banner-detik
EDUCATION

SMP Swasta Favorit di Jabodetabek

author

Dhevita Wulandari02 Aug 2022

SMP Swasta Favorit di Jabodetabek

Cari SMP swasta favorit di sekitar Jabodetabek? Berikut ini beberapa sekolah yang bisa Mommies pilih. Sudah terakreditasi A juga, lho!

Penerimaan murid baru tahun 2023 akan dibuka dalam beberapa bulan lagi. Jika tahun ini adalah tahun terakhir si Kecil duduk di bangku Sekolah Dasar dan akan memasuki Sekolah Menengah Pertama di tahun depan, tidak ada salahnya Mommies untuk mulai mencari dan memilih sekolah mulai dari sekarang.

Untuk memudahkan Mommies dan anak mencari sekolah, beberapa SMP Swasta Favorit di daerah Jabodetabek ini mungkin bisa jadi pilihan.

SMP Labschool Kebayoran

Terletak di Jakarta Selatan, SMP Labschool Kebayoran menjadi salah satu sekolah terbaik dan banyak menjadi favorit. Disebut terbaik karena sekolah ini memiliki segudang prestasi, salah satunya adalah menjadi peringkat 1 nilai UN tertinggi di DKI Jakarta pada 2017. Tidak berhenti di situ, berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan pada 2019, hasil UN SMP Labschool memiliki nilai rata-rata 92,64 dan menjadikan sekolah ini lagi-lagi berada di peringkat pertama.

SMP Labschool Kebayoran atau yang akrab disebut SMP Labsky memiliki beberapa fasilitas seperti WiFi, kelas ber-AC, auditorium, laboratorium (komputer, kimia, biologi, dan bahasa), perpustakaan, lapangan olahraga indoor dan outdoor, hingga poliklinik. Tentunya, sekolah ini juga memiliki beberapa ekstrakulikuler untuk mendukung skill para murid, seperti seni rupa, paduan suara, bahasa Jepang dan Perancis, fotografi, ansambel, hingga Sukses Quran.

Selain SMP Labschool Kebayoran, SMP Labschool Jakarta juga menjadi peringkat kedua sekolah terbaik dengan nilai rata-rata UN 92,53 pada 2019 dan menjadi sekolah favorit para orang tua dan anak di Jakarta. 

Akreditasi : A

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Radio Dalam Raya No.14, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Telepon: (021) 7398935

Website: www.kebayoran.labschool-unj.sch.id

Instagram: @labsky.jhs

SMPK 2 Penabur

Menjadi SMP swasta favorit di Jakarta, sekolah Kristen yang satu ini juga memiliki segudang prestasi baik Nasional maupun Internasional. Di antaranya seperti memenangkan Vanda Science International 2022, lomba IPA di Brilliant Competition, festival lomba seni, dan masih banyak lagi.

Untuk menunjang kemampuan anak di luar akademi, SMPK 2 Penabur juga memiliki beberapa ekstrakulikuler yang bisa diikuti anak, seperti klub IPA, klub bahasa, klub matematika, olahraga (basket, futsal), tari tradisional, pramuka, desain grafis, kelas robotik, dan lain-lain.

Sekolah Kristen yang satu ini juga semakin menjadi favorit karena meraih nilai rata-rata UN sebesar 91,93 pada 2019.

Akreditasi: A

Alamat: Jl. Pembangunan III No.1, RT.7/RW.8, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130

Telepon: (021) 63850348

Website: www.bpkpenabur.or.id/jakarta/smpk-2-penabur

Instagram: @smpk2penaburjakartaofficial

BACA JUGA: Cari SMP swasta favorit di sekitar Jabodetabek? Berikut ini beberapa sekolah yang bisa Mommies pilih. Sudah terakreditasi A juga, lho!

SMP Regina Pacis

Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, nilai rata-rata UN SMP Regina Pacis adalah 84,23 pada 2019. Terletak di daerah yang strategis di Bogor, sekolah ini memiliki kegiatan sekolah yang seru dan menarik untuk mendukung kemampuan anak. Mulai dari ekstrakulikuler seperti pramuka yang wajib diikuti, study tour, master class, lokarya, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang dimiliki sekolah ini meliputi ruang kelas yang dilengkapi proyektor LCD dan WiFi, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang doa, ruang multimedia, perpustakaan, pojok baca, UKS, hingga kantin sekolah.

SMP Regina Pacis memiliki lima nilai dasar yang terdiri dari Compassion, Humility, Integrity, Peace, dan Servant Leadership (CHIPS). Sekolah juga membiasakan para murid untuk berliterasi dengan membaca buku cetak maupun digital. Sekolah ini juga memiliki kebiasaan unik di setiap Rabu dengan makan bersama dengan bekal yang dibawa dari rumah.

Akreditasi: A

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda no. 2, Kota Bogor, Jawa Barat 16121

Telepon: (0251) 8311869

Website: www.smp.reginapacis.sch.id

Instagram: @smpreginapacisbogor

SMP IT At Taufiq

SMP IT At Taufiq menerapkan kurikulum dinas pendidikan dan memadukannya dengan Kurikulum Insan At Taufiq (KIAT). Menjadi salah satu SMP swasta favorit di Bogor, sekolah ini memiliki nilai rata-rata UN sebesar 82,45 pada 2019 dan telah mencapai prestasi akademik lainnya di tingkat Lokal, Nasional, hingga Internasional. 

Guru-gurunya juga merupakan lulusan terbaik di Indonesia. Sekolah ini juga sudah menggunakan sistem digital untuk materi mengajar, sistem penilaian, hingga sistem laporan untuk memudahkan guru dan orangtua memantau pencapaian para murid secara real time.

Akreditasi: A

Alamat: Jl. Cimanggu Permai I, RT 004, RW 008, Kedung Jaya, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164

Telepon: 0812 8640 2541 

Website: www.sekolahattaufiq.id

Instagram: @smpitattaufiqbogor

SMP IT Al Qudwah

Menjadi salah satu SMP swasta favorit di kota Depok, SMP IT Al Qudwah atau yang sering disebut Al-Qudwah Islamic Boarding School (AQIBS) memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya para tenaga pengajar yang bersalah dari berbagai universitas ternama di Indonesia dan di luar negeri, para hafidz dan hafidzah bersanad, serta lulusan murid diharapkan hafal Al Quran.

Sekolah ini menggunakan Kurikulum Al-Azhar As-Syarif Mesir (untuk mata pelajaran Al-Qur’an, Ulum As-Syar’iyyah, dan Bahasa Arab), Kurikulum Diknas (untuk mata pelajaran umum), dan Kurikulum Lokal Kepesantrenan (untuk mata pelajaran penguatan seperti ekstrakurikuler, leadership, entrepreneurship, dan basic life skill lainnya).

Akreditasi: A

Alamat: Yayasan Islam Al-Qudwah, Jl. Beringin, No. 01. Margonda Raya Kemirimuka, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat, 16423

Telepon: 0812-4608-4628 (Bunda Hasnah), 0857-8087-5799 (Ust. Suwanto), 0813-8439-2362 (Ust. Halim)

Website: www.aqibs.alqudwah.sch.id

Instagram: @alqudwah.sch.id

SMP Cakra Buana

Menjadi salah satu SMP swasta favorit di kota Depok, SMP Cakra Buana memadukan Kurikulum Nasional dengan sistem Multiple Intelligence. Pengaplikasian metode pendidikannya menggunakan konsep mind mapping dan Gerakan Literasi. 

Sekolah ini memiliki nilai CRAFITY (Creative & Confident, Responsible Responsive & Religious, Analytic, Fairness, Tough, Innovative, Visionary, Initiative, Team Work, Years of Success) yang diharapkan mampu membuat siswa berkembang optimal, menjadi remaja yang aktif dan reaktif, serta siap menghadapi tantangan. 

SMP Cakra Buana memiliki ekstrakulikuler yang wajib diikuti para muridnya seperti Pramuka dan Paskibra, serta beberapa ekstrakulikuler pilihannya lainnya mulai dari Saman Club, Science Club, English Club, Art Club, Robotic, Taekwondo, Futsal, dan Basket.

Akreditasi: A

Alamat: Jl. Raya Depok Sawangan No. 91 Pancoran Mas – Depok Jawa – Barat 16432 Indonesia

Telepon:  (021) 7765620, 21, 23, 30

Website: www.cakrabuana.sch.id/smp-cakra-buana

Instagram: @sekolahcakrabuana

SMP Dian Harapan

SMP Dian Harapan atau juga dikenal dengan Sekolah Dian Harapan (SDH) menggunakan Kurikulum Nasional, yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum SDH. Mata pelajaran yang dimiliki SDH antara lain Studi Alkitab, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Teknologi Informasi, Pendidikan Jasmani, Seni, dan Musik.

SDH juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler setelah jam belajar selesai, seperti basket, bulutangkis, sepak bola, futsal, voli, dance, berenang, dan paskibra.

Akreditasi: A

Alamat: Jl. Mentawai No. 201, Taman Imam Bonjol Jl. Boulevard Jend. Sudirman No.Utara, RT.002/RW.009, Panunggangan Bar., Kec. Cibodas, Kota Tangerang, Banten 15811

Telepon: (021) 55799757/ 08118945500

Website: www.sdh.sch.id/junior-school

Instagram: @dianharapansch

SMP Islam Al Azhar 8

SMP Islam Al Azhar 8 Bekasi menerapkan Kurikulum Sekolah Penggerak (Kelas VII) dan Kurikulum Nasional yang dipadukan dengan kurikulum Sekolah Islam Al Azhar. Sekolah ini memiliki fasilitas mulai dari lapangan olahraga, laboratorium bahasa, laboratorium IPA, ruang musik, perpustakaan, UKS, hingga masjid.

Sebagai salah satu SMP favorit di Bekasi, sekolah ini memiliki beberapa program unggulan yang terdiri dari Smart Classroom, Program SKS 4 Semester (2 tahun lulus) dan 6 Semester, Homestay & Character Building, Pembelajaran Berbasis Project, Volunteer & Social Partnership, Tahfidz by School, Tahfidz Mumtaz, Native Speaker, Program Riset, dan Life Skill.

Uniknya, sekolah ini memiliki kantin yang disebut Warjur dengan konsep mengambil jajanan sendiri, membayar dan mengambil uang kembalian sendiri secara jujur tanpa ada yang mengawasi.

Akreditasi: A

Alamat:  Jl. Kemang Pratama Raya No.8-9, RT.003/RW.001, Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi , Jawa Barat 17116

Telepon: (021) 8228184

Website: www.smpia8.sch.id

Instagram: @smpia8

BACA JUGA: Tips Menyiapkan Anak Sekolah di Luar Negeri

Cover image: Photo by Pixabay on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan