banner-detik
LIFESTYLE

Murah Meriah! Ini 10 Jenis Ikan Selain Salmon yang Bergizi untuk MPASI

author

Sisca Christina06 Apr 2023

Murah Meriah! Ini 10 Jenis Ikan Selain Salmon yang Bergizi untuk MPASI

Nggak harus selalu salmon, ikan-ikan murah meriah ini juga sering dianjurkan ahli gizi untuk MPASI. Sudahlah bergizi, mudah dicari, ramah di kantong lagi.

Entah apakah marketing dari produsen ikan salmon sebagus itu, sehingga ketika bicara soal per-MPASI-an di kalangan para ibu, salmon sering disebut-sebut. Memang, sih, salmon punya kandungan gizi yang sangat baik dan diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Namun, nggak hanya salmon, lho, jenis ikan yang bagus untuk MPASI. Banyak jenis ikan lain yang juga memiliki kandungan gizi sebaik salmon, atau lebih baik dari salmon yang sering kita temui di pasar sehari-hari. Harganya pun murah meriah! Apa saja?

10 Jenis Ikan Murah Meriah dan Bergizi untuk MPASI

1. Kembung

Sedari kecil, ibu saya sering menyajikan ikan kembung sebagai santapan keluarga. Siapa sangka, ikan murah meriah ini punya kandungan protein, DHA dan omega 3 yang lebih tinggi dari ikan salmon? Selain itu, ikan kembung juga mengandung vitamin D, fosfor dan vitamin B12. Maka dari itu, ikan ini sering direkomendasikan oleh dokter anak dan ahli gizi untuk MPASI bayi.

Harga: Rp30.000an-Rp50.000 per kg isi 7-8 ekor.

2. Lele

Ikan berkumis ini bisa jadi opsi untuk MPASI bayi. Pasalnya, ikan ini mengandung protein dan lemak yang tinggi. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia Di dalam 100 gram ikan lele terkandung 7,8 gram protein, 36,3 lemak, fosfor 295 mg, kalsium 289 mg dan energi sebesar 372 kalori. Dagingnya berwarna putih dan bertekstur lembut, durinya pun termasuk mudah disisihkan. Ikan murah meriah ini pas untuk MPASI bayi.

Harga: Rp35.000an per kg isi 8 ekor.

3. Teri

Kecil-kecil cabe rawit, walau kecil, gizinya selangit. Itulah ikan teri. Mungkin teri nggak sepopuler ikan lainnya untuk MPASI. Tapi kalau sudah tahu bahwa ikan teri berkalsium tinggi, pasti mommies langsung tertarik mencoba. Di dalam 100 gram ikan teri mengandung 1.200 mg kalsium, 1.500 mg fosfor, 33,4 gram protein. Ikan ini mengandung lemak dan zat besi juga. Nggak usah khawatir dengan rasa asinnya, mommies bisa akali dengan merendamnya beberapa menit di air hangat sebelum diolah. Harganya juga murah meriah. 250 gram teri bisa diolah hingga 7-10 kali MPASI.

Harga: Rp35.000-45.000 per 250 gram

4. Belut

Ikan murah meriah selanjutnya yang mommies bisa oleh untuk MPASI anak adalah belut. Belut dipercaya bisa memperkuat kesehatan tulang dan giginya. Ini karena belut mengandung vitamin D, kalsum, kalium, fosfor dan protein yang berguna untuk pembentukan jaringan tulang serta gigi anak.

Harga: Rp40.000-Rp60.000 per 500 gram

5. Mujair

Mujair termasuk ikan yang mudah didapat. Untuk menu MPASI, mujari bisa digoreng, tumis, kukus atau dibuat bubur tim. Energi dalam 100 gram mujair cukup tinggi yaitu 416 kalori. Proteinnya pun tak kalah tinggi yaitu 46,9 gram. Selain kaya akan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang, mujair juga kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata bayi.

Harga: Rp30.000-40.000 per kg isi 3-4 ekor.

Baca juga: 10 Buah Terbaik Untuk MPASI

6. Patin

Ikan murah meriah untuk MPASI berikutnya yaitu patin. Bagi bayi, patin dapat menjadi sumber protein, membantu menambah masa otot, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, dan sumber nutrisi baik untuk kecerdasan otak. Ikan patin juga relatif mudah didapat di pasar.

Harga: Rp35.000-40.000 per kg.

7. Kakap merah

Kakap merah memiliki kandungan gizi yang bisa membantu meningkatkan sistem otak pada bayi serta meningkatkan jaringan fungsional utama otak yang mengatur semua organ vital. Selain itu, kakap merah juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata si kecil. Itulah sebabnya ikan ini sering direkomendasikan oleh ahli gizi untuk MPASI bayi.

Harga: Rp70.000-80.000 per kg

8. Dori

Ikan bertekstur warnah putih dan bertekstur sangat lembut ini bisa menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk MPASI bayi. Dori kaya akan gizi seperti DHA, vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, juga kalsium. Selain baik untuk tumbuh kembang bayi, ikan dori juga baik untuk pencernaan sehingga bayi tak mudah sembelit.

Harga: Rp45.000-70.000 per kg.

9. Nila

Tinggi protein, mengandung asam lemak omega 3 dan selenium membuat ikan ini layak dijadikan salah satu menu MPASI bayi. Kebaikan ikan nila bisa memperkuat sel untuk mencegah munculnya risiko penyakit berbahaya pada otak si kecil.

Harga: Rp40.000 per kg isi 3-4 ekor.

10. Ekor kuning

Mommies bia buat sop ikan, tim ikan atau tumisan untuk MPASI menggunakan ikan ekor kuning yang murah meriah. Selain ramah di kantong, ikan ini kaya akan protein, omega 3 dan omega 6 yang membantu mencerdaskan otak anak. Mendapatkannya juga nggak susah, ada di pasar tradisional maupun supermarket.

Harga: Rp65.000-75.000 per kg.

Foto: detik.com

Baca juga: 8 Rekomendasi Slow Cooker Untuk MPASI dengan Harga Terjangkau

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan