banner-detik
EDUCATION

5 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari di Masa Depan, Bisa Jadi Pilihan untuk Anak Menentukan Jurusan

author

Dhevita Wulandari28 Oct 2022

5 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari di Masa Depan, Bisa Jadi Pilihan untuk Anak Menentukan Jurusan

Agar tidak salah menentukan cita-cita anak saat dewasa, beberapa jurusan ini paling banyak dicari di masa depan. Cek yuk ada apa saja!

Mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi bisa menjadi salah satu pertimbangan pijakan karier seseorang di masa depan. Perusahaan juga tentunya akan melihat kompetensi yang dimiliki seseorang sesuai atau tidak dengan posisi yang mereka cari.

Namun, sudah banyak perkembangan yang terjadi saat ini. Di era digital seperti sekarang, pekerjaan yang dicari tidaklah sama dengan zaman dulu. Pastinya pekerjaan yang dibuka akan berkaitan dengan teknologi dan komunikasi, mengikuti perkembangan zaman.

Jika seseorang tidak mampu beradaptasi, pekerjaan yang diincar pasti akan hilang. Tetapi, meski perubahan terjadi, tetap ada kok beberapa jenis pekerjaan yang akan terus dibutuhkan di masa depan.

Mengutip dari situs Universitas Multimedia Nusantara (UMN), ini beberapa jurusan yang paling banyak dicari di masa depan.

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini bisa menjadi salah satu keterampilan yang semakin dibutuhkan tren pekerjaan masa kini. Berbeda dengan dulu saat desain, seni, gambar, ilustrasi, serta fotografi belum terlalu menarik minat dan perhatian masyarakat.

Hingga beberapa tahun ke depan, pekerjaan di berbagai bidang akan menonjolkan sisi visual yang menarik. Berdasarkan hal inilah, perusahaan dan institusi pemerintah akan membutuhkan seorang desain grafis atau pekerjaan sejenis yang lulus dari jurusan DKV.

Jurusan ini juga tidak hanya berkembang di perusahaan, tapi juga dalam bidang lain. Lulusan DKV juga dapat bekerja secara freelancer dan menerima income lebih dari satu perusahaan atau dari berbagai klien.

2. Arsitektur

Bidang kesenian lainnya yang juga akan selalu dicari di masa depan adalah jurusan arsitektur. Apalagi saat ini arsitektur termasuk ke dalam salah satu dari beberapa contoh bidang ekonomi kreatif yang dikembangkan di Indonesia.

Kemampuan mendesain dan menciptakan desain rumah yang inovatif, terlebih lagi ramah lingkungan serta kreatif juga semakin dibutuhkan, mengingat hunian kekinian di daerah era digital semakin digemari.

Seorang arsitek juga bisa memilih menjadi arsitek mandiri dengan proyek-proyek yang ditangani. Lulusan jurusan ini juga bisa menjadi konsultan perencana maupun pelaksana.

Untuk mengetahui jenis jurusan lainnya yang paling banyak dicari di masa depan, Mommies bisa baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Orang Tua, Kenali Tanda-tanda Kita Memaksakan Cita-cita Kita ke Anak

Cover image: Image by zirconicusso on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS