banner-detik
EDUCATION

5 Hal yang Perlu Orang Tua Siapkan Saat Anak Transisi dari PAUD ke SD

author

Dhevita Wulandari17 Jul 2023

5 Hal yang Perlu Orang Tua Siapkan Saat Anak Transisi dari PAUD ke SD

Masa transisi anak dari PAUD dan masuk ke SD bisa menjadi fase penting bagi anak. Ini beberapa hal yang orang tua perlu siapkan.

Peralihan dari PAUD ke SD menjadi tahapan penting dalam perjalanan pendidikan anak. Masa peralihan atau transisi ini terjadi ketika anak siap untuk memulai pendidikan dasar formal. Salah satu tujuannya adalah untuk penyesuaian sosial dan emosional anak.

Sebab, umumnya anak akan mengalami perubahan dalam lingkungan dan rutinitas yang baru. Seperti berinteraksi dengan teman sebaya yang baru dan belajar mengelola emosi secara lebih mandiri.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Les Calistung di Jabodetabek, Bisa Online dan Offline

Hal yang Perlu Orang Tua Siapkan Saat Anak Transisi PAUD ke SD

Mengutip dari Instagram resmi @kemendikbud.ri, ada beberapa hal yang perlu orang tua siapkan saat anak akan masuk ke jenjang SD.

1. Ajak anak melakukan kegiatan fisik

Saat masa transisi anak dari PAUD ke SD, coba ajak anak untuk melakukan kegiatan fisik yang seru. Contoh kegiatannya seperti bermain olahraga kasti atau bermain benteng yang memiliki aturan, sehingga dapat mendukung ketangkasan yang membuat anak jadi terlatih.

2. Biasakan anak untuk merapikan barang sendiri

Anak biasanya mendapat banyak bantuan dari sang guru ketika duduk di PAUD. Namun, anak yang duduk di bangku SD diharapkan sudah bisa lebih mandiri.

Sehingga, untuk melatih kemampuan ini, orang tua bisa biasakan anak untuk merapikan barang-barangnya setelah digunakan. Mulai saja dari hal kecil seperti merapikan alat tulis atau mainan kesukaannya. Tujuannya agar dapat timbul rasa kepemilikan anak terhadap barang pribadinya.

Untuk tahu persiapan lainnya yang harus orang tua siapkan saat anak masuk SD, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini.

BACA JUGA: MD Ask the Expert: Tips Anak Percaya Diri di Hari Pertama Masuk Sekolah Ala Psikolog Pendidikan

Cover: Photo by Yan Krukau on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan