banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting Nana Mirdad dan Andrew White: Selalu Utamakan Komunikasi

author

Katharina Menge19 Aug 2022

Tips Parenting Nana Mirdad dan Andrew White: Selalu Utamakan Komunikasi

Pasangan selebriti Nana Mirdad dan Andrew White ternyata punya tips parenting yang kompak dan positif dalam membesarkan kedua anaknya.

Nana Mirdad an Andrew White bukan jadi couple goals banyak masyarakat karena kekompakan dan keharmonisan hubungan mereka saja, tetapi juga karena kehebatan mereka dalam mendidik dan membesarkan kedua anaknya yang kini sudah beranjak remaja.

Dalam foto dan video yang banyak diunggah di sosial media, keluarga kecil mereka terlihat selalu bersama, kompak, dan saling penegertian. Mommies Daily pun sempat bertemu langsung dengan keduanya dan bertanya tentang tips parenting yang mereka terapkan sehari-hari.

Tak hanya itu, Nana Mirdad dan Andrew White juga berbagi tips hidup sehat luar dalam serta cara menjaga keharmonisan hubungan mereka sebagai suami istri. Penasaran? Intip wawancaranya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Parenting Ridwan Kamil: Keluarga adalah Pondasi Peradaban Masa Depan

Tips Parenting Nana Mirdad dan Andrew White

Ini dia tiga tips parenting dari pasangan selebriti Nana Mirdad dan Andrew White yang kini tengah membesarkan anak-anak mereka yang sudah beranjak remaja.

1. Jangan Bohong

Menurut Nana Mirdad, penting untuk tidak berbohong pada anak-anak. “Jangan suka berbohong sama anak-anak bahkan dari hal-hal kecil,” ujarnya saat ditemuin Mommies Daily, Selasa (16/8) lalu. Nana pun memberikan salah satu contoh ketika dia dan Andrew hendak pergi kencan. “Misalnya mau date night, jelasin sama mereka this is our time,” jelas Nana. Intinya selalu komunikasi.

“Jangan suka ditakut-takutin juga anak-anak. Karena apa yang kita tanamkan di pikiran anak-anak itu akan membentuk mereka. Kita gak mau nanti anak-anak udah besar jadi takutan. Agak kurang baik untuk kesehatan mental mereka juga,” jelas Nana.

2. Lead by Example

Andrew melihat bahwa apa yang dilekukan orang tua akan selalu dicontoh anak. “Jadi kita kasih contoh yang baik. Jangan bilang A tapi kita sendiri malah bikin B. Kalau kita lead by example mereka akan liat contoh yang baik dan mudah-mudahan akan mengikuti jejak kita,” jelas Andrew.

3. Selalu Ucapkan Kata-kata Positif

Tips parenting Nana Mirdad dan Andrew White yang terakhir adalah selalu memperdengarkan kata-kata yang baik untuk kedua anaknya, Jason dan Sarah. “Penting banget juga buat aku banyak kasih denger kata-kata yang positif, bangun mereka secara positif daripada terus menerus kayak ngasih tunjuk kesalahan atau kekurangan mereka apa,” ungkap putri pertama Jamal Mirdad dan Lydia Kandou itu.

Seperti bunga, Nana percaya dengan memberikan hal-hal yang baik akan membuat anak-anaknya tumbuh dengan baik. “Kita tanemin aja kalau kita kasih yang baik-baik mereka akan tumbuh dengan mengembang dan cantik gitu. Manusia juga seperti itu.”

Perbedaan Mengasuh Anak Remaja

Anak pertama Nana Mirdad dan Andrew White, Jason Deandra White, kini sudah memasuki usia 15 tahun, dan sang adik, Sarah Deana White juga sudah 10 tahun. Tentu saja pola asuh yang diterapkan untuk keduanya kini berbeda, apalagi Jason sudah memasuki usia remaja. Hal itu pun diakui langsung oleh Nana.

“Kami menghadapi Jason sama Sarah saja udah beda caranya. Kalau misalnya Jason berbuat kesalahan kita dudukin dia,” ungkap Nana. Andrew pun menjelaskan bahwa kini ketika menghadapi Jason, mereka berdua lebih mempersiapkannya untuk jadi lebih dewasa.

“Jadi kalau kami ngomong sama dia waktu dia (melakukan) salah sudah bukan kayak ngomong sama anak kecil lagi. Kami jelasin kenapa dia salah, kita akan diskusi, da prepare dia untuk jadi dewasa yg baik,” jelas Andrew.

“Yang lagi kami lakukan sama anak-anak, tuh, bukan mendikte mereka tapi gimana caranya kami membuat mereka berpikir dan ambil keputusan yang lebih baik buat hidup mereka tapi dari diri mereka sendiri,” tambah Nana. “Jadi kalo mereka salah kami gak pernah (bilang), ‘Kamu tuh salah!’ Sekarang kami mencoba untuk (bilang), “Menurut kamu salah atau benar? Menurut kamu yang kamu lakuin bagaimana dan kenapa?'”

Selalu Berikan yang Terbaik untuk Anak

Satu lagi tips parenting dari Nana Mirdad dan Andrew White adalah memberikan yang terbaik untuk anak-anak, termasuk makanan yang sehat. Salah satu menu makanan yang wajib ada di meja makan dan selalu Nana siapkan adalah sayur.

“Itu aku ajarin anak-anak dari kecil,” jelas Nana. Meski awalnya anak-anak bertanya-tanya dan menolak sayur, tetapi Nana tetap memberikannya untuk anak-anak. “Karena aku percaya semua itu dibangun dengan habit. Kalo anak-anak aku tumbuh dengan habit mereka terbiasa melihat yang hijau di piring mereka, suatu saat nanti mudah-mudahan mereka akan merasa ada yang hilang kalau gak ada hijau-hijau lagi di dalam piringnya.”

Andrew pun menjelaskan bahwa membuat anak-anak makan sayuran tidak dengan cara memaksa mereka tapi dengan mengedukasi. “Kami mengedukasikan, misalnya kangkung zatnya apa yang bagus, apel apa yang bagus. Kenapa badan kita butuh itu. Jadi mereka bisa lebih tahu,” ujarnya. Edukasinya pun diberikan dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti anak-anak.

BACA JUGA: Tips Parenting ala Raisa: Menyetarakan dan Memanusiakan Anak

Foto: Instagram/nanamirdad_

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS