banner-detik
VIDEOS

MD Ask The Expert: Sexless Marriage, Jadi Salah Satu Penyebab Perceraian

author

Dhevita Wulandari09 Sep 2022

MD Ask The Expert: Sexless Marriage, Jadi Salah Satu Penyebab Perceraian

Siapa sangka pernikahan tanpa hubungan seks atau sexless marriage menjadi salah satu penyebab perceraian terbesar di Indonesia.


Keintiman fisik seperti berpegangan tangan dan berpelukan bersama pasangan menjadi satu dari banyak cara untuk menjaga hubungan rumah tangga tetap harmonis. Namun, ternyata tidak semua pasangan menikah dapat merasakan hal yang sama.

Setelah beberapa tahun menikah, beberapa pasangan bisa mengalami penurunan dalam keintiman fisik, terutama dalam berhubungan seks. Padahal, berhubungan seks menjadi aktivitas yang wajar dan harus rutin dilakukan, setidaknya satu kali dalam sebulan.

Jika hubungan seks tidak lagi dilakukan bahkan dalam batas minimal sebulan, artinya pernikahan sudah masuk ke dalam sexless marriage atau pernikahan tanpa seks.

Sexless marriage adalah hubungan pernikahan dengan frekuensi seks yang sangat jarang bahkan tidak sama sekali. 

Berkurang dan hilangnya seks dalam sebuah pernikahan menandakan masalah yang perlu ditangani. Pasangan suami istri harus menemukan penyebab apa yang membuat mereka jarang atau bahkan tidak melakukan hubungan seks.

Penyebab pernikahan tanpa seks ini juga beragam, bisa karena keduanya sama-sama sibuk urusan pekerjaan hingga sudah lelah saat pulang ke rumah, bisa juga karena stres, persalinan, disfungsi ereksi, rendahnya gairah seks, masalah komunikasi, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan hal ini, Mommies Daily bertanya langsung pada seorang konselor pernikahan, Rani Anggraeni Dewi dalam segmen MD Ask The Expert.

Tidak hanya membahas penyebab sexless marriage, Mommies Daily dan Bu Rani juga membahas efek atau dampak pernikahan tanpa seks, mampukah pasangan tanpa hubungan seks bertahan, hingga bagaimana cara mengatasinya.

Jika Mommies dan pasangan sedang mengalami hal serupa, tonton video selengkapnya di Youtube channel Mommies Daily, ya! Diskusi dengan Bu Rani ini juga cocok banget ditonton oleh pasangan suami istri yang hubungan seksnya baik-baik saja dan bagi yang akan menikah karena tentunya akan berguna untuk bisa mengetahui dan menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi dalam pernikahan.

BACA JUGA:

Pernikahan Tanpa Seks: Normal atau Nggak Wajar?

Kesepian dalam Pernikahan, Ini Tanda-tandanya

Cover image: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS