banner-detik
EDUCATION

7 Rekomendasi Universitas Swasta di Indonesia Beserta Program Studi Unggulan

author

Mommies Daily4 days ago

7 Rekomendasi Universitas Swasta di Indonesia Beserta Program Studi Unggulan

Punya segudang fasilitas pendukung terbaik, berikut ini 7 rekomendasi universitas swasta beserta program studi unggulan terbaik di Indonesia.

Penulis: Putri Azzahra

Punya kesempatan untuk belajar di lembaga pendidikan terbaik dengan fasilitas pendukung yang menjanjikan adalah mimpi banyak orang. Saat ini, tidak hanya universitas negeri saja yang menyediakan pendidikan terbaik untuk anak. Universitas swasta di Indonesia, juga memiliki fasilitas pendukung yang membantu anak untuk belajar dan menggali potensi mereka lebih baik.

Ketatnya persaingan untuk masuk ke universitas negeri membuat anak untuk mencari alternatif lain untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas. Universitas swasta bisa menjadi pilihan karena didukung oleh fasilitas yang memadai, bahkan lulusan universitas swasta juga banyak dilirik oleh para rekruiter di perusahaan, lho.

Beberapa universitas swasta juga terkenal karena memiliki program studi unggulan yang menjadi daya tarik universitas tersebut. Berikut ini, tim Mommies Daily rangkum 7 rekomendasi universitas swasta di Indonesia beserta program studi unggulan untuk bisa jadi pilihan anak dan Mommies.

1. Universitas Bina Nusantara – Jakarta

Universitas Bina Nusantara (Binus) tersebar di tiga kota yaitu Jakarta (untuk seluruh jurusan), Bandung (khusus kampus teknologi kreatif), dan Malang (khusus digital technology dan entrepreneurship). Binus menjadi salah satu universitas swasta terbaik khususnya dalam bidang IT atau teknologi.

Binus memiliki beragam program studi mulai dari komunikasi, pariwisata, desain kreatif visual (DKV), hingga humaniora yang bisa jadi pilihan untuk anak. Selain itu, Binus juga selalu mengadakan job expo setiap tahunnya untuk mendukung mahasiswa menjadi karyawan diberbagai perusahaan. Binus berada pada peringkat 263 universitas terbaik di Asia tahun 2023 menurut Quacquarelli Symonds World University Rangkings (QS WUR) dan berada pada peringkat 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Website: https://binus.ac.id/

Biaya kuliah: Mulai dari Rp.15.000.000 

BACA JUGA: 5 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari di Masa Depan, Bisa Jadi Pilihan untuk Anak Menentukan Jurusan

2. Universitas Telkom – Bandung

Sedang mencari universitas swasta dengan program teknik terbaik? Universitas Telkom Bandung mungkin adalah jawabannya. Sebelumnya, universitas ini hanyalah perguruan tinggi khusus ilmu teknik, namun pada tahun 2013 akhirnya berubah menjadi Universitas Telkom. Hingga saat ini Universitas Telkom memiliki 42 program studi, dengan program studi unggulannya adalah Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Desain Visual Komunikasi.

Universitas Telkom juga aktif dalam bidang inovasi. Hingga saat ini ada 96 startup yang diluncurkan oleh Universitas Telkom. Tidak heran, Universitas Telkom menjadi Universitas Swasta terbaik di Indonesia berada di peringkat 8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan urutan 351-400 universitas terbaik di Asia tahun 2023 menurut Quacquarelli Symonds World University Rangkings (QS WUS).

Website:https://smb.telkomuniversity.ac.id

Biaya Kuliah: Mulai dari Rp.8.000.000

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas swasta yang satu ini berada di Yogyakarta dan menjadi salah satu universitas swasta terbaik. Memiliki kualitas pendidikan yang maksimal. Dilihat lewat para dosen ahli, fasilitas gedung, ruangan kelas, hingga fasilitas pendukung lainnya membuat universitas swasta ini menjadi pilihan masyarakat. Universitas ini terkenal dengan program studi unggulannya yaitu Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Teknik Informatika hingga Teknik Industri.

Unversitas Atma Jaya Yogyakarta berada di peringkat 26 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat 651-700 universitas terbaik di Asia tahun 2023 menurut Quacquarelli Symonds World University Rangkings (QS WUS).

Website: https://www.uajy.ac.id/

Biaya Kuliah: Mulai dari Rp.11.000.000

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Menduduki peringkat 25 perguruan tinggi nasional, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki 11 fakultas dan 35 program studi. Berlokasi di Jawa Timur, UMM bisa jadi pilihan anak jika mencari universitas swasta dengan fakultas kedokteran dan psikologi sebagai salah satu program studi unggulannya. Fasilitas pendukung pembelajaran juga cukup lengkap dan memiliki tenaga pendidik yang memumpuni. Dalam survei Quacquarelli Symonds World University Rangkings (QS WUS), UMM menduduki peringkat 551-600.

Website: https://www.umm.ac.id/

Biaya kuliah: Mulai dari Rp.14.000.000

5. Universitas Tarumanagara – Jakarta

Salah satu kampus yang memiliki program studi Hukum unggulan adalah Universitas Tarumanagara. Pada tahun 2020 Universitas Tarumanagara menduduki peringkat 31 perguruan tinggi nasional. Dengan total 16 program studi pilihan, Universitas Tarumanagara menjadi salah satu universitas swasta unggulan lewat beberapa program studi favorit diantaranya hukum, kedokteran, dan psikologi. Dalam survei Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUS), Universitas Tarumanagara menduduki peringkat 601-650.

Website: https://untar.ac.id/

Biaya kuliah: Mulai dari Rp.17.000.000

6. Universitas Katolik Parahyangan – Bandung

Anak tertarik untuk menjadi arsitek atau diplomat? Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bisa menjadi pilihan. Memiliki program studi unggulan hubungan internasional dan arsitektur, Universitas Katolik Parahyangan bisa menjadi pilihan untuk Mommies yang sedang mencari universitas swasta dengan prodi unggulan Hubungan Internasional. Lulusan program studi Hubungan Internasional Unpar juga dikenal sebagai lulusan yang memiliki skill set yang baik, lho. Dalam survei Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUS), Universitas Tarumanagara menduduki peringkat 651-700.

Website: https://pmb.unpar.ac.id/menu/program_studi

Biaya Kuliah: Mulai dari Rp.18.000.000

7. Universitas Prasetiya Mulya – Tangerang

Berniat untuk menjadi entrepreneur atau branding specialist? Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) adalah jawabannya. Prasmul adalah universitas swasta yang memiliki program studi unggulan bisnis dan ekonomi. Mulai dari bisnis, branding, ekonomi dan bisnis, event, sampai hospitaliti bisnis terdapat di Prasmul. Jadi cocok sekali untuk anak yang memiliki minat dan bakat di bisnis dan ekonomi, Prasmul mungkin jadi universitas swasta yang cocok untuk mendukung minat dan bakat anak. Didukung juga oleh beberapa program dan fasilitas pendukung yang berkualitas, Prasmul merupakan universitas swasta yang terbaik untuk ekonomi dan bisnis.

Website: https://www.prasetiyamulya.ac.id/

Biaya kuliah: Mulai dari Rp. 12.000.000

BACA JUGA: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Kisaran Biaya Kuliah Universitas Terbaik Dunia. Ada Stanford Hingga Oxford!

Cover image: Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS