banner-detik
EDUCATION

5 Penyebab Anak Stres di Sekolah dan Rekomendasi Psikolog Pendidikan

author

Katharina Menge24 Jan 2023

5 Penyebab Anak Stres di Sekolah dan Rekomendasi Psikolog Pendidikan

Jika anak mengalami kesulitan dengan sekolah atau pendidikannya, lebih tepat konsultasikan ke psikolog pendidikan dan ini rekomendasi dari kami.

Kalau anak punya banyak masalah tentang hal-hal di sekolah atau terkait proses belajar mengajarnya, mungkin akan lebih tepat untuk membicarakan masalah ini dengan psikolog pendidikan ketimbang psikolog anak.

Dikutip dari Bonnie B. Strickland di buku The Gale Encyclopedia of Psychology, psikologi pendidikan adalah bidang psikologi yang mempelajari fenomena dinamika kejiwaan dan perilaku individu yang ada dalam proses pendidikan.

Jadi, ketika Mommies menemukan si kecil stres menghadapi deretan masalah di sekolah atau lingkup pendidikannya, akan lebih baik bertanya hal itu kepada psikolog yang memang fokus membahas pendidikan.

BACA JUGA: Tren 2023: Dari Pola Asuh, Pendidikan, Dunia Kerja Hingga Gaya Hidup

Deretan Masalah Sekolah yang Bikin Anak Stres

Memangnya apa saja yang bisa bikin anak stres menghadapi sekolah? Ini beberapa daftarnya!

1. Tes atau ujian mendatang

Banyak anak khawatir perihal mendapatkan nilai bagus dan apakah mereka punya waktu yang cukup untuk belajar lebih dari satu materi ujian yang akan datang. Stres mengadapi ujian tidak hanya memengaruhi siswa yang sedang berjuang, tetapi juga anak berprestasi tinggi karena biasanya mereka mendapatkan banyak tekanan dari sekita.

2. Terlalu banyak PR

Ketika anak kewalahan atau frustrasi dengan pekerjaan rumah, itu membuatnya lebih sulit untuk menyelesaikan tugas. Hal ini dapat menyebabkan siklus stres yang justru membuat PR menumpuk dan anak tidak punya waktu atau energi untuk menyelesaikan semuanya, yang menimbulkan stres baru.

3. Beban pikiran berlebih

Anak-anak juga bisa punya beban pikiran yang berlebihan, lho. Ini sangat umum bagi siswa sekolah menengah kelas akhir ketika mereka mulai membuat rencana untuk menentukan tempat kuliah mereka selanjutnya.

4. Tidak punya waktu istirahat

Dari pagi sekolah lalu dilanjut les yang beruntun sampai malam juga bisa sebabkan anak stres, Moms. Anak dengan jadwal super sibuk bisa dengan cepat menjadi kewalahan karena tidak memiliki waktu luang untuk bersantai. Seiring perkembangan dari SD ke SMA, jumlah dan tingkat kesulitan tugas sekolah meningkat, dan anak tanpa manajemen waktu yang baik dapat mengalami lebih banyak stres.

5. Ketakutan berpartisipasi di kelas

Untuk anak-anak usia sekolah, dipanggil ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan atau menjelaskan sesuatu bisa jadi hal yang sangat menakutkan. Apalagi jika anak kesulitan mengikuti mata pelajaran tertentu. Stres tentu tidak bisa dihindari.

Rekomendasi Psikolog Pendidikan

Ketika merasa anak butuh bantuan ahli untuk mengatasi stresnya di sekolah, maka Mommies akan membutuhkan bantuan dari psikolog pendidikan. Tujuannya tentu saja supaya bisa mencari jalan keluar yang tepat mengatasi stres anak sekaligus membuat proses pendidikannya kembali berjalan dengan lancar.

1. Tiga Generasi

Psikolog: Kara Handali, M.Psi., Psikolog dan Rafika Ariani, M.Psi., Psikolog
Email layanan: klinik@tigagenerasi.id
Telepon: 081327001126

2. Berbagi Cerita

Psikolog: Fika Astridianingrum, M.Psi.,Psikolog
Email: info@berbagicerita.id
Telepon: 085155225026

3. Rumah Dandelion

Psikolog: Agstried E. Piether, M. Psi., Psikolog, Binky Paramitha, M. Psi., Psikolog, dan Orissa Anggita, M. Psi., Psikolog
Email: adm@rumahdandelion.com
Telepon: 0812 84891683

BACA JUGA: SMA untuk Para Ibu Remaja, Bantu Mereka Dapat Pendidikan Terbaik

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS