banner-detik
PARENTING & KIDS

5 Kebiasaan Anak Bungsu, Nomor 3 Sering Bikin Elus Dada

author

Dhevita Wulandari11 Apr 2023

5 Kebiasaan Anak Bungsu, Nomor 3 Sering Bikin Elus Dada

Kebiasaan setiap anak pastilah berbeda. Sebagian orang tua berpendapat menghadapi anak bungsu memang harus lebih sabar. Ini beberapa kebiasaan anak bungsu yang umum terjadi.

Setiap orang dalam keluarga pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu sesuai dengan kepribadiannya, tidak terkecuali si anak bungsu. Sebagai anak yang paling muda di dalam keluarga, pasti ada tingkah anak paling muda yang kadang bikin bangga, tapi juga kadang bikin elus dada sambil bilang “Sabarrr”.

Dari para orang tua di MD Community, ini beberapa kebiasaan anak bungsu yang sering terjadi.

1. Cepat bisa melakukan dan meniru

Pada umumnya anak bungsu mampu melakukan atau mencontoh sesuatu dengan cepat. Hal ini dikarenakan ia sering melihat kebiasaan atau hal-hal yang dilakukan oleh kakak-kakaknya. Sehingga ia lebih mudah meniru kebiasaan atau perintah yang sering disuruh orang tua dengan lebih baik.

2. Berjiwa bebas

Anak paling muda dalam keluarga biasanya jarang diberikan dan mendapatkan tanggungjawab yang berat dari orang tua. Sehingga, ia lebih leluasa dan memiliki banyak waktu dan cara untuk mengerjakan dan melakukan aktivitas yang ia sukai.  

BACA JUGA: 4 Kesalahan Orang Tua saat Komunikasi dengan Anak Remaja yang Bikin Anak Malas Terbuka

3. Tidak suka mengikuti tradisi keluarga

Anak bungsu juga sering kali tidak suka mengikuti tradisi keluarga di rumah. Mereka menganggap tradisi keluarga di rumah tidak fleksibel atau bahkan membosankan. Sehingga anak bungsu cenderung mengikuti keinginannya sendiri. Misalnya dalam memilih jurusan kuliah, memilih profesi pekerjaan yang ia sukai, hingga memilih pasangan.

4. Suka berasa paling disayang

Karena menjadi anak paling kecil dalam keluarga, si anak bungsu sering merasa dialah yang paling disayang terutama oleh ibunya. Hal ini kerap membuat pertengkaran antara si bungsu dengan kakak-kakaknya dan bikin orang tua jadi punya PR untuk menjelaskan ke anak-anak bahwa semuanya diberikan kasih sayang yang sama rata tanpa pilih kasih.

5. Apa-apa mengadu ke orang tua

Bahkan sampai hal sekecil ketika si kakak mengambil makanannya pun, si bungsu akan mengadu manja ke orang tuanya. Lagi-lagi hal ini bisa menjadi lapak munculnya keributan antara para kakak dengan si bungsu. Namun tidak perlu ditanggapi serius, sering kali mereka hanya bercanda untuk mendapatkan perhatian dari orangtuanya, kok, Mommies.

BACA JUGA: 6 Kesalahan Ini Bisa Bikin Tantrum Anak Makin Parah dan Berbahaya di Masa Depan

Cover: Photo by Brett Sayles on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan