banner-detik
SELF

Kenalan dengan Exer-dating, Gaya Kencan yang Bikin Tubuh Sehat

author

Fannya Gita Alamanda25 Sep 2022

Kenalan dengan Exer-dating, Gaya Kencan yang Bikin Tubuh Sehat

Kencan sambil ngopi di mol atau nonton film di bioskop itu ketinggalan zaman banget. Sekarang, ada gaya berkencan yang sedang ngetren namanya exer-dating.

Exer-dating adalah istilah yang berasal dari gabungan dua kata exercise dan dating. Yes, jenis berkencan yang satu ini menggunakan olahraga bareng sebagai sarana untuk bisa saling mengenal pola pikir, pandangan, prinsip hidup, dan sifat-sifat Anda berdua.

Konon, exer-dating bisa jadi cara paling bagus untuk mengenal kepribadian calon pasangan, lho. Misalnya, apakah dia orang yang gigih, dewasa, sabar, rendah hati, menghargai proses, bertanggung jawab, atau sportif?

Sifat-sifat dan sikap yang nanti ia tunjukkan selama melakukan exer-dating dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan mau lanjut atau pikir-pikir lagi.

Oh iya, selama melakukan olahraga bersama, jangan ragu memberikan pujian tulus jika menurut Anda, dia memang layak menerimanya.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Aplikasi Kencan Untuk para Single Parents

Rekomendasi Exer-dating untuk Anda dan Pasangan

Ini dia sederet aktivitas olahraga sambil ngedate sebagai inspirasi!

1. Jogging: buat ngobrol santai oke, deep talk sama pasangan, apalagi!

Kalau olahraga bukan hal yang biasa Anda lakukan, jangan khawatir. Nggak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik. Nah, Anda bisa pilih olahraga yang relatif nggak butuh skill selevel atlit Olimpiade, yaitu jogging.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan mengatur pernapasan, jogging juga bisa menjadi kesempatan untuk mengenal pemikiran satu sama lain melalui obrolan ringan dan random.

Lokasi nyaman buat jogging: Gelora Bung Karno Senayan, Taman Suropati Menteng, hingga Car Free Day Sudirman setiap hari Minggu.

2. Squash: Anda bisa cari tahu sisi kompetitif pasangan

Squash bisa jadi opsi apabila Anda mencari olahraga seru yang 11-12 dengan badminton dan tenis. Squash berguna untuk mengasah koordinasi tangan dan mata, keseimbangan, sekaligus kecepatan karena Anda harus memukul bola ke dinding hingga ratusan kali.

Lewat olahraga ini, Anda bisa saling menilai determinasi dan ketekunan. Itu karena dalam squash lawan main sesungguhnya adalah diri kita sendiri.

Coba nge-date di: Squash Court di GBK Senayan, Squash Center Koja di Jakarta Timur, dan Tennis & Squash Rackets Club 25.

3. Hiking: membantu Anda menilai sifat aslinya

Olahraga ini baik bagi kesehatan kardiovaskular dan membantu pikiran jadi lebih rileks. Ngobrol sambil menikmati keindahan alam, seklaigus dapat hadiah tubuh sehat membuat kencan Anda lebih punya makna. Sepanjang perjalanan Anda berdua pasti bakal menemukan halangan dan rintangan, entah besar atau kecil.

Nah, ini akan menjadi momen yang pas untuk memberikan penilaian terhadap sikap, tindakan, dan keputusan yang dia ambil. Anda juga bisa lihat apakah dia tipe orang yang mampu menghargai orang lain dengan tidak mengutamakan pendapat pribadinya. Semoga dia juga bukan tipe orang yang cuma berkutat sama problem dan nggak berusaha mencari solusi.

Rekomendasi spot hiking: Bukit Pinus Gunung Pancar dan Eco Edu – Air Terjun Cibengang di Sentul, Bogor.

4. Bowling: menciptakan kenangan manis berdua

Bowling dikenal sebagai olahraga sosial karena biasanya dilakukan bersama tim dan memancing insting untuk bersaing bahkan dengan sesama anggota tim. Selain bisa menikmati kepuasan dan antusiasme saat melihat seberapa banyak pin bowling yang bertumbangan, olahraga ini melatih kesabaran, kedewasaan, dan mengasah jiwa besar seseorang.

Apalagi mengingat tidak ada seorangpun di dunia ini yang senang kalah, apalagi kalah di depan calon gebetan. Selain melatih fleksibilitas tubuh, bowling juga membantu tubuh memproduksi zat endorphin yang bisa membuat diri bahagia.

Anda bisa main bowling bersama di Spin City Bowling, The Breeze BSD, Artha Gading Bowling Center di Jakarta Utara dan Jakarta Bowling Center, di Kuningan Jakarta Selatan.

5. Panahan: melihat sisi lain calon pasangan

Pendapat pribadi, nih, menurut saya, panahan adalah olahraga paling keren nomor dua setelah renang. Mungkin ini gegara tokoh Robin Hood, si pencuri tamvan, pemberani, dan murah hati.

Meskipun kelihatannya olahraga ini nggak ‘segarang’ angkat besi, seseorang tetap butuh fisik yang kuat, daya konsentrasi tinggi, dan kesabaran. Lewat panahan, Anda bisa mengamati apakah pasangan adalah orang yang tekun, berhati-hati, dan sabar atau serba kebalikannya.

Kunjungi tempat-tempat ini: GBK Archery Field di Senayan, Archery Field Marinir di Cilandak, dan Segar Archery Meruya di Jakarta Utara.

Setelah “exer-dating” selesai, Anda tahu, kan, hari belum berakhir? Usai berolahraga dan mandi, Anda dapat bonus tubuh yang lebih bugar. Hormon endorfin pun membuat Anda lebih murah senyum, pikiran yang fresh, dan kulit jadi lebih berkilau. Jika exer-dating berjalan lancar, sorenya bisa dilanjutkan dengan makan malam berdua dan ngobrol dari hati ke hati.

Namun jika kencan tidak berjalan seperti yang diharapkan, Anda nggak rugi apa-apa, kok. Skenario terburuk, Anda tetap bisa menikmati makanan enak ditemani para sahabat, yang kalau dipikir-pikir, sama sekali nggak buruk.

BACA JUGA: Lakukan 7 Gerakan Olahraga Ini untuk Payudara Lebih Besar dan Kencang

Cover: Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan