banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Tips Berbisnis dengan Sahabat Agar Tidak Berakhir dengan Keributan

author

Sisca Christina02 May 2023

Tips Berbisnis dengan Sahabat Agar Tidak Berakhir dengan Keributan

Sikap sahabat sebagai teman curhat bisa jadi berbeda ketika sudah jadi rekan bisnis. Pastikan Anda tahu aturan mainnya sebelum berbisnis dengan sahabat.

Berbisnis dengan sahabat pasti ada enak dan nggak enaknya. Enaknya, sudah saling percaya, saling tahu karakter dan kompetensi masing-masing, maka bisnis diharapkan bisa berjalan dengan lancar.

Sayangnya, saling percaya bukan satu-satunya modal yang diperlukan dalam berbisnis dengan sahabat. Dalam perjalanannya, masalah bisa muncul dan memicu perbedaan pandangan bahkan gesekan. Kalau sama-sama memiliki kemampuan problem solving yang bagus dan tahu bagaimana harus menempatkan hubungan personal dan profesional, semestinya masalah bisa diatasi. Kalau tidak, bisnis bisa berantakan, hubungan persahabatan pun bisa jadi taruhannya.

Supaya nggak banyak drama, ada rambu-rambu yang harus diterapkan saat berbisnis dengan sahabat.

Dos dan Don’ts Berbisnis dengan Sahabat

Dos

1. Satu visi, misi dan tujuan

Sebelum bisnis berjalan, penting buat mommies dan sahabat untuk memastikan visi, misi dan tujuan Anda sejalan. Setiap personil harus mempunya rasa memiliki yang sama, dan sepakat tentang apa yang ingin dicapai bersama. Jika yang satu menganggap bisnis ini hanyalah sampingan sebagai pengisi waktu luang, sementara bagi yang lain ini adalah bisnis utama, jelas visinya sudah tak sama. Jika memang tak sama, tak usah dipaksakan, ketimbang di perjalanan banyak masalah.

2. Tentukan peran dan tugas masing-masing secara jelas

Jika kompetensi kita di bidang strategi marketing, sementara sahabat di bidang operasional, maka pastikan masing-masing melakukan tugasnya dengan baik. Untuk pekerjaan lain di luar tugas utama, bisa dibagi bersama. Namun, jika tak bisa ditanggung bersama, jangan sungkan untuk mempekerjakan orang tambahan. Ini agar salah satu tak merasa beban kerjanya lebih berat dari yang lain.

3. Bersikap transparan

Sesama kolega yang bukan sahabat saja wajib bersikap transparan dalam berbisnis, apalagi dengan sahabat sendiri. Mulai dari urusan keuangan, klien, nilai proyek hingga ada urusan pribadi apa yang membuat kita harus izin dari pekerjaan, perlu diinformasikan kepada sahabat yang sekarang sudah jadi partners bisnis.

4. Saling back up

Enaknya berbisnis dengan sahabat, bisa saling back up ketika salah satu berhalangan hadir meeting dengan klien karena anak sakit, ada kabar duka atau urusan mendesak lainnya. Tapi ingat, jangan keterusan mengandalkan sahabat ya, lama-lama ia pun bisa kesal jika kita keseringan nggak hadir.

5. Pisahkan antara urusan personal dan profesional

Dalam berbisnis, gesekan sangat mungkin terjadi. Nggak mungkin mulus terus. Bila itu terjadi, pastikan urusan profesional nggak menciderai urusan pertemanan. Sebaliknya, toleransi untuk urusan personal pun harus dibatasi agar tak mengalahkan prioritas bisnis bersama.

6. Bersikap adil dalam pembagian keuntungan

Adil bukan berarti semua selalu mendapatkan nilai yang sama. Bisa saja teman lebih banyak mendatangkan keuntungan bagi perusahaan atau melakukan tugas lebih banyak sehingga layak diapresiasi lebih. Bersikap adil artinya setiap personil mendapatkan hak yang sesuai dengan bagiannya masing-masing. Setiap anggota harus rela hati menerimanya.

7. Lakukan evaluasi berkala

Evaluasi bisnis penting dilakukan untuk memperbaiki apa yang kurang, dan menentukan langkah bisnis selanjutnya. Tak perlu merasa canggung ketika Anda dan sahabat saling mengevaluasi. Tetap legowo saat menerima masukan dan respectful saat menyampaikan pandangan bisa menjaga hubungan sahabat sekaligus bisnis tetap baik.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Bisnis Syariah

Don’ts

1. Mengambil keputusan sepihak

Bisnis milik bersama, jadi hal-hal penting yang menyangkut bisnis harus didiskusikan dan diputuskan bersama. Misalnya, keputusan untuk menerima proyek atau memutus sebuah kontrak, mempekerjakan karyawan, mengeluarkan dana untuk kebutuhan tertentu, dan seterusnya.

2. Merasa paling berjasa

Ingat, Anda dan sahabat berada di level yang setara. Sahabat bukanlah bawahan Anda, ataupun sebaliknya. Jangan sampai salah satu merasa paling berjasa dan akhirnya mendominasi bisnis. Diskusikan kembali hak dan kewajiban masing-masing jika dirasa perlu.

3. Nggak enakan

Apabila salah satu rekan bisnis memang melakukan kesalahan dan perlu mendapat teguran, lakukanlah. Jangan karena sahabat sendiri lalu merasa nggak enakan dan akhirnya merugikan bisnis bersama.

Kalau setiap pihak sama-sama sepakat untuk menjalankan aturan saat berbisnis dengan sahabat, pasti bisa berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis? Perhatikan 5 Hal yang Paling Mendasar Ini!

Follow us on Instagram

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan