banner-detik
LIFESTYLE

4 Rekomendasi Drama Korea Slice of Life, Bantu Memberi Semangat untuk Diri

author

Mommies Daily04 Mar 2023

4 Rekomendasi Drama Korea Slice of Life, Bantu Memberi Semangat untuk Diri

Angkat tema kehidupan dan kematian, ini deretan rekomendasi drama Korea bergenre slice of life yang punya banyak pelajaran yang bisa dipetik!

Penulis: Kirana DJ

Ada kalanya kita merasa hidup kita B aja. No purpose in life. Nggak ada achievement, nggak ada prestasi, jadi manusia sekedar hidup doang nggak ada eksistensinya, nggak ada gunanya buat orang lain, dan boro-boro jadi pahlawan. Pikiran kayak gini toxic banget, nggak, sih? Apalagi buat yang suicidal, bisa triggering juga, ya.

Kalau sudah begini, biasanya saya butuh tontonan yang bisa kasih insight, memberi semangat, atau malah kadang membuat mind blowned.

BACA JUGA: Tips Parenting Ratu Hwaryeong di Drama Korea Under The Queen’s Umbrella

Rekomendasi Drama Korea Slice of Life

Ada beberapa judul drama Korea yang buat saya kisah dan plotnya menarik. Berikut saya rangkum beberapa rekomendasinya yang mungkin juga bisa memberi semangat Anda!

1. Move To Heaven (2021, 10 episode)

Drakor ini mungkin sudah banyak yang nonton karena cukup hits juga di awal masa tayangnya. Kisahnya tentang perusahaan yang melayani jasa membersihkan rumah orang yang meninggal dalam kesendirian, atau jauh dari keluarga.

Bagaimana tim pembersih mendoakan, memperkenalkan diri, dan minta izin kepada mendiang sebelum menjalankan tugasnya, sebagaimana berhadapan dengan manusia yang masih hidup.

Memperlakukan barang-barang sederhana peninggalan mendiang seperti harta karun (yang mana bagi keluarga yang ditinggalkan memang serupa harta berharga), bisa membuat kita berpikir bahwa tiap manusia berharga, punya jalan hidup masing-masing, dan keberadaannya punya arti bagi siapapun yang mengenalnya.

Meski sayangnya hal itu, baik bagi yang meninggal maupun yang ditinggalkan, suka terlambat disadari.

Oh, ya, fun fact drakor ini, pemeran utamanya belum boleh nonton saat drama dirilis karena dilabel 18+, sementara dia masih 18 tahun kurang beberapa bulan.

Pemain: Tang Joon-Sang, Lee Je-Hoon.

2. Tomorrow (2022, 16 episode)

Bersetting di akhirat, divisi khusus di bagian Kematian mempunyai job desk yang unik. Alih-alih mencabut nyawa seperti tim lain, tim khusus ini justru mencegah kematian karena bunuh diri. Karena konsekuensi dari mati bunuh diri itu berat. Ada hukuman ekstra yang harus dijalani mereka yang mati bunuh diri, termasuk kehilangan privilege-privilege tertentu, seperti reinkarnasi.

Di sini kita diperlihatkan berbagai alasan yang bisa membuat orang berpikir untuk mati. Alasan yang mungkin sederhana bagi sebagian orang, tetapi ternyata bisa jadi berat dan membuat sebagian lain putus asa tanpa ada jalan keluar.

Meski diselingi humor-humor ringan, siapkan tisu saat menonton drakor ini, ya. Beberapa episodenya bisa membuat mata tiba-tiba seperti diolesi bawang.

Pemain: Kim Hee-Seon, Ro Woon, Lee So-Hyuk, Yun Ji-on.

3. About Time (2018, 16 episode)

Apa yang kira-kira akan dilakukan kalau kita tahu berapa lama sisa waktu kita (atau orang lain) hidup di dunia ini? Orang yang kelihatan sehat ternyata timernya tinggal sedikit, sementara yang sakit parah ternyata timernya masih lama karena nantinya akan sembuh.

Drakor ini tentang seseorang yang bisa melihat timer hidup orang lain. Sayangnya meski tahu, dia nggak mungkin ngasih tahu yang bersangkutan. Siapa yang bakalan percaya memangnya?

Di sisi lain, dia juga punya timer yang berjalan terus, seiring dengan masalah hidupnya sendiri. Yaitu ketemu jodoh saat timer sudah menjelang habis.

Pemain: Lee Sang-Yoon, Lee Sung-Kyung.

4. May I Help You? (2022, 16 episode)

Memilih bekerja sebagai petugas pemulasara jenazah karena nggak punya skill untuk pekerjaan yang lebih bagus, ternyata harus dibarengi dengan mental baja. Selain harus tahan dari pandangan kebanyakan orang yang menganggap pekerjaan tersebut kotor atau menjijikkan, juga karena jenazah bisa tiba-tiba bangun memohon pertolongan terakhir.

Di sini kita juga jadi dapat pencerahan bahwa pemikiran mereka yang ditinggalkan dan mereka yang meninggal bisa saling berkebalikan karena sudah berbeda kepentingan.

Di sisi lain kita juga diperlihatkan realita perusahaan start-up yang dibangun dengan konsep yang sebetulnya simpel, punya tingkat keberhasilan tinggi, dan mudah dijalankan, tetapi tetap ada saja masalahnya.

Bagaimana dua bidang ini bisa saling berkait di plot drakor ini?

Pemain: Lee jun-Young, Hyeri.

Ada yang menarik untuk ditonton dari rekomendasi drama Korea di atas? Atau malah sudah menonton semua, Moms?

BACA JUGA: 8 Drama Korea Terpopuler Ala Warga Twitter, Peringkat Pertama Bikin Susah Move On

Foto: AsianWiki, Instagram/tvndrama

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan