banner-detik
SELF

Bagus untuk Diet, Ini Cara Membuat Air Lemon dan Manfaatnya

author

Dhevita Wulandari17 Feb 2023

Bagus untuk Diet, Ini Cara Membuat Air Lemon dan Manfaatnya

Berkhasiat dan bagus untuk diet, ternyata ada cara membuat air lemon dan waktu yang tepat untuk meminumnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cek juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Air lemon memang sangat segar dikonsumsi apalagi ditambah dengan es. Selain bisa menyegarkan, ternyata minum air lemon juga bermanfaat bagi tubuh, lho!

Dilansir dari Healthline, beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman rendah kalori saat makan dapat menurunkan jumlah keseluruhan kalori yang dikonsumsi dalam makanan. Meski air lemon tidak bebas kalori, tapi ia dapat menghasilkan efek yang bisa membantu mengurangi asupan kalori.

Masih mengutip dari sumber yang sama, beberapa bukti menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi air lemon saat sedang diet bisa meningkatkan penurunan berat badan. Hal ini disebabkan peningkatan asupan air yang dapat membantu merangsang penurunan berat badan karena air lemon dapat membuat rasa lebih kenyang.

Studi pada 2008 telah mengamati efek meminum air lemon untuk diet pada 24 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas. Studi tersebut menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air sebelum sarapan mampu menurunkan jumlah kalori yang dari makanan yang dikonsumsi sebesar 13%.

BACA JUGA: Fakta Serial Netflix ‘The Glory’, Termasuk Song Hye Kyo yang Rela Diet Keraas!

Satu buah lemon berukuran sedang hanya mengandung sekitar 17 kalori tetapi menyediakan 76% dari asupan vitamin C harian. Bukan hanya itu, lemon juga mengandung mineral penting lainnya seperti potasium dan vitamin B6.

Cara membuat air lemon untuk diet

1. Pakai air hangat

Dilansir dari India Today, salah satu cara membuat air lemon untuk diet yang terbaik adalah dengan mencampurkan beberapa irisan lemon atau perasannya dengan air hangat.

2. Tambahkan madu

Jika tidak suka terlalu asam, Mommies juga bisa tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat yang sudah dimasukkan irisan atau perasan lemon. Cara ini juga efektif menurunkan berat badan saat diet.

Waktu terbaik minum air lemon untuk diet

Minum air lemon untuk diet disarankan pada pagi hari, karena sangat efektif dalam menghilangkan lemak perut. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya konsumsi air lemon saat perut masih kosong.

Lalu, bagaimana manfaat air lemon untuk diet maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan? Yuk cek manfaatnya di halaman selanjutnya.

BACA JUGA: 5 Cara Efektif Bikin Perut Rata tanpa Diet Menyiksa, Lakukan Ini Setiap Hari!

Cover: Photo by Julia Zolotova on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan