banner-detik
EDUCATION

SMA untuk Para Ibu Remaja, Bantu Mereka Dapat Pendidikan Terbaik

author

Katharina Menge11 Jan 2023

SMA untuk Para Ibu Remaja, Bantu Mereka Dapat Pendidikan Terbaik

Ternyata ada SMA yang dibuka khusus untuk para remaja yang sudah melahirkan alias menjadi ibu! Lihat faktanya di sini!

Menjadi ibu di usia remaja bukan hal yang mudah. Di saat semua anak di usia ini sibuk sekolah, bermain, atau bermanja dengan orang tuanya, mereka justru harus bertanggung jawab pada sebuah jiwa baru dengan tumnuh kembang yang mungkin belum matang.

Pendidikan pun jadi satu hal yang banyak ditinggalkan. Alasannya beragam, mulai dari tidak adanya waktu untuk belajar karena sudah sibuk mengurus anak dan banyak juga yang malu sehingga memutuskan untuk berhenti sekolah.

Saat ini juga belum banyak sekolah yang mendukung ibu remaja, termasuk di Indonesia. Pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan adalah dengan mengikutik ujian kesetaraan sekolah paket C.

Namun di luar negeri sudah ada sekolah yang memang dikhususkan untuk para ibu remaja melanjutkan pendidikan sambil tetap mengurus buah hati mereka.

BACA JUGA: 7 Kegiatan Sekolah untuk Dukung Kesehatan Mental Remaja

SMA untuk Ibu Remaja

Sekolah yang punya kelas untuk ibu remaja adalah SMA Lincoln Park yang berada di kota Brownsville, Texas, Amerika Serikat. Ternyata sekolah ini sudah sejak tahun 2005 membuka kelas untuk para remaja usia 14-19 tahun yang sedang hamil atau sudah menjadi ibu.

SMA Lincoln Park menawarkan kepada para siswanya jalan yang berbeda untuk membangun masa depan. Sarana yang disediakan sekolah juga sangat mendukung para ibu remaja tersebut. Mulai dari bus khusus yang mengantarkan para ibu remaja ke sekolah dengan carseat khusus untuk bayi, penitipan anak gratis di sebelah gedung utama, sarapan gratis untuk mereka dan sang anak, dan juga deretan pendidik berkualitas yang tak kalah dengan sekolah umum lainnya.

Siswa-siswa di sekolah tersebut juga tidak ada yang dipaksa untuk hadir setiap hari. Kebanyakan ibu remaja di sekolah ini adalah murid pindahan yang ingin sekolah tapi kekurangan waktu dan biaya.

Dari luar, SMA Lincoln Park terlihat seperti SMA pada umumnya, tetapi begitu masuk ke dalamnya, selain suara para remaja berpindah kelas, ada juga suara tangisan dan tawa bayi bersahutan.

Untuk terus mendukung para siswi menyelesaikan pendidikan demi masa depannya, di tiap dinding dipasangi poster-poster yang mendorong mereka kuliah dan juga poster yang mempromosikan layanan kehamilan dan kelas pengasuhan anak.

Pilihan Pendidikan untuk Ibu Remaja

Selain SMA Lincoln Park, di Texas, Amerika Serikat juga ada beberapa institusi pendidikan lainnya yang dikhususkan bagi para ibu remaja.

1. The Teenage Pregnant & Parenting Students

Program ini menyokong siswi dengan dukungan yang mereka butuhkan untuk sekolah di satu dari lima SMA yang ada disetiap distrik. The Teenage Pregnant & Parenting Students (TAPPS) membantu siswi yang hamil dan ibu remaja untuk menyesuaikan diri dengan status baru mereka secara fisik, emosional, dan akademis. Program ini dikelola oleh konselor terlatih khusus di setiap sekolah yang menyediakan layanan, termasuk manajemen kasus, pendidikan pralahir, dan layanan kesehatan.

2. iUniversity Prep

iUniversity Prep adalah sekolah umum gratis yang terbuka untuk penduduk di seluruh Texas. Program ini terkenal dengan keunggulannya di bidang akademik, staf yang baik hati, dan guru pemenang penghargaan yang dilatih untuk lingkungan belajar online. Kelas onlinenya membantu para ibu remaja yang tidak bisa hadir secara tatap muka.

3. Texas Alternative Home School

SJRC Texas, sebelumnya Saint Jude’s Ranch for Children, adalah surga bagi remaja yang menderita pelecehan, penelantaran, atau trauma lainnya. Anak-anak dalam program residensial ini biasanya dirujuk oleh Departemen Keluarga dan Layanan Perlindungan Texas.

Selain menyediakan layanan pendidikan dan terapi untuk semua anak, SJRC punya program khusus untuk remaja hamil dan mengasuh anak. Program ini menyediakan layanan perawatan kesehatan dan memberikan pelatihan kepada remaja putri tentang pengasuhan anak dan hidup mandiri, termasuk keterampilan kerja dan hidup. SJRC adalah salah satu sekolah unik untuk remaja hamil dan ibu remaja karena menawarkan pendampingan praktis dalam membesarkan anak.

4. Texas Online Preparatory School

Texas Online Preparatory School (TOPS) memberi siswa pembelajaran inti untuk pelajaran matematika, seni bahasa, sejarah, dan sains. Siswa yang terdaftar di sekolah umum yang gratis ini punya akses ke konselor dan guru yang dapat menawarkan dukungan dan membantu masalah yang mereka hadapi, termasuk masalah kehamilan dan pengasuhan anak.

BACA JUGA: Jam Tidur yang Dibutuhkan Anak Remaja

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan