banner-detik
CAREER

Deretan Bisnis Sampingan yang Potensial di Tahun Ini dan Tahun Depan

author

Sisca Christina14 Aug 2023

Deretan Bisnis Sampingan yang Potensial di Tahun Ini dan Tahun Depan

Intip peluang bisnis sampingan di bidang kuliner dan pembuatan merchandise yang punya peluang bagus di jelang pemilu tahun depan!

Bisnis kuliner rasanya nggak akan ada matinya. Baik di tahun ini maupun tahun depan, peluangnya akan tetap bagus. Pasang surut, sih, tetap ada, ya. Namun ada saja gerai-gerai makanan baru yang menawarkan modifikasi-modifikasi dari menu yang pernah ada. So, kalau mommies punya ide membuat menu makanan atau minuman baru, cus cobain untuk dijual.

Sementara itu, di 2024 mendatang akan ada pesta demokrasi alias pemilu yang juga bisa dijadikan peluang bisnis musiman. Biasanya, jelang pemilu, permintaan akan kaus, merchandise, makanan, cetak spanduk dan lain-lain dari partai dan para pendukung partai akan meningkat pesat. Nah, ini waktunya merebut peluang bisnis di bidang-bidang tersebut. Ini beberapa daftar usaha sampingan yang berpeluang cuan di tahun ini dan tahun depan.

Daftar Bisnis Sampingan yang Potensial di 2023 dan 2024

1. Jual kue/katering/minuman

Beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa dibuat sendiri dan dijadikan usaha sampingan antara lain cold pressed juice, olahan pasta seperti spaghetti brulee, lasagna dan macaroni schotel, cookies atau lauk pauk seperti dendeng balado, ayam suwir kemangi, dan seterusnya. Modalnya kecil, mudah dijalankan, dan permintaannya masih tinggi.

2. Jasa menulis lepas

Hingga saat ini, kebutuhan akan jasa menulis konten masih tinggi, karena banyak website dan media sosial yang butuh diisi. Nyaris nggak perlu modal, tapi tetap menghasilkan. Rate per tulisan bisa mulai dari Rp50.000 hingga Rp1.500.000 per tulisan, tergantung jenisnya, apakah untuk media sosial, untuk website, press release dan seterusnya. Oya, tentunya kualitas tulisan juga memengaruhi harga, ya.

3. Bisnis makanan olahan beku

Ini adalah salah satu bisnis yang menghasilkan karena kebutuhan akan makanan siap saji cukup tinggi terutama di kalangan para ibu yang sibuk setiap harinya. Bisnis ini bisa mommies awali sebagai usaha sampingan sambil bekerja. Siapa tahu, ke depannya bisa jadi bisnis utama.

4. E-Commerce affiliator

Untuk menjadi e-commerce affiliator, mommies perlu mendaftar dulu sebagai affiliate di e-commerce kesayangan mommies. Lebih dari satu e-commerce pun boleh. Setelah itu promosikan produk-produk di e-commercec tersebut, beserta link affiliatornya di media sosial mommies. Semakin rajin posting, pastinya peluang pendapatan semakin tinggi.

Baca juga: Mengenal Virtual Assistant, Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

5. Perencana keuangan

Profesi ini masih terus bisa dijadikan bisnis sampingan sambil bekerja. Jangan lupa untuk mengantongi sertifikat sebagai financial planner terlebih dahulu sebelum menggeluti pekerjaan sampingan ini. Cara mendapatkan uangnya yaitu dengan menjadi konsultan, pembicara seminar atau webinar, memberikan kursus perencanaan keuangan di komunitas para ibu, maupun membuat konten di media sosial.

6. Percetakan

Di mana ada kampanye, di situ ada kebutuhan akan percetakan. Selama kampanye, ada permintaan tinggi akan banner, stiker, spanduk, umbul-umbul dari para partai. Bila ingin dijadikan usaha musiman, mungkin bisa sewa alatnya saja selama kampanye berlangsung agar modal tak terlalu besar.

Baca juga: Daftar Lowongan Pekerjaan yang Mencari Virtual Assistant

7. Bisnis pembuatan merchandise

Selain cetak-mencetak, merchandise adalah bisnis yang nggak kalah laris di kala pemilu. Dengan modal 3-5 juta, Anda bisa membuka usaha sampingan sablon kaos, mug, tumbler dan lain-lain.

8. Jasa kelola akun Instagram

Biasanya, para calon legislatif memerlukan media sosial untuk mendukungnya mempublikasikan visi, misi dan kegiatannya selama kampanye. Cobalah tawarkan jasa mengelola media sosial kepada para caleg, ini bisa jadi usaha yang menguntungkan jelang pemilu.

9. Jasa pembuatan website untuk partai/tim sukses pemilu

Jasa membuat website di jelang pemilu juga bisa jadi bisnis sampingan yang laris mengingat banyak calon legislatif, calon presiden, tim sukses hingga komunitas pendukung partai atau capres tertentu yang membutuhkan pencitraan yang baik. Sebarkan portfolio dan kembangkan jaringan buat meraih peluang di bidang ini.

10. Social media admin

Nyatanya, memposting konten, membalas komentar postingan dan direct message serta menghubungi influencer bisa menjadi satu tugas tersendiri yang mendatangkan cuan. Tak perlu skill untuk membuat konten, cukup kemampuan administratif dan ketelitian dalam menangani beberapa akun bisa menjadikan mommies seorang freelance social media admin.

Banyak lagi usaha sampingan yang bisa mendatangkan cuan di tahun ini dan tahun depan. Kuncinya, kretif mencari ide, kembangkan jaringan dan jeli melihat peluang.

Baca juga: Tak Perlu Sewa Lapak, Ini 15 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Mendatangkan Cuan

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan