banner-detik
SELF

6 Resep Minuman Sehat untuk Kurangi Kolesterol Jahat, Wajib untuk Usia 30an

author

Dhevita Wulandari13 Jun 2023

6 Resep Minuman Sehat untuk Kurangi Kolesterol Jahat, Wajib untuk Usia 30an

Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya dengan konsumsi resep minuman sehat yang bisa dibuat di rumah berikut ini.

Punya kebiasaan makan yang tidak sehat, stres, pola tidur yang tidak teratur, hingga gaya hidup yang tidak seimbang tentu bisa memunculkan banyak penyakit. Salah satunya adalah kolesterol.

Untuk memerangi kolesterol jahat dalam tubuh, Mommies bisa lakukan dengan konsumsi minuman tertentu dan diminum setiap hari. Kebiasaan ini juga bisa membantu menurunkan berat badan, lho!

Banyak sekali jenis minuman yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol tubuh, apalagi jika mengandung senyawa penting.

BACA JUGA: Shokuiku, Pola Makan Ala Orang Jepang yang Bisa Cegah Buncit

Resep Minuman Sehat

Dilansir dari Medical News Today, ini beberapa resep minuman sehat yang bisa Mommies coba buat di rumah untuk mengurangi kolesterol jahat.

1. Susu Kedelai

Menjadi salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah, susu kedelai bisa menggantikan produk susu tinggi lemak untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kedelai juga lebih baik dikonsumsi dalam bentuk utuh dan olahan tanpa tambahan gula, garam, maupun lemak. Konsumsi 2-3 porsi minuman berbahan dasar kedelai setiap hari sama dengan mengonsumsi susu kedelai sebanyak 250 ml.

2. Smoothie Plant-Based

Mengontol kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa dengan mengonsumsi susu berbahan dasar nabati. Mommies bisa coba membuat smoothie menggunakan susu kedelai atau susu oat. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Campurkan 1 cangkir (250 ml) susu kedelai atau oat dengan buah dan sayuran penurun kolesterol. Pilihan buah dan sayuran ini bisa dengan menggunakan 1 buah pisang, 1 genggam anggir, 1 potong mangga atau melon, 2 buah plum kecil, 1 cangkir kale, atau 2/3 cangkir labu.

3. Teh Hijau

Teh hijau termasuk salah satu jenis minuman yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan kandungan katekin dan senyawa antioksidan, mengonsumsi teh hijau setiap hari bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

Untuk mengetahui resep minuman sehat lainnya, Mommies bisa lanjutkan baca dengan klik di sini, ya!

BACA JUGA: Tips Diet Ala Marshanda dengan Emotional Eating, Turun 9 Kg!

Cover: Image by Racool_studio on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan