banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

10 Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Bercinta, Agak Seks Tak Terganggu!

author

Fannya Gita Alamanda05 Jan 2023

10 Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Bercinta, Agak Seks Tak Terganggu!

Ada makanan yang wajib dikonsumsi sebelum bercinta tapi ada juga yang harus dihindari. Yuk, cari tahu apa saja yang tidak boleh dimakan!

Beberapa makanan ringan memang bisa menjadi afrodisiak yang sempurna, tetapi yang lainnya (meskipun beberapa di antaranya termasuk dalam kategori panganan sehat), dapat mematikan gairah Anda, mengundang bencana karena menyebabkan gas, kembung, diare, dan masih banyak lagi.

Gaya hidup dan kebiasaan memainkan peran penting dalam kesehatan seksual kita. Terkadang, mengubah gaya hidup dan pola makan menyumbang banyak hal positif dalam meningkatkan fungsi seksual.

Mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya ketika suasana hati menjadi riang, pikiran lebih positif, dan tubuh terasa lebih bugar setelah berolahraga. Ini tentu berefek manis dalam kehidupan seksual Anda. Selain olahraga, makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga punya andil besar dalam mendukung aktivitas di balik pintu kamar tidur.

Gairah seks bergantung pada banyak aspek, dan percaya atau tidak, apa yang Anda makan juga memainkan peran penting. Jika Anda peduli dengan kesehatan seksual diri, kenapa tidak mulai dengan memperbaiki nutrisi yang masuk ke dalam tubuh?

Salah satu caranya adalah bukan hanya rajin mencari informasi tentang daftar makanan yang harus dimakan sebelum berhubungan seks, sebaiknya Anda juga punya daftar makanan yang harus dihindari sebelum berhubungan seks.

BACA JUGA: 10 Ide Foreplay yang Super, Bisa Dicoba Malam Ini!

Daftar Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Bercinta

Beberapa makanan yang ada di daftar ini termasuk dalam jenis makanan sehat, tetapi bukan ide yang brilian untuk mengonsumsinya tepat sebelum Anda berhubungan seks. Ini dia 10 makanan teratas yang dapat mengacaukan mood dan bikin rencana indah bersama pasangan bubar jalan.

1. Kopi

Terlalu banyak kafein meningkatkan kadar kortisol Anda, yang merupakan hormon stres. Menurut Nicole Kasal, seorang pelatih kesehatan dan kebugaran dan pendiri Cleanse Culture, jumlah kortisol yang tinggi membuat tubuh lebih sulit untuk rileks sehingga menurunkan libido.

2. Makanan yang terlalu asin

Recananya mau foreplay dengan nonton film romantis ditemani kentang goreng dan popcorn? Lupakan! Anda bakal menyesal kalo ngeyel.

“Terlalu banyak makanan asin akan meningkatkan retensi air dan kembung,” jelas Dr. Robert Kominiarek D.O., FACOFP, penulis dan direktur medis dari Alpha Male Medical Institute. Kelemahan lain? Aliran darahlah yang memungkinkan orgasme akan terhambat karena terlalu banyak garam dalam tubuh.

3. Buah-buahan

Hindari buah-buahan, terutama jika setelahnya Anda langsung berniat membakar kalori dengan seks superhot. “Buah dicerna tubuh dengan sangat cepat. Jauh lebih cepat daripada apa pun yang bisa Anda makan,” jelas Kasal. Saat dilanjutkan dengan aktivitas berat seperti bercinta, maka bisa menyebabkan kram, gas, dan rasa tidak nyaman lainnya.

4. Minuman beralkohol

Pernah dengar keluhan teman yang kesal karena suaminya ngantuk berat padahal permainan baru aja dimulai? Itu sungguhan. Teman Anda tidak sedang bersikap lebay. Biang keladinya kemungkinan besar adalah wine, bir, atau minuman beralkohol lainnya.

Ya, wine dan bir meningkatkan kadar melatonin tubuh, yang juga dikenal sebagai hormon tidur. “Cukup satu gelas untuk membuat Anda lemas dan mengantuk,” kata Kasal. Bahkan, alkohol juga bisa menyebabkan suami kesulitan ereksi, menghambat orgasme, dan meningkatkan peluang ia mengalami ejakulasi dini.

5. Daun Mint

Mengunyah daun mint sebelum berciuman memang trik yang jitu, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mint dapat meredam gairah dan energi Anda. Mengunyah permen karet? Jangan juga karena dengan mengunyah itu membuat Anda cenderung menelan udara, yang menyebabkan lebih banyak gas, kata Dr. Kominiarek.

6. Minuman berkarbonasi

Jika Anda sensitif terhadap karbonasi, jauhi air tonik dan soda, saran Dr. Kominiarek. Bersendawa adalah hal terakhir yang Anda inginkan di tengah-tengah asyik saling berpagut dan bercumbu.

7. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous atau cruciferous vegetables adalah sayuran yang termasuk golongan tanaman Brassica, seperti kubis Brussel, kembang kol, pakcoy, selada air, dan brokoli.

Meski banyak manfaatnya untuk kesehatan, Anda juga perlu tahu bahwa sayuran jenis ini adalah penghasil metana, sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi jika Anda punya rencana melanjutkan bercinta usai makan malam romantis bersama.

“Pastikan Anda memasaknya dengan baik atau sayuran ini akan membuat perut Anda dipenuhi gas,” kata Dr. Kominiarek. Tau dong efeknya nanti? Antara Anda akan banyak bersendawa atau jadi sering buang gas.

8. Kedelai

Semakin banyak testosteron, semakin tinggi gairah seks Anda – baik untuk pria maupun wanita. “Tetapi mengonsumi kedelai secara berlebihan dalam diet Anda dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon,” jelas Kasal.

Sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 120 miligram atau lebih kedelai sehari justru mengalami penurunan testosteron yang signifikan.

9. Produk susu

Keju dan susu sebaiknya dihindari sebelum berhubungan seks karena dapat membuat Anda mengalami gejala gastrointestinal. Apalagi jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, gejalanya bisa menjadi lebih buruk.

Namun jika Anda tidak mengalami gangguan yang berat sekalipun, Anda masih bisa mengalami kembung setelah mengonsumsi susu. Kram perut dan sering bersendawa bisa menjadi pembunuh gairah seks dan bikin pasangan kehilangan selera.

10. Makanan pedas

Makanan pedas memengaruhi sistem pencernaan. Ini memicu refluks asam, terutama jika Anda menderita maag dan masalah serupa. Efeknya membuat Anda tidak nyaman dan terkadang menimbulkan rasa sakit.

Bayangkan saja apa yang terjadi dengan gairah seks saat Anda konsumsi makanan pedas secara berlebihan. Salah satunya adalah bau mulut dan ini adalah salah satu pembunuh gairah yang memalukan.

Jadi, apa yang harus Anda makan? Kasal menyarankan telur. Sebab telur menyeimbangkan hormon dan meningkatkan libido dengan cara yang lebih sehat. Sedangkan Kominiarek menyarankan sesuatu yang tinggi seng, seperti tiram dan biji labu, atau Omega-3, seperti ikan.

BACA JUGA: Terpopuler: Alasan Posisi Seks yang Dilarang dalam Islam Hingga Suami Hobi Berlama-lama di Kamar Mandi

Cover: Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS