sekarang banyak rekomendasi kelas online untuk ibu bekerja. Praktis, nggak perlu tatap muka.

Sebab memperkaya diri dengan berbagai ilmu, nggak kenal usia dan profesi. Sekarang ini, berbagai keterampilan nggak saklek lagi hanya untuk beberapa profesi. Tuntutan untuk memiliki mutliskill sudah semakin tinggi. Sekarang seorang desainer grafis nggak lagi dituntut hanya bisa mendesain, tapi juga bisa public speaking untuk mempresentasikan karyanya. HRD atau finance juga sama, wajib paham digital, karena sekarang apa-apa serba digital.

Punya ketrampilan lebih, walau nggak selalu secara langsung berhubungan dengan pekerjaan, adalah nilai plus bagi setiap ibu bekerja.

Untungnya, sekarang sudah semakin praktis untuk ikut kursus ini itu; thanks to digital. Sudah banyak kelas online untuk ibu bekerja yang bisa diikut tanpa harus harus tatap muka lagi. So, lebih efisien dan lebih fleksibel.

Berikut ini rekomendasi berbagai kelas online untuk ibu bekerja; selain menambah ilmbu, bisa sekaligus untuk mengisi waktu luang juga.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

7 Kelas Online untuk Ibu Bekerja

Kelas online bahasa asing

Buat mommies yang berkerja di perusahaan asing, memiliki kemampuan berbahasa asal negara perusahaan tempat mommies bekerja, tentu jadi nilai plus. Manfaatnya akan terasa saat mommies diutus untuk melakukan perjalanan dinas ke negara tersebut. Selain bermanfaat, menguasai lebih dari satu bahasa asing bikin mommies tampak makin keren dong tentunya! Mommies bisa coba mengambil kelas bahasa online di cakap.com. Selain bahasa Inggris, ada juga bahasa Mandarin, Jepand Korea, dan program khusus seperti bahasa asing untuk bisnis, TOEFL, sales, pariwisata, dan lain-lain.

Public speaking

Keterampilan public speaking sekarang ini penting dimiliki buat pekerja di bidang/divisi apapun, di level apapun. Setiap pekerja punya kesempatan untuk mempresentasikan ide atau rencana yang dibuatnya di depan atasan, tim atau klien. Punya kemampuan public speaking yang bagus juga bisa membuka peluang ke banyak hal. Ada beberapa opsi kelas online yang bisa dicoba antara lain Speaking.id, Dialogika, atau Talk-Inc.

Kelas design thinking

Design thinking merupakan sebuah pendekatan inovatif untuk memecahkan masalah sesuai kebutuhan. Selain itu, design thinking bisa membantu untuk menemukan ide-ide inovasi produk, layanan, dan proses yang baru untuk bisnis. Umumnya, di kelas online design thinking, mommies akan belajar mengenal apa itu desain thinking, pengimplementasiannya, proses, pilar, empati, pendefinisian masalah, pembuatan ide, prototype dan test process. Pilihan yang tepat untuk menambah ilmu buat ibu bekerja. Beberapa kelas design thingking tersedia di Markplus Institutem, Studilmu, Kelas.work.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Digital marketing

Kelas online untuk ibu bekerja yang bisa diikuti selanjutnya adalah digital marketing. Bidang ini sangat luas. Mommies bisa menentukan terlebih dahulu secara spesifik tujuan yang ingin dicapai. Apakah ingin memperdalam media sosial, e-commerce, memulai bisnis online, menjalankan iklan di social media atau Google, dan seterusnya. Berbagai kelas seputar digital marketing bisa mommies temukan di Udemy, Skill Academy yang digagas oleh Ruangguru, Skillshare, Meta Blueprint, TechInAsia Edu dan seterusnya.

Kelas online art & craft dan DIY

Jika tertarik dengan kelas online untuk membuat produk from scratch, mommies bisa melirik berbagai kelas menarik yang diadakan oleh Menimba Ilmu. Ada berbagai pilihan kelas antara lain membuat aksesoris, merajut, deterjen alami, pembersih ruangan, skincare, hingga makanan dan minuman seperti membuat bakso malang, water kefir, kombucha dan tempe organik. Tertarik?

Kursus perencanaan keuangan

Memperdalam ilmu keuangan, walau bukan bekerja di bidang keuangan, kenapa nggak? Ilmu ini nantinya bisa dipakai untuk sharing di konten media sosial mommies, menjadi pembicara acara sharing session di kantor atau di tempat lain, dan bisa menjadi profesi masa depan jika ingin resign dari kantor. Belajar online perencanaan keuangan bisa dilakukan di IARFC Indonesia, Keystone Academic Courses (sertifikasi dari luar negeri) dan Sertifikasiku.

Kelas mindfulness

Siapa bilang mindfulness nggak diperlukan oleh para pekerja? Mindfulness itu penting banget, lho, buat menjaga kewarasan di tempat kerja dengan segudang tantangannya. Memiliki kemampuan untuk tetap mindful saat stress menghadapi atasan, persaingan kerja yang nggak sehat, menghadapi tim yang nggak selalu bisa diajak kompak, dan tekanan-tekanan lainnya, jadi nilai plus buat ibu bekerja. Bahkan sekarang ini, setiap pemimpin organisasi dituntut untuk menjadi mindful leader. Jika ingin mengikuti kelas online mindfulness, bisa mencoba hubungi praktisi mindfulness atau mengikuti kelas-kelas Hendrick Tanuwidjaja, Mindfulness Indonesia, Coursera, dan lain-lain.

Baca juga: 25 Kursus untuk Ibu Bekerja untuk Menambah Daya Saing

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan