banner-detik
SELF

5 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Untuk Mommies

author

Fannya Gita Alamanda26 Jul 2022

5 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Untuk Mommies

Suplemen Omega-3 punya peranan penting bagi kesehatan jantung, otak dan menjaga kolesterol. Berikut rekomendasi untuk Mommies pilih.

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan pertumbuhan otak.

Baca juga: Rekomendasi Vitamin Probiotik dan Prebiotik Untuk Kesehatan Usus

Ada tiga jenis utama asam lemak omega-3

  • Asam eicosapentaenoic (EPA)
  • Asam dokosaheksaenoat (DHA), dan
  • Alfa-linolenat (ALA)

EPA dan DHA, yang banyak ditemukan pada ikan adalah bentuk asam lemak omega-3 yang aktif secara biologis. Sementara ALA terdapat dalam makanan nabati dan harus diubah menjadi EPA dan DHA sebelum tubuh Anda dapat menggunakannya.

Bagi yang jarang mengonsumsi ikan, suplemen minyak ikan bisa menjadi cara cepat dan nyaman untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3.

 Cara memilih

  • Kualitas suplemen: Periksa daftar bahan untuk menghindari suplemen yang mengandung bahan-bahan buatan dan aditif. Idealnya, cari produk yang telah diuji oleh pihak ketiga dan disertifikasi oleh organisasi independen, seperti International Fish Oil Standards (IFOS), United States Pharmacopeia (USP), NSF International, atau Therapeutic Goods Association (TGA).
  • Dosis: Perhatikan dosisnya, termasuk jumlah EPA dan DHA. Beberapa produk mungkin juga mengandung ALA, yang merupakan bentuk asam lemak omega-3 pada tumbuhan yang diubah menjadi EPA dan DHA dalam jumlah kecil.
  • Jenis suplemen. Ada beberapa bentuk suplemen minyak ikan seperti softgels, cairan, atau gummies. Pilih yang paling nyaman untuk dikonsumsi.

Rekomendasi suplemen Omega-3

Nordic Naturals Ultimate Omega

Harga: Rp 1,000,000 (45 butir)

Dengan 1.100 mg gabungan EPA dan DHA di setiap softgel, sumber Omega-3 suplemen Nordic Naturals Ultimate Omega berasal dari sarden dan ikan teri yang ditangkap secara liar. Rasa lemonnya menguarkan aroma yang menghilangkan rasa amis, yang biasa tercium dalam suplemen minyak ikan.

Selain itu, semua produk Nordic Natural disertifikasi oleh Friend of the Sea, sebuah organisasi yang memastikan makanan laut bersumber dari perikanan dan akuakultur yang berkelanjutan. Sertifikat analisis (COA) juga tersedia untuk semua produk Nordic Naturals, memberi informasi rinci tentang kemurnian dan kualitas suplemen.

HUM Nutrition OMG! OMEGA the Great

Harga: Rp 600,000 – Rp 700,000 (isi 30 butir)

Produk Omega the Great adalah softgel minyak ikan yang menyediakan 1.400 mg total omega-3 per porsi, bersumber dari ikan teri liar. Semua produk Nutrisi HUM diuji oleh pihak ketiga, non-GMO, bebas gluten, bebas dari pemanis, dan pewarna buatan.

Baca juga: Rekomendasi Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Life Extension Super Omega-3

Harga: Rp 700 ribuan (isi 60 butir)

Menawarkan 1.200 mg gabungan EPA dan DHA dalam setiap porsinya. Suplemen Life Extension Super Omega-3 adalah pilihan yang bagus menjaga kesehatan jantung Anda.

Juga mengandung ekstrak zaitun yang kaya antioksidan sebagai pelindung jantung, lignan biji wijen sebagai antimikroba dan antioksidan, melindungi minyak ikan dari pembusukan.

Nature Made Fish Oil Plus Vitamin D 1,000 IU

Harga: Rp 400 ribuan (isi 45 butir)

Mau suplemen Omega-3 berkualitas tapi dengan harga terjangkau? Nature Made Fish Oil Plus Vitamin D 1,000 IU adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan vitamin D secara bersamaan.

Suplemen ini juga mengandung 2.000 IU vitamin D, vitamin penting namun hanya ditemukan secara alami di sumber makanan yang sangat sedikit. Diproduksi dari ikan tangkapan liar dan telah dimurnikan untuk menghilangkan merkuri, serta senyawa berbahaya lainnya, seperti dioksin, furan, dan poliklorin bifenil (PCB).

Barlean’s Omega Pals Chirpin’ Slurpin’ Lemonade Fish Oil

Harga: Rp 300,000 – Rp 500,000

Memilih Barlean’s Omega Pals Chirpin’ Slurpin’ Lemonade Fish Oil akan memudahkan Mommies memberi suplemen minyak ikan kepada anak-anak tanpa banyak drama. Mereka nggak bakal komplen karena Barlean’s Omega Pals Chirpin ‘Slurpin’ menawarkan beragam rasa seperti lemon, jeruk keprok, sitrus, stroberi, dan pisang.

Suplemen ini menyediakan gabungan 540 mg DHA dan EPA dan dibuat untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas. Sangat penting bagi anak-anak untuk mendapatkan cukup omega-3, terutama DHA untuk menunjang perkembangan otak dan kesehatan mata.

Meski saat ini tidak ada pedoman khusus untuk asupan DHA, sebagai gantinya Mommies bisa menggunakan pedoman untuk asupan Omega-3 total, yaitu:

  • Usia 1-3 tahun: 700 mg
  • Usia 4–8 tahun: 900 mg
  • Usia 9–13 tahun: masing-masing 1.000 atau 1.200 mg untuk anak perempuan dan laki-laki

 

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan