banner-detik
PARENTING & KIDS

5 Kalimat Afirmasi Positif agar Anak Percaya Diri, Harus Sering Dikatakan

author

Dhevita Wulandari18 Aug 2023

5 Kalimat Afirmasi Positif agar Anak Percaya Diri, Harus Sering Dikatakan

Dalam membentuk dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, ada beberapa kalimat afirmasi positif yang harus sering Mommies dan Daddies ucapkan. Apa saja?

Dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, orang tua harus mendidik dan mengajarkan sedari kecil. Rasa percaya diri merupakan keyakinan dan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dirinya sendiri. Selain itu, rasa percaya diri juga menjadi perasaan positif yang berasal dari penghargaan dan pengakuan atas nilai diri sendiri.

Mengutip dari laman resmi Instagram Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), @kemenpppa, afirmasi positif akan membantu menjadikan anak yang mengalami kegagalan menjadi lebih kuat. Afirmasi positif juga dapat bertindak sebagai kalimat-kalimat penegasan positif di dalam diri yang bisa mengubah mood hingga meningkatkan semangat.

BACA JUGA: Tips Menjauhkan Anak dari Teman Toksik, Kenali Juga Ciri-cirinya!

“Kegagalan yang dihadapi anak, seringkali membuat mereka tak ingin menyelesaikan masalahnya dan mencoba hal baru di kemudian hari,” tulis akun @kemenpppa, dikutip Senin (7/8/2023).

“Afirmasi yang positif dapat membantu memperkuat perilaku yang baik secara positif bagi anak. Afirmasi positif dapat juga dipahami sebagai kalimat-kalimat penegasan positif dalam diri yang mampu mengubah mood, menyemangati hidup, bahkan dapat membuat segala sesuatu yang sulit menjadi terasa mudah,” lanjut akun tersebut.

Kalimat yang harus sering dikatakan agar anak percaya diri

Menurut KemenPPPA, ada beberapa kalimat afirmasi positif yang bisa Mommies dan Daddies sering ucapkan pada anak agar ia tumbuh lebih percaya diri.

1. “Kami selalu sayang kamu”

Kalimat ini membuktikan bahwa Mommies dan Daddies akan selalu berada di samping anak. Memang terdengar sepele, namun kalimat ini secara nyata dapat membuat anak percaya orang tuanya siap menemani dan menerimanya dalam keadaan apa pun dan membuatnya menjadi lebih termotivasi.

2. “Kamu anak yang tangguh”

Melansir dari Motherly, saat Mommies dan Daddies melihat anak menjadi lebih berani dan tangguh, anak juga akan mulai lebih memperhatikan dirinya sendiri dan lebih percaya diri. Jadi, orang tua juga perlu dan penting untuk memperhatikan anak dengan lebih detail agar bisa memberitahu dan menyampaikan kalimat afirmasi positif saat melihat mereka melakukan sesuatu hal yang berani.

BACA JUGA: 13 Cara Membuat Anak Remaja Mau Bicara Terbuka, Yuk Terapkan!

Untuk tahu kalimat-kalimat afirmasi positif lainnya yang harus sering dikatakan pada anak, Mommies dan Daddies dapat lanjutkan membaca dengan klik di sini, ya.

Cover: Photo by Alex Green on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan