banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

5 Keahlian Kerja yang Bisa Bantu Dapatkan Pekerjaan Impian di Tahun 2023 (+3 Tahun ke Depan)

author

Fannya Gita Alamanda06 Jan 2023

5 Keahlian Kerja yang Bisa Bantu Dapatkan Pekerjaan Impian di Tahun 2023 (+3 Tahun ke Depan)

Di tahun 2023 ini ternyata ada 5 keahlian kerja utama yang perlu dikuasai agar memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan impian. Read and learn!

Dalam dunia kerja saat ini, Pearson Workforce Skills menganalisis 21 juta iklan pekerjaan di seluruh dunia dan menemukan bahwa keterampilan manusia menempati urutan teratas dari syarat yang diinginkan oleh para pemberi kerja saat mencari calon kandidat untuk perusahaan mereka.

Pearson menggunakan alat analitik tenaga kerja AI milik mereka untuk meninjau iklan pekerjaan di seluruh pasar tenaga kerja utama untuk mengetahui keterampilan mana yang paling sering muncul dan yang diprediksi paling membutuhkan peningkatan pada tahun 2026.

Dari analisa tersebut ditemukan bahwa meskipun keterampilan teknis tetaplah penting, pemberi kerja sekarang mengutamakan keterampilan manusia, seperti kolaborasi, komunikasi, dan kepemimpinan.

BACA JUGA: Sedang Cari Pekerjaan? Ini 8 Pekerjaan yang Akan Banyak Dicari di 2023

The Pearson Skills Outlook menunjukkan bahwa iklan pekerjaan didominasi oleh lima “Power Skills”, yang sekarang menjadi kemampuan yang paling dicari oleh para pemberi kerja yaitu:

1. Komunikasi
2. Layanan Pelanggan atau Customer Service
3. Kepemimpinan
4. Kolaborasi
5. Pemecahan masalah

Melihat 3 tahun ke depan, yaitu 2026, Pearson menunjukkan ada lima keterampilan utama dan teratas manusia yang paling dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan di dunia kerja, yaitu:

1. Kolaborasi
2. Fokus terhadap pemenuhan kebutuhan konsumen
3. Pembelajaran pribadi
4. Fokus terhadap pencapaian
5. Kecerdasan budaya dan sosial

Mike Howells, Presiden, Pearson Workforce Skills berkata, “Keterampilan teknis memang tetap diperlukan untuk dapat sukses di banyak pekerjaan, tetapi orang-orang dalam peran tersebut perlu sering mendapatkan pelatihan ulang untuk memastikan mereka mengikuti perkembangan teknologi.”

Dia menambahkan bahwa sekarang pengusaha menyadari keterampilan manusia (human skill) adalah keterampilan utama yang benar-benar membantu orang tetap relevan dan dapat beradaptasi untuk jangka panjang.

“Perusahaan perlu segera bertindak untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan mereka karena fondasi yang kuat dari keterampilan manusia sangat penting untuk kesuksesan baik pemberi kerja juga para karyawannya, untuk di masa sekarang dan di masa depan,” tambahnya.

Meskipun permintaan akan keterampilan teknis meningkat, teknologi terus berkembang dengan cepat sehingga kemampuan teknis sering kali tidak bertahan lama dan harus diperbarui terus menerus, terutama untuk industri atau pekerjaan tertentu.

Orang-orang yang bergerak di bidang (pekerjaan) teknologi membutuhkan keterampilan manusia agar dapat cepat dan dengan mudah beradaptasi dalam pembelajaran mereka.

Hasil riset dan penelitian yang dilakukan oleh Perason Workforce Skills di dunia kerja dan bisnis dapat menjadi panduan bagi para pemberi dan pencari kerja tentang di mana mereka harus memfokuskan program pelatihan dan pendidikan mereka.

Keahlian Kerja yang Bisa Bantu Dapatkan Pekerjaan Impian

Di bawah ini adalah daftar dan definisi dari power skills yang perlu dimiliki dan dipelajari oleh setiap pencari kerja. Dengan memiliki power skills ini, Anda akan dianggap mempunyai nilai lebih dari kandidat lainnya.

1. Fokus pada Pencapaian

Kemampuan untuk mengambil tanggung jawab dan tantangan dengan sedikit atau tanpa pengawasan, mengembangkan cara sendiri dalam melakukan sesuatu, dan mampu mengandalkan diri sendiri untuk menyelesaikan suatu masalah.

2. Kolaborasi

Kemampuan untuk mengembangkan hubungan kerja yang baik, konstruktif, dan kooperatif dengan orang lain.

3. Komunikasi

Kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dan gagasan dengan jelas, kesanggupan untuk mendengarkan, memahami, dan menanggapi gagasan dan saran dari orang lain.

4. Kecerdasan budaya dan sosial

Memiliki kesadaran dan pemahaman akan reaksi orang lain.

5. Fokus terhadap pelanggan

Memiliki inisiatif dan secara aktif mencari cara untuk membantu pelanggan dan klien.

6. Layanan pelanggan atau Customer Service

Penyediaan layanan kepada pelanggan sebelum, selama, dan setelah pembelian/ transaksi.

7. Pembelajaran pribadi

Kemampuan individu, kelompok atau organisasi untuk “memimpin”, memengaruhi atau membimbing individu lain, tim, atau seluruh karyawan perusahaan.

8. Pemecahan masalah

Kesanggupan menggunakan metode baik yang umum hingga metode ‘dadakan’ (yang mungkin tidak tertera di buku panduan manapun) untuk menemukan solusi dan mengatasi masalah-masalah tertentu.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Akun Media Sosial tentang Dunia Kerja, Relate Banget!

Cover: Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS