banner-detik
LIFESTYLE

Bedanya Gaya Makeup Korea, Jepang, dan Thailand yang Wajib Diketahui!

author

Katharina Menge26 Jul 2022

Bedanya Gaya Makeup Korea, Jepang, dan Thailand yang Wajib Diketahui!

Gaya makeup dari berbagai negara kini sedang booming dan banyak ditiru, termasuk dari Korea, Jepang, dan Thailand. Yuk, kenali masing-masing perbedaan gayanya!

Gaya makeup dari Korea, Jepang, dan Thailand kini sedang jadi sorotan dunia. Semuanya jadi inspirasi kecantikan banyak perempuan di segala penjuru, dan bahkan lintas benua. Mungkin di mata orang awam gaya makeup dari tiga negara tersebut terlihat sama, nyatanya banyak perbedaannya, lho.

Ada beberapa detil yang membedakan satu dari lainnya, mulai dari gaya makeup Korea yang lebih glowing, Jepang yang doll-like, hingga Thailand yang penuh glam. Ketiga gayanya selalu menarik untuk ditiru.

Yuk, lihat lebih detail perbedaan sederet gaya makeup dari tiga negara tersebut!

BACA JUGA: Mau Cantik Tanpa Makeup? Pelajari Rumus Skincare Berikut Ini!

Makeup Korea

gaya makeup korea

Dari segala aspeknya yang menonjol, dunia kecantikan Korea punya tahta tersendiri. Produk skincarenya inovatif, kemasan makeupnya selalu menarik dan lucu, hingga k-beauty looks yang selalu diangkat oleh para selebritinya, baik oleh musisi hingga pemain perannya. Tak bisa dipungkiri kalau gaya makeup Korea selalu jadi kiblat bagi banyak wanita.

Salah satu ciri khas gaya makeup Korea adalah dewy skin, natural eye look, dan gradient lipsnya. Tampilan dewy memberikan kesan kulit glowing maksimal dan tak boleh terlewat. Jika ingin mencobanya, ketimbang pakai pakai foundation, coba pakai produk complexion yang lebih ringan seperti cushion, BB cream, atau concealer. Tambahkan contour halus dan blush natural yang diberikan tipis-tipis.

Sedangkan gaya matanya dibuat natural dengan alis yang diarsir tipis. Pilihan warna eyeshadownya lebih ke warna lembut dan netral, seperti cokelat atau peach. Alih-alih winged-eyeliner, pada riasan Korea cenderung eyelinernya mengarah ke bawah sehingga memberikan kesan ‘puppy eyes’.

Makeup Jepang

gaya makeup jepang

Jika diperhatikan dengan seksama, gaya makeup Jepang bisa dibilang kebalikan dari Korea. Dibanding gaya Korea yang no makeup look, makeup Jepang justru membuat banyak wanitanya terlihat seperti karakter anime, yaitu matte skin, dolls eyes, dan blush. Tentu saja sama-sama cantik dan memukau.

Jika di Korea cenderung pakai gaya dewy skin, Jepang justru mengedepankan matte complexion. Untuk pemilihan blushnya, Jepang cenderung pakai warna yang mencolok dan diaplikasikan secara menonjol di area bawah mata untuk memberikan efek mirip boneka.

Tampilan mata yang besar dan ‘doll-like’ juga ditonjolkan untuk gaya makeup Jepang. Umumnya lebih sering dipakai shimmering eyeshadow, eyeliner, serta bulumata palsu yang meriah. Untuk riasan bibirnya, gaya makeup Jepang lebih menyukai lipstik yang memenuhi bibir, berbeda Korea yang cenderung lebih suka tampilan bibir gradient atau ombre lips.

Makeup Thailand

gaya makeup thailand

Gaya mekaup Thailand cukup berbeda dengan Korea dan Jepang yang mengedepankan kesan natural. Thailand justru cenderung ke tampilan full glam, satin finish, smokey eye, dengan full-coverage based makeup dan overlined lips.

Perempuan Thailand suka menggunakan foundation dengan coverage medium sampai tinggi yang bisa berikan complexion ‘sempurna’. Dilengkapi dengan contour yang tajam dan highlighter yang menonjol, membuat gaya makeup ini semakin sempurna.

Jika makeup Korea atau Jepang lebih menonjolkan pemakaian blush, Thailand justru lebih memakai contour dan highlighter yang cukup mencolok agar wajah terlihat semakin tirus. Lalu untuk meningkatkan kesan glamornya, smokey eyes look jadi ciri khas khas pada gaya makeup Thailand.

Jika eye makeup yang digunakan memakai warna-warna lembut, seperti peach, cokelat muda, dan pink, pasti akan tetap ada sentuhan glamor dari penggunaan shimmer dan glitter. Aplikasi lipstiknya cenderung mengarah pada gaya Western yang melebihi garis bibir atau overlined lips. Bibir jadi terlihat semakin full dan plump!

Sumber artikel dari sini!

BACA JUGA: 10 Tips Makeup Usia 40 Agar Terlihat Awet Muda, Wajib Coba!

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan