banner-detik
PARENTING & KIDS

10 Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita Favorit Ibu, Beserta Harganya

author

Dhevita Wulandari14 Jul 2023

10 Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita Favorit Ibu, Beserta Harganya

Jangan panik saat anak bapil atau batuk dan pilek. Ini beberapa rekomendasi obat batuk dan pilek yang bisa dibeli secara bebas dan dengan resep dokter.

Sakit batuk dan pilek pada anak bisa terjadi kapan saja karena berbagai penyebab, tidak selalu ketika musim hujan. Terlalu banyak minum es di bawah terik sinar matahari juga bisa menyebabkan anak terkena batuk dan pilek (bapil).

Sebagai orang tua, mengalami kondisi anak sakit bapil mendadak tentu khawatir dan pusing. Belum lagi kalau anak bayi dan balita menangis terus karena harus menahan demam, batuk, hidung tersumbat, bersin-bersin, nyeri otot, hingga nafsu makan hilang.

Rekomendasi Obat Batuk Pilek untuk Bayi dan Balita

Ini beberapa rekomendasi obat batuk pilek untuk bayi dan balita favorit ibu dan para Mommies dari MD Community.

1. Rhinos Junior

Rhinos Junior dapat dikonsumi anak di bawah 2 tahun dengan petunjuk dokter dan anak usia 2-5 tahun dengan 1/2 sendok takar (2,5 ml), 3 kali sehari. Obat ini mengandung Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleate yang dapat meringankan gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek. Dapat dikonsumi bersama atau tanpa makanan.

Harga: Rp44.200-62.600 per botol 60 ml.

2. Vicks Formula 44 Anak

Vicks Formula 44 Anak Sirup dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan 1 sendok takar, 5 ml, sesuai kebutuhan atau sesuai anjuran dokter. Obat ini dapat mengatasi batuk berdahak atau tidak berdahak pada anak, serta mengandung Dextromethorphan HBr dan Guaifenesin.

Harga: Rp7.500-Rp12.500 per botol 27 ml. Rp14.200-Rp23.600 per botol 54 ml.

3. Hufagrip Flu dan Batuk

Mengandung Paracetamol, Chlorpeniramin Maleat, Pseudoefedrin HCl dan Guaifenesin, Hufagrip Flu dan Batuk dapat meringankan gejala-gejala flu pada anak seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, sakit kepala, disertai batuk berdahak. Obat ini dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan 1 sendok takar, 5 ml, 3 kali sehari.

Harga: bersikar Rp24.500 per botol 60 ml.

4. Prospan

obat batuk pilek

Prospan berfungsi untuk meredakan gejala batuk berdahak yang terbuat dari obat herbal alami. Bisa juga diminum untuk gejala pilek anak-anak usia 1-5 tahun dengan takartan 2,5 ml, 3 kali sehari. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Harga: Rp103.915 per botol 100 ml.

5. Comtusi

obat batuk pilek

Harus menggunakan resep dokter, Comtusi dapat meringankan gejala batuk yang disebabkan alergi yang disertai batuk berdahak. Obat ini mengandung senyawa aktif Oksomemazin yang berfungsi mengurangi gejala yang timbul dari reaksi alergi termasuk batuk dan Guaifenesin yang berfungsi untuk mengencerkan dahak pada saluran pernafasan. Comtusi dapat diminum anak usia 2-6 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari.

Harga: Rp50.500 per botol 60 ml.

BACA JUGA: Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Sistem Imun Anak Menurun, Termasuk Jarang Main di Luar Rumah!

6. Oxoril

obat batuk pilek

Harus menggunakan resep dokter, Oxoril Sirup bisa diminum anak usia 2-6 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari. Obat ini mengandung Oxomemazine dan Guaiafenesin yang dapat membantu mengurangi batuk berdahak dengan reaksi alergi pada anak. Penggunaan obat ini juga sebaiknya diberikan saat perut kosong.

Harga: Rp26.000-Rp39.900 per botol 60 ml.

7. AnaKonidin

obat batuk pilek

Obat sirup batuk dan pilek untuk anak ini biasanya disukai anak karena memiliki rasa cherry. Dapat dikonsumsi anak usia 2-5 tahun dengan takaran 5 ml, 3 kali sehari. AnaKonidin mengandung zat aktif Dextromethorphan HBr, Guaifenesn, Pseudoephedrine dan Chlorpheniramine yang dapat mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk.

Harga: Rp4.000-Rp8.800, per botol 30 ml. Rp14.399 per botol 60 ml.

8. Lanos Drops

obat batuk pilek

Mengandung Pseudoephedrine HCl yang dapat meringanka gejala hidung tersumbat karena flu, obat ini dapat dikonsumi anak di bawah 2 tahun atas petunjuk dokter dan anak usia 2-5 tahun dengan takaran 0,,8 ml, 3 kali sehari.

Harga: Rp56.400-Rp62.000 per botol 15 ml.

9. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu Strawberry

obat batuk pilek

OBH Combi Anak Batuk Plus Flu dengan rasa strawberry ini mengandung Extract Succus liquiritae, Paracetamol, Ammonium Chlorida, Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleat yang mampu mengatasi gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat, sakit kepala hingga demam, yang disertai batuk. Dapat diminum anak usia 2-5 tahun dengan takaran 5 ml, 2-3 kali sehari. Namun, obat ini memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kantuk.

Harga: Rp12.100-Rp13.700 per botol 60 ml.

10. Sapujagad Alit Regas by Rahsa Nusantara

obat batuk pilek

Merupakan jamu, Sapujagad Alit Regas by Rahsa Nusantara juga menjadi salah satu pilihan favorit para ibu dan Mommies dari MD Community. Jamu ini mengandung Madu, Jahe Emprit, Lemon, Daun Mint, Kayu Secang, Adas Manis, Kencur, yang dapat mengurangi gejala flu dan batuk pada anak. Aman dikonsumi untuk anak mulai usia 1 tahun ke atas, dengan 1×2 sendok makan per hari.

Harga: Rp42.655

BACA JUGA: Daftar Obat Batuk Sirup yang Aman Dikonsumsi Anak dan Dewasa, Update Terbaru

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan