banner-detik
EDUCATION

Ini 15 SMP Swasta Unggulan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur

author

RachelKaloh18 Aug 2022

Ini 15 SMP Swasta Unggulan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur

Buat Mommies yang sedang mencari SMP swasta unggulan, berikut daftarnya dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Iya, Mommies, kami dengar kok, Mommies yang tinggal di luar Jabodetabek, yakni Bandung dan sekitarnya, Jawa Tengah maupun Jawa Timur juga ingin tahu informasi mengenai SMP swasta unggulan. Berikut daftarnya, ya. Silakan cari informasi seputar sekolah yang akan menjadi pilihan anak. Semoga anak Mommies berhasil masuk ke sekolah incarannya. 

Jawa Barat

  1. SMP Kristen 1 BPK Penabur

Dari data Puspendik Kemdikbud, SMP Kristen 1 BPK Penabur meraih nilai rerata UN tertinggi di Kota Bandung, yaitu 91,14. Layaknya sekolah BPK Penabur lainnya, SMP Kristen 1 ini berpendidikan Kristen yang unggul dalam Iman, Ilmu, Pelayanan dan membina karakter peserta didik melalui pengajaran berdasarkan nilai kristiani.

Alamat: Jl. Hos Tjokroaminoto 157, PAMOYANAN, Kec. Cicendo, Kota Bandung Prov. Jawa Barat. 

Website: https://bpkpenabur.or.id/bandung/smpk-1-bpk-penabur 

  1. SMP Salman Al Farisi Bandung

Berdasarkan data Puspendik Kemdikbud, SMP Salman Al Farisi Bandung ada di urutan ketiga yang memiliki rerata nilai UN tertinggi se-Bandung, yakni 87,18. Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi merupakan alternatif terbaik pendidikan generasi muda bangsa yang didukung fasilitas belajar lengkap, lingkungan yang kondusif sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi proses belajar mengajar, serta dibimbing oleh para pendidik yang memiliki kompetensi dibidangnya dan jiwa profesionalisme tinggi.

Alamat: Jl. Tubagus Ismail VIII Atas, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134. 

Website: https://www.salman-alfarisi.sch.id/ 

  1. SMP Darul Hikam 

Duduk di urutan keempat tertinggi di Bandung, berdasarkan nilai rerata UN yaitu 86,46, SMP Darul Hikam ini menerapkan pengembangan karakter dengan menggunakan konsep Taqwa Character Building (TCB) yang terdiri dari tujuh nilai yaitu: Ikhlas, Sabar, Amanah, Dispilin, Peduli, Cerdas, Ihsan

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 285 A Bandung, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung Prov. Jawa Barat. 

Website: https://smpdarulhikam.sch.id/ 

  1. SMP Santo Aloysius 2

Dari data Puspendik Kemdikbud, nilai rerata UN SMP Santo Aloysius 2 yaitu 84,86. Hingga sekarang ini juga masih menjadi sekolah pilihan warga Bandung. 

Alamat: Jl. Batununggal Indah II No.30, Mengger, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40267. 

Website: https://simdik.bandung.go.id/npsn/20219361 

  1. SMP Santa Angela

SMP Santa Angela memiliki rerata nilai UN 84,71. Terakreditasi A dan menawarkan sejumlah kegiatan yang menarik untuk anak ikuti. SMP Santa Angela juga aktif mengadakan berbagai lomba, seperti E-sport, Dancing With Family, Vocal Solo, Desain Grafis, dan Tiktok. 

Alamat: Jl. Merdeka No.24, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. 

Website: https://smp.santa-angela.sch.id/ 

Jawa Tengah

  1. SMP Kristen Kalam Kudus, Kota Surakarta 

Dari data Puspendik Kemendikbud, SMP Kristen Kalam Kudus memiliki nilai rerata UN tertinggi pertama di tahun ajara 2018/2019 yakni 86,25. Sekolah ini juga aktif dalam berbagai aktivitas membudayakan lingkungan bersih dan sehat, dengan berpartisipasi dalam gerakan Jumat bersih, di mana siswa didampingi oleh guru untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di jalan dan memotong rumput sepanjang jalan Dalil Tani. 

Alamat: Ngarjosari, Popongan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Website: https://smpkalamkudusps.sch.id/index.php?id=artikel 

  1. SMP Pangudi Luhur 1

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada SMP Pangudi Luhur 1. Sekolah ini dipimpin oleh seorang Bruder dan memiliki organisasi sekolah yang baik. Kalau berdasarkan nilai rerata UNBK yakni 81,50, SMP Pangudi Luhur 1 ini ada di urutan kelima dari SMP swasta terbaik di Yogyakarta.

Alamat: Jl. Timoho II, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. 

Website: https://smppangudiluhur1-yogya.sch.id/ 

  1. SMPK Patriae Academy

Berdasarkan nilai UNBK dengan total rerata 85,26, SMPK Patriae Academy berada di urutan kedua SMP swasta terbaik di Yogyakarta. Misi yang diangkat dari sekolah ini adalah siswa menjadi pribadi yang unggul dalam kompetisi global, baik dalam pencapaian akademik, moral dan karakternya. SMPK Patriae Academy juga menerapkan TRIVIUM ( Tingkat Dasar, Logika dan Retorika) dalam proses pembelajarannya. 

Alamat: Dusun Gandok, Jl. Ring Road Utara No.5a, RT 02/RW 55, Pikgondeng, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Website: https://jogjapatriae.sch.id/ 

  1. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Kabupaten Banyumas 

Dari data Puspendik Kemendikbud, SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto memiliki nilai rerata UN tertinggi pertama pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 85,19. Beberapa siswa juga meraih medali dalam Lomba Matematika Tingkal Nasional 2022, prestasi di Bali International Championship Tahun 2022, dan juga medali Perak dan Perunggu dalam Pekan Olimpiade Siswa Nasional (POSN) Tahun 2022.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Soeharso Arcawinangun Purwokerto 53113

Website: https://smpalirsyadpwt.sch.id/ 

  1. SMP Anak Terang Salatiga, Kota Salatiga 

Dari data Puspendik Kemendikbud, SMP Anak Terang Salatiga memiliki nilai rerata UN tertinggi pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 80,32. Sekolah ini memiliki guru-guru yang aktif, terlihat juga dari pembahasan seputar pendidikan yang rutin dilakukan di Instagram @smpanakterang.

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No.105, Setro, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Website: https://bethany.sch.id/ 

Jawa Timur

  1. SMP Kristen Logos

SMP Kristen Logos merupakan SMP swasta terbaik urutan pertama di Surabaya dengan total rerata UNBK yakni 90,40. Sekolah ini bermisi menyelenggarakan pendidikan yang integratif, dalam aspek spiritual, mental, intelektual, dan skill berbasiskan kebenaran Alkitab. 

Alamat: Andhika Plaza C/10-11 Jl. Simpang Dukuh 38-40 Surabaya, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Website: https://www.instagram.com/sekolahkristenlogos/ 

  1. SMP Xin Zhong

Sekolah ini menduduki urutan kedua SMP swasta terbaik di Surabaya berdasarkan nilai UNBK rata-rata sebesar 90,24. SMP Xin Zhong merupakan Sekolah Tiga Bahasa berstatus SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) yang menerapkan Kurikulum yang mencakup rumpun mata pelajaran nasional, mata pelajaran Cambridge, dan pengajaran Bahasa Tionghoa berstandar Beijing dengan tenaga pengajar lokal dan asing yang telah memenuhi standar pendidikan keguruan nasional atau internasional.

Alamat: Jl. Kalisari Selatan No. 5, Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Website: https://xinzhong.sch.id/ 

  1. SMP Little Sun School

Total nilai rerata UNBK sekolah ini 89,40, menempati SMP swasta terbaik urutan ketiga di Surabaya. Sekolah ini menerapkan kurikulum dengan tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin dalam berbagai metode belajar agar siswa bisa lulus 100% ujian sekolah maupun ujian nasional.

Alamat: Jl. Manyar Kartika No. 48, Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Website: https://littlesunschool.sch.id/ 

  1. SMPTK Morning Star Academy Surabaya

Sekolah ini ada di urutan keenam SMP swasta terbaik di Surabaya berdasarkan nilai UNBK yakni 86,15. Selain akademis, pendidikan karakter juga menjadi penting di Morning Star Academy ini. Dengan pengembangan karakter baik dalam diri anak-anak, maka setiap ilmu yang mereka dapatkan akan digunakan dengan lebih bertanggung jawab.

Alamat: Lenmarc Mall lt.1 Unit 1-10, 16. Jl. Mayjend. Jonosewojo No.9, Pradahkalikendal, Kecamatan Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur.

  1. SMP Al Fatah Assalam

Menduduki urutan pertama SMP terbaik di Sidoarjo dengan nilai rata-rata UNBK yang cukup tinggi, yaitu 82,71. Adapun visi dan misi SMP Al Fatah Assalam ini adalah mewujudkan sekolah yang berbasis dakwah, menjadi percontohan bagi sekolah di sekitarnya, serta mewujudkan sekolah yang bermanfaat bagi lingkungannya.

Alamat: Jl Raya Wisma Blok FG 20, Jl. Tropodo I, Tropodo Kulon, Tropodo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256

Baca juga: 

SMP Swasta Favorit di Jabodetabek

Deretan SMP Negeri Favorit di Jabodetabek

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan