banner-detik
EDUCATION

Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Indonesia, Nomor Satu Paling Favorit!

author

Katharina Menge17 Jan 2023

Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Indonesia, Nomor Satu Paling Favorit!

Selain PTN dan PTS, ada Sekolah Kedinasan yang juga jadi pilihan banyak siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Intip daftarnya di sini!

Lulus dari SMA dan SMK, ternyata Sekolah Kedinasan merupakan pilihan pendidikan yang tak kalah diminati. Sekolah Kedinasan adalah jenjang pendidikan perguruan tinggi yang ada di bawah naungan institusi pemerintah, baik lembaga, badan, atau kementerian. Pendidikan yang ditempuh sesuai dengan bidang institusi yang menaunginya.

Keuntungannya, para lulusannya bisa langsung bekerja, bahkan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara). Jadi, tak heran jika banyak siswa yang berebutan untuk masuk ke Sekolah Kedinasan demi masa depan yang terjamin.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Kenapa Masih Jarang Diminati

Rekomendasi Sekolah Kedinasan di Indonesia

Mommies Daily pun mengumpulkan 7 daftar Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia dan banyak difavoritkan oleh para siswa, melihat tingginya peminat yang melamar.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN

Sejak dulu, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) atau yang kini sudah berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN memang sudah jadi incaran semua siswa SMA. Apalagi bagi mereka yang ingin fokus di bidang keuangan.

Bisa bekerja di bawah sekolah kedinasan pengelolaan keuangan negara pasti menjadi pencapaian tersendiri. Di tahun 2022 silam, total pendaftar sekolah kedinasan ini mencapai angka 22.895, padahal kuota yang diterima hanya 750.

PKN STAN punya empat jurusan, yaitu jurusan Akuntansi, jurusan Pajak, jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan terakhir jurusan Manajemen Keuangan: D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara.

Alamat: Sektor V, Jl. Bintaro Utama 5, Jurang Mangu Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Berada di bawah Kementerian Dalam Negeri, Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN adalah sekolah kedinasan yang memiliki banyak kampus yang tersebar di Indonesia. Ada dua fakultas yang disediakan, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan.

Seleksi masuk IPDN terbilang sangat ketat, dan di tahun 2022 lalu, jumlah pendaftar ada sekitar 22.564 orang dengan kuota yang diterima 1.230 orang.

Alamat: tersebar di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Sumbar, Sulsel, Sulut, NTB, Papua, Kalbar, dan Riau.

3. Politeknik Statistika STIS

Untuk anak lulusan SMA yang suka melihat data statistik, pasti sudah banyak yang mengincar untuk masuk ke Politeknik Statistika STIS. Sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah Badan Pusat Statistik (BPS).

Politeknik Statistika menawarkan tiga program studi yang bisa dipilih anak, mulai dari D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik. Para lulusannya bisa memberikan kontribusi terhadap Sistem Statistik Nasional hingga Internasional.

Di tahun 2022 sendiri, ada 16.089 orang yang mendaftar untuk masuk ke Politeknik Statistika STIS.

Alamat: Jl. Otto Iskandardinata No.64C, RT.1/RW.4, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Selain mencetak lulusan ahli di bidang intelijen bawah Badan Intelijen Negara (BIN), masuk sekolah kedinasan yang satu ini tidak dipungut biaya. Mungkin hal ini yang menjadi pertimbangan dan membuat STIN banyak diminati.

STIN membuka program S1 dengan pilihan 2 jurusan, yaitu Agen Intelijen dan Analisis Intelijen. Di tahun 2022 lalu, ada sekitar 9.100 orang yang mendaftar dengan kuota yang diterima hanya 300 orang.

Alamat: Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah lembaga yang membawahi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Lulusannya diharapkan bisa bekerja di BMKG yang akan ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Di STMKG ada pilihan empat program studi yang ditawarkan, mulai dari Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Pelamar di tahun 2022 ada 8.013 orang padahal kuota yang diterima hanya 912.

Alamat: Jl. Perhubungan I No.5 Pondok Betung, Bintaro, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

6. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Dikutip dari detikEdu, jumlah pelamar Poltekim tahun 2021 yaitu sekitar 8.323 orang. Poltekim ada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

Beberapa program studi yang ada adalah D3 Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian. Lulusannya akan bekerja di pemerintah bidang imigrasi, baik imigrasi Indonesia atau imigrasi di perwakilan luar negeri.

Lokasi: Jalan Raya Gandul No. 4, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat.

7. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI-STTD)

Berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PTDI-STTD juga jadi salah satu sekolah kedinasan yang disukai dengan jumlah pelamar di tahun 2022 sebanyak 7.733.

Siswanya nanti akan belajar tentang transportasi darat, menajemen transportasi jalan, hingga manajemen transportasi perkeretaapian. Para lulusannya akan bertugas untuk menyelenggarakan program pendidikan profesional bidang transportasi darat.

Alamat: Jl. Raya Ps. Setu No.89, Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Sekolah Sepak Bola Anak di Jabodetabek dan Jawa Tengah

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan