banner-detik
PARENTING & KIDS

Para Orangtua dari Anak Laki-laki, Ini 7 Hal yang Penting Diajarkan ke Anak Laki-laki Kalian

author

Dhevita Wulandari08 Mar 2023

Para Orangtua dari Anak Laki-laki, Ini 7 Hal yang Penting Diajarkan ke Anak Laki-laki Kalian

Bagi para orang tua yang memilik anak laki-laki, ternyata ada beberapa hal dasar yang harus dan penting diajarkan ke anak laki-laki. Apa saja?

Mendidik anak agar menjadi seseorang yang tumbuh dengan baik tentu menjadi tantangan dan tanggung jawab besar bagi setiap orang tua. Orang tua juga menjadi sosok yang diandalkan dan dicontoh anak dalam membentuk sikapnya di masa depan.

Berdasarkan penelitian, ada perbedaan dalam gaya pengasuhan sesuai dengan jenis kelamin anak. Dikutip dari iMom, ini 7 hal yang penting diajarkan pada anak laki-laki sejak kecil.

1. Mengekspresikan diri

Coba ajak bicara anak laki-laki Mommies dan bantu dia mengungkapkan perasaannya. Terkadang, anak laki-laki lebih sulit mengungkapkan perasaannya dibanding anak perempuan. Dengan membiasakan anak laki-laki untuk bisa mengekspresikan dirinya sejak kecil, anak akan terbiasa untuk mengungkapkan dan menunjukkan apa yang sebenarnya ia rasakan dan pikirkan.

2. Bekerja keras

Mampu bekerja keras bukan hanya bagus untuk masa depan, tapi juga bagus untuk membentuk self-esteem anak sejak sejak kecil. Pekerjaan yang dilakukan dengan baik membuat anak laki-laki merasa dirinya mampu. Jadi, berikan anak laki-laki Mommies kesempatan untuk melihat kemampuan dirinya, dari awal hingga akhir.

3. Kalah itu tidak apa-apa

Jelaskan pada anak laki-laki, kalah itu bukan berarti tidak bisa berusaha lagi. Ajarkan untuk menerima kemenangan dan kekalahan dengan rendah hati. Kemudian, cobalah lagi.

BACA JUGA: 7 Penyebab Perilaku Berbahaya pada Remaja, Nomor Lima Sering Nggak Kita Sadari

4. Kendalikan amarah

Anak laki-laki terlahir dengan hormon testosteron yang membuat mereka lebih cenderung mudah marah. Mulai ajarkan anak laki-laki bahwa ia harus menjadi bos dan pengendali dari kemarahan dan tindakannya.

5. Bertanggung jawab atas tindakannya

Ajarkan bahwa segala tindakan dan pilihan yang dibuat memiliki konsekuensi. Bantu anak laki-laki melihat bahwa ketika ia memilih untuk bertindak dengan cara tertentu, dia juga harus berpikir tentang apa yang akan dihasilkan oleh tindakan tersebut. Lalu, ajari juga bahwa dia harus siap mempertanggungjawabkan tindakan dan perbuatannya.

6. Membantu orang lain

Tumbuhkan kesopanan dan kesadaran dengan mengajarkan anak laki-laki untuk membantu orang lain tanpa diminta, terutama kepada orang yang membutuhkannya. Ketika anak sudah melakukannya, pujilah dia secukupnya dan tidak berlebihan.

7. Merawat diri sendiri

Tentu Mommies tidak ingin anak laki-laki tumbuh menjadi pribadi yang manja dan tidak disiplin pada dirinya sendiri. Anak laki-laki juga harus bisa merawat dirinya sendiri, seperti bisa membersihkan kamar, meletakkan pakaian kotor ke tempat cucian atau bahkan bisa mencuci pakaiannya sendiri, hingga berbelanja bahan makanan dan kebutuhan pribadi sendiri.

BACA JUGA: Penting bagi Orangtua: Ajarkan Anak Kemampuan Menyelesaikan Konflik, Ini Tipsnya!

Cover: Photo by Sergey Makashin on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan