banner-detik
VIDEOS

MD Ask the Expert: Tanda-tanda Anak Siap Sekolah, Bukan Dilihat dari Calistung

author

Dhevita Wulandari23 Jul 2023

MD Ask the Expert: Tanda-tanda Anak Siap Sekolah, Bukan Dilihat dari Calistung

Calistung bukan jadi syarat utama anak bisa dan siap masuk sekolah dasar. Ada beberapa syarat dan tanda anak siap masuk sekolah yang harus orang tua pahami.

Kebanyakan orang tua beranggapan kesiapan seorang anak masuk sekolah dasar adalah dengan sudah bisa calistung atau membaca, menulis, dan berhitung. Padahal, untuk menentukan anak sudah siap atau belum untuk bersekolah tidak hanya dilihat dari aspek calistungnya saja, melainkan ada beberapa aspek-aspek lainnya seperti kesiapan kognitif, motorik, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana jika anak sudah masuk sekolah padahal secara psikologis anak belum siap dan belum matang? Jangan khawatir, Mommies bisa melakukan beberapa hal untuk membantu anak lebih matang bersekolah.

Di MD Ask the Expert kali ini, Mommies Daily mengajak dan berkesempatan untuk berbincang dan bertanya langsung pada Binky Paramitha, M.Psi., Psikolog, seorang Psikolog Pendidikan dari Rumah Dandelion. Mulai dari usia ideal anak masuk sekolah dasar, apa saja hal yang perlu dimiliki seorang anak untuk menentukan dia siap atau tidak masuk sekolah dasar, hingga dampak jika orang tua memaksakan anak yang belum siap sekolah untuk masuk sekolah.

Untuk tahu pembahasan selengkapnya, Mommies bisa tonton obrolan Mommies Daily dan Psikolog Binky mengenai tanda-tanda anak siap sekolah di video berikut ini. Jangan lupa juga untuk like, comment, share, dan subscribe Youtube Channel Mommies Daily supaya Mommies tidak ketinggalan video terbaru dari Mommies Daily, ya!

BACA JUGA: 

MD Ask the Expert: Tips Anak Percaya Diri di Hari Pertama Masuk Sekolah Ala Psikolog Pendidikan

Daftar SD yang Tidak Mengharuskan Calistung di Jabodetabek

11 Rekomendasi Les Calistung di Jabodetabek, Bisa Online dan Offline

Cover: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan