banner-detik
EDUCATION

Anak Cerdas Masuk Kelas Akselerasi, Perlukah? Orang Tua Wajib Pertimbangkan Ini!

author

Katharina Menge11 May 2023

Anak Cerdas Masuk Kelas Akselerasi, Perlukah? Orang Tua Wajib Pertimbangkan Ini!

Kebanyakan anak yang cerdas dimasukkan orang tua mereka ke kelas akselerasi. Sebenarnya perlukah hal itu dilakukan? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Ketika anak menunjukkan kemampuan dirinya yang cerdas, kebanyakan orang tua berpikir dan mengambil keputusan untuk langsung memasukkan sang buah hati ke akselerasi. Padahal sebelum melakukan hal tersebut, ada banyak pertimbangan yang perlu Mommies dan Daddies pelajari dengan detail, lho!

Mengutip buku Manajemen Layanan Khusus di Sekolah oleh Wildan Zulkarnain, akselerasi berasal dari kata bahasa Inggris acceleration yang berarti percepatan. Kata tersebut didefinisikan sebagai salah satu bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan bagi peserta didik dengan kecerdasan dan kemampuan luar biasa, terutama untuk menyelesaikan pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Biasanya peserta didik akselerasi adalah anak yang memenuhi syarat percepatan belajar, dan salah satunya adalah memiliki IQ di atas rata-rata, sehingga bisa menyelesaikan masa studi lebih cepat.

BACA JUGA: Kata Psikolog Ini Cara Tepat Mengasah Kecerdasan Anak yang Punya IQ Tinggi

Lalu, perlukah anak cerdas masuk kelas akselerasi?

Menurut UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan istimewa dikenal dengan istilah peserta didik berbakat. Mereka memiliki kemampuan dan kecerdasan yang melebihi peserta didik yang sebaya dengannya.

Kecerdasan berhubungan dengan intelektual, sementara istilah kemampuan berhubungan dengan aspek non-intelektual. Bakat-bakat tersebut meliputi:

– Kemampuan intelektual umum
– Berpikir kreatif produktif
– Bidang seni
– Psikomotor atau kinestetik
– Psikososial, seperti bakat kepemimpinan

Untuk membantu Mommies mempertimbangkan apakah anak perlu masuk kelas akselerasi, ini beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

1. Memiliki karakteristik luar biasa, termasuk rasa ingin tahu kuat, minat yang luas, dapat berkonsentrasi dalam waktu panjang, daya abstraksi tinggi, dan lain-lain.

2. Menjalani penilaian psikologis, termasuk fungsi intelektual dan penyesuaian sosial-emosional oleh tim psikolog.

3. Memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata.

Selain melihat dan memantau anak sesuai dengan karakteristik mereka, Mommies juga perlu mempertimbangkan hal ini kepada psikolog atau tenaga pendudukan

Selain melalui pengamatan terhadap karakteristik anak, aspek ini juga perlu dilakukan pemeriksaan oleh tim psikolog atau tim tenaga kependidikan. Beberapa sekolah dengan program kelas akselerasi memiliki tim khusus untuk menyaring peserta didik. Biasanya ada banyak sekolah dengan program kelas akselerasi biasanya memiliki tim khusus untuk menyaring peserta didik.

Pertimbangan memilih kelas akselerasi

Seperti sudah dikatakan di atas, sebelum memutuskan memasukkan anak ke kelas akselerasi, akan lebih baik jika Mommies mempertimbangkan beberapa hal sebelumnya.

Untuk tahu info lengkapnya Mommies bisa lihat di sini!

BACA JUGA: 

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan