banner-detik
PARENTING & KIDS

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Sistem Imun Anak Menurun, Termasuk Jarang Main di Luar Rumah!

author

Katharina Menge13 Jul 2023

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Sistem Imun Anak Menurun, Termasuk Jarang Main di Luar Rumah!

Kalau Mommies ingin sistem imun anak tetap terjaga dan tidak menurun, cobalah untuk ajak mereka meninggalkan deretan kebiasaan ini!

Sistem imun pada anak-anak memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dilansir dari iCliniq, Dr. Thirumala Spoorthy. J, menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh yang sehat akan membantu anak melawan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, parasit, dan sel kanker. Sistem kekebalan terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein yang bekerja bersama.

Ada banyak cara untuk membangun imunitas tubuh anak, mulai dari konsumsi makanan sehat, olahraga, tidur yang cukup, hingga ditambah dengan asupan multivitamin. Namun ada pula deretan hal yang bisa menurunkan imunitas si kecil, termasuk daru aneka kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Main Anak yang Baru di Indonesia, Termasuk Tempat Main Golf!

Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Sistem Imun Anak

Ini dia deretan kebiasaan sehari-hari anak yang bisa bikin sistem imunnya menurun sehingga harus diubah dan dihilangkan demi menjaga anak tetap sehat.

1. Jarang bermain di luar rumah

Kebiasaan anak selalu main di dalam rumah, duduk, atau bermain ponsel seharian ternyata bisa menurunkan imunitas tubuh mereka. Jadi, sekarang adalah saatnya untuk mendukung anak untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Dilansir dari Parent Circle, anak yang tidak aktif secara fisik punya risiko memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Hal itu disebabkan karena mereka kurang olahraga yang kemudian membuat sel-sel yang bertugas melawan penyakit menjadi melemah.

Padahal dengan aktif bermain di luar ruangan, anak pasti akan mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh mereka sehingga bisa membantu kekebalan tubuh meningkat.

2. Kurang tidur

Siapa yang anaknya suka tidur larut malam bahkan sampai begadang? Wah, Mommies harus hati-hati karena hal ini bisa membuat sistem imun anak menurun. Sebab anak-anak itu butuh waktu sekitar 10-14 jam untuk tidur per hari, bergantung pada usia mereka.

Mommies bisa menambahkan jam tidur anak lewat tidur siang. Namun jika mereka tidak suka tidur siang atau tidak bisa, maka usahakan untuk membuat mereka tidur lebih cepat. Kurang tidur bisa menyebabkan stres yang akhirnya mencegah oksigen beredar dengan bebas di otak. Kondisi tersebut akan menurunkan sistem imun dan membuat tubuh anak lebih rentan terhadap penyakit.

3. Berlebihan konsumsi antibiotik

Ketika anak sakit, ada kemungkinan antibiotik akan diresepkan untuknya. Namun Mommies harus tahu bahwa penggunaan antibiotik yang berlebihan bisa menyebabkan resistensi pada anak, lho, terutama jika dikonsumsi tanpa mengikuti anjuran dokter.

Berlebihan mengonsumsi antibiotik akhirnya akan melemahkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Jadi, pastikan anak mengonsumsi antibiotik yang benar-benar dibutuhkan saat sakit dan itu berasal dari anjuran dokter, ya!

Untuk lihat kebiasaan lain yang bisa turunkan sistem imun anak, klik halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Beli Mainan Anak yang Murah Meriah dan Lengkap

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan