banner-detik
MARRIAGE

3 Tips Merawat Komitmen Saat Long Distance Marriage

author

Mommies Daily09 Feb 2023

3 Tips Merawat Komitmen Saat Long Distance Marriage

Tidak mudah untuk melakukan Long Distance Marriage (LDM), 3 tips berikut ini bisa merawat komitmen kamu dan pasangan saat sedang Long Distance Marriage.

Ditulis oleh: Putri Azzahra

Harus pintar merawat komitmen mungkin menjadi tantangan besar yang dihadapi oleh pasangan saat menjalani Long Distance Marriage (LDM). Pasti tidak mudah dan akan penuh tantangan untuk pasangan LDM untuk menjaga komitmen. Walaupun sudah saling percaya, tetap saja ada usaha ekstra yang harus dilakukan agar hubungan bisa terus terawat dengan baik, karena cinta yang berasal dari manusia itu terbatas bentuknya.

Tenang saja, komitmen selalu bisa kita rawat dan perkuat. Mommies Daily sempat berbincang dengan Rani Anggraeni Dewi, seorang certified couple relationship therapist dan conscious marriage advocate dan membahas tips untuk menguatkan komitmen saat sedang LDM. Yuk intip tipsnya.

BACA JUGA: Bare Minimum dalam Sebuah Hubungan, Apa Itu?

1. Tujuan

Ketahui dan yakinlah dengan tujuan Anda menikah. Penting untuk pasangan menyadari tujuan dalam menikah untuk menguatkan komitmen. Tujuan ini seringkali mudah terlupakan, maka dari itu perlu ditopang dengan,

2. Value/nilai

Nilai yang dipercayai oleh Anda dan juga pasangan, bisa mendukung kalian mencapai tujuan pernikahan. Nilai seperti kejujuran, toleransi, empati, kerjasama, dan tanggung jawab bisa kalian pertimbangkan untuk menguatkan komitmen selama LDM. Dikarenakan cinta dari manusia yang terbatas, maka dia tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga harus ditopang oleh value-value yang lain sehingga bisa kokoh komitmen yang dibangun.

3. Keterampilan komunikasi

Dengan adanya jarak yang memisahkan Anda dengan pasangan, keterampilan dalam komunikasi sangat dibutuhkan. Memiliki keterampilan komunikasi seperti memberi apresiasi, memvalidasi emosi, hingga meregulasi emosi dapat membantu menguatkan komitmen dan merawat hubungan ketika kita berjarak. Terbukalah dengan pasangan tentang apa yang anda butuhkan dan inginkan.

BACA JUGA: Dari Venna Melinda dan Ferry Irawan, Saya Belajar 4 Hal Ini

saat long distance relationship

Foto: Dok. Istimewa

Jika Anda tertarik untuk memahami cara menguatkan komitmen dalam pernikahan, Anda bisa membaca buku “Untuk Apa Bertahan” karya Rani Anggraeni Dewi. Di dalam buku tersebut, Rani mengupas mengenai komitmen dan memiliki pernikahan dengan kesadaran. Buku ini bisa Anda dapatkan secara eksklusif melalui Tokopedia The Bride Dept dengan harga Rp185.000.

Cover: Photo by Megapixelstock on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan