banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Tak Perlu Sewa Lapak, Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

author

Sisca Christina05 Jul 2023

Tak Perlu Sewa Lapak, Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Asalkan kreatif dan jeli melihat peluang, apapun bisa jadi ide bisnis rumahan yang bisa jadi pendapatan utama. Tak perlu sewa tempat, dan yang pasti, cuan!

Berbisnis sekarang bisa dibilang semakin mudah. Modal ponsel atau laptop aja, bisa jadi cuan. Tak perlu mahal-mahal sewa tempat, karena sekarang banyak bisnis bisa dijalankan dari rumah saja. Kuncinya, mau kerja cerdas, kreatif, telaten, konsisten, daaannn sabar! Iya dooong, nggak ada yang serba instan. Bisnis itu perlu dirintis dulu hingga sukses dan stabil mendatangkan cuan. Kalau mommies lagi cari ide bisnis rumahan, yuk, cek daftar berikut. Siapa tahu, ada yang cocok!

15 Ide Bisnis Rumahan

1. Affiliate marketing

15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan
Image by rawpixel.com on Freepik

Cukup bermodalkan HP, mommies sudah bisa mendatangkan cuan dengan mendaftar jadi aflisiasi di e-commerce mana saja. Affiliate atau afiliasi sendiri adalah bisnis dimana mommies bekerja untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi sebagai imbalannya. Sekarang sudah banyak e-commerce yang membuka peluang untuk menjadi afiliasi, contohnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada hingga TikTok Affilitate.. Tugasnya yaitu share produk-produk milik toko-toko di e-commerce, ke media sosial mommies dan mengajak follower untuk klik lalu membeli. Mommies akan mendapatkan imbalan ketika ada orang yang meng-klik dan/atau membeli produk yang mommies promosikan. Semakin tinggi harga produk, semakin tinggi pula imbalannya.

2. Kuliner online

Sekarang, bisnis kuliner nggak wajib punya lapak. Cukup buka lapak kuliner online aja seperti di GrabFood, GoFood, Shopee Food, Tokopedia, dan seterusnya, mommies sudah bisa berjualan. Pilihan makanan atau minuman yang dijual pun tak perlu ribet dan tak perlu modal besar. Misalnya, jualan jamu atau cold-pressed juice buatan sendiri, macaroni schotel, asinan buah, dan lain-lain.

3. Kuliner rumahan

Kalau lebih suka berjualan makanan langsung, mommies bisa menyulap garasi rumah menjadi lapak makanan. Bisa buka kios es kopi berkonsep “to go” atau membuka warung mie ayam atau bakso, yang nggak ada matinya. Modalnya pun tak terlalu mahal. Dengan kisaran budget 5 juta, mommies sudah bisa memulai bisnis.

4. Content creator

15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan
Image by Freepik

Skill yang diperlukan untuk menjadi content creator yaitu merekam video dengan angle visual yang estetik dan mengedit video. Ini bisa dilatih. Semakin sering membuat konten, pasti skill akan semakin terasah. Jika memutuskan untuk membuat video-video resep, mommies bisa menyulap sebuah ruangan di rumah menjadi studio kecil. Cuannya dari mana? Tentunya dari tawaran kerja sama endorsement, YouTube ads, hingga membuatkan video untuk brand. Jangan lupa untuk konsisten membuat konten agar akun media sosial mommies terbangun dan followernya bertambah banyak, ya!

5. Voice over talent

Punya suara yang enak didengar? Cobain, deh, jadi voice over (VO) talent. Jika masih awam sama sekali, bisa juga lho belajar dari nol dengan Voice Institute Indonesia. Setelah selesai belajar dan mengumpulkan portofolio, siap-siap mendapat tawaran untuk menjadi VO talent dari berbagai brand. Bayarannya beragam, tentunya sesuai jam terbang, ya.

6. Pijat refleksi

Asalkan memiliki terapis yang terlatih dan pijatannya enak, pasti laris. Namun, pastikan juga lokasinya strategis hingga mudah dicari orang. Ini bisa dimulai dengan menyediakan 3 kursi pijat di garasi rumah tak terpakai yang disulap menjadi kios pijat refleksi. Kisaran harga kursi untuk pijat refleksi yaitu Rp1.500.000-an.

7. Katering anak sekolah

15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Banyak para ibu sibuk di luar sana yang membutuhkan bantuan mommies yang punya skill memasak untuk meringankan pekerjaannya dalam menyiapkan bekal anak sekolah sehari-hari. Ambil peluangnya dan raih cuannya! Modalnya cukup terjangkau, dan return of investment-nya pun tergolong cepat. Tertarik?

8. Jasa sedot debu dan tungau

Saya pernah didatangi sebuah perusahaan distributor alat sedot debu dan tungau untuk mencoba produknya. Mereka menjual alat sedot debu dan tungau dengan daya hisap tinggi dengan ukuran besar, yang biasa dipakai oleh pengusaha jasa sedot tungau. Harga per unit sekitar 17 juta, mereka menyediakan servis dan suku cadangnya juga. Dengan modal tersebut, mommies bisa membuka bisnis rumahan jasa sedot debu tungau ke rumah-rumah, mulai dari tetangga sekitar kompleks.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

9. Toko sembako

Siapa, sih, yang nggak butuh sembako? Jualan sembako bisa jadi ide bisnis rumahan yang mendatangkan cuan. Memang marjin per penjualan itu kecil, tapi perputaran barangnya cepat dan pembelinya banyak; sehingga, tetap menguntungkan.

10. Agen gas dan air mineral gallon

Mirip toko sembako, bedanya, produk yang disediakan hanyalah gas dan air mineral galon. Ini nggak perlu buka toko khusus, di rumah pun bisa. Rumah-rumah di sekitar komplek bisa jadi target market.

11. Make-up artist

Punya skill untuk merias wajah orang lain jadi manglingi? Cus, jual jasa merias wajah. Jika tarif yang ditetapkan per riasan mulai dari Rp350.000, jika mommies bisa merias 12 kali per bulan, cuan yang dihasilkan sudah 4 jutaan per bulan.

12. Jual barang impor

Jika punya modal lebih, jualan barang impor dari Cina juga bisa jadi pilihan bisnis rumahan. Mommis bisa buka lapak online di berbagai marketplace dan bisa membuka gudang di rumah. Barang-barang dari Cina harganya relatif lebih murah, namun tetap berkualitas. Salah satu marketplace yang bisa mommies pilih untuk impor barang yaitu Trade China. Mereka akan mengadakan pameran China Homelife Indonesia November mendatang di JIExpo , jadi mommies nggak perlu jauh-jauh ke Cina untuk impor barang.

13. Toko frozen food

Keunggulan makanan beku yang praktis membuat bisnis ini tetap laris. Teman saya memulai bisnis ini saat masih bekerja, dan kini ia sudah resign dari kantor demi fokus mengembangkan toko frozen foodnya. Followernya di Shopee sudah mencapai puluhan ribu. Ia membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk menjadikan tokonya sebagai bisnis utama.

14. Warung fotokopi, cetak dan jual alat tulis

Enaknya bisnis ini, barang-barang yang dijual anti kedaluwarsa. Jadi, dapat distok dalam waktu yang lama tanpa takut merugi. Jasa yang bisa disediakan antara lain cetak dokumen, cetak dan edit foto, fotokopi, jualan berbagai alat tulis, materai, dan lain-lain. Untuk tempatnya, bisa memanfaatkan halaman rumah.

15. Penulis lepas

Usaha ini nggak memerlukan tempat sama sekali, nggak perlu modal usaha juga. Bisa dikerjakan dari mana saja. Mommies hanya perlu membuat credential untuk ditawarkan ke berbagai media, brand dan network mommies. Bayarannya? Cukup beragam, bisa mulai dari Rp100-000 hingga Rp1.500.000 per tulisan, tergantung jenis dan kualitas tulisannya.

Jadi, tertarik untuk memulai ide bisnis rumahan yang mana, nih, moms?

Baca juga: Mengenal Virtual Assistant, Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Foto: Image by studioredcup on Freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan