banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting ala Raisa: Menyetarakan dan Memanusiakan Anak

author

Katharina Menge07 Jul 2022

Tips Parenting ala Raisa: Menyetarakan dan Memanusiakan Anak

Ternyata ini dia tips parenting yang diterapkan oleh Raisa untuk anaknya, Zalina Raine Wyllie. Patut banget ditiru!

Setiap orang tua punya tips parenting yang berbeda-beda, termasuk Raisa. Dalam membesarkan anak perempuannya, Zalina Raine Wyllie, dia memiliki cara yang cukup unik, terutama dalam membuat sang anak memahami pekerjaan yang dia tekuni.

Mommies Daily pun berkesempatan untuk berbincang secara eksklusif dengan Raisa dan membahas pola asuh yang dia terapkan untuk Zalina! Ternyata di usia 3 tahun ini Zalina sedang suka sekali bernyanyi seperti sang ibu. “Dia lagi seneng banget nyanyi, sih, sama dance karena dia lagi into music banget,” cerita Raisa.

Raisa pun menjelaskan bahwa Zalina baru diperbolehkan menonton tv sehingga dia tengah menikmati kegiatan barunya tersebut. “Karena baru boleh nonton tv, nonton film, dia kayak lagi seneng banget sama Disney, sama princess-princess, jadi dia suka pretend play.”

tips parenting raisa

BACA JUGA: Tips Parenting Ridwan Kamil: Keluarga adalah Pondasi Peradaban Masa Depan

Tips Parenting Raisa

Ini dia tiga tips parenting yang Raisa terapkan dalam membesarkan buah hatinya!

1. Memanusiakan Anak

“Nomor satu yang aku terapin, tuh, memanusiakan anak,” buka musisi kelahiran 6 Juni 1990 itu saat ditemui Mommies Daily usai tampil di acara peluncuran aplikasi OCTOPUS, (30/6). Raisa tidak menganggap putrinya itu tidak tahu apa-apa atau kurang dibandingkan dirinya. “Jadi dengan menyetarakan dia, levelnya, di rumah, dia tuh, jadi lebih percaya diri dan aku ngerasa koneksinya lebih baik dengan aku,” tambahnya.

“Aku gak tahu, ya, (karena) aku gak pernah nyoba the other way tapi aku merasanya seperti itu dengan anakku.”

2. Sama-sama Belajar

Tips parenting ala Raisa yang kedua menurut pelantun lagu Serba Salah itu adalah semuanya tentang belajar. “It’s all about learning, sih. Begitu aku bisa belajar untuk belajar, menurutku itu mengubah segalanya. Dari capek jadi seru, dari stres jadi kayak pengen tahu lagi dan lagi (tentang tumbuh kembang anak). Jadi dibikin penasaran.”

tips parenting raisa

3. Libatkan Anak

Terakhir, tips parenting dari Raisa adalah berusaha melibatkan Zalina dalam kesehariannya. “Try to involve her in my every day life. Jadi kayak aku nyanyi, mungkin dia gak ikutan tapi dia tahu (kalau aku nyanyi),” cerita istri Hamis Daud ini.

Raisa mengaku kalau dia selalu menceritakan kegiatannya usai bekerja pada sang anak. “Aku cerita trus aku liatin fotonya. Waktu lebih kecil dia (Zalina) malah lebih sering ikut (kerja),” jelas wanita yang akrab dipanggil Yaya itu.

Raisa juga mengaku dia juga libatkan Zalina ketika melakukan aktivitas sehari-hari di rumah. “Kalo misalnya aku ngelakuin kegiatan-kegiatan yang biasa di rumah, aku libatkan dia. Jadi dia, tuh, punya practical skill-lah dan aku juga gak selalu bingung untuk ajarin apa. Karena, kan, dia bisa belajar dengan sendirinya saat ikut beraktvitas sama aku.”

Hal yang Ingin Diajarkan Raisa Sebagai Career Mom

Sebagai seorang career mom, Raisa ingin membesarkan Zalina dan membuat dia belajar bahwa woman can do anything. “They can be a good mother, they can also be good in their career, persistent, dan kerja keras,” ujarnya.

Mungkin sebagai anak, Zalina pernah merasa ditinggal ketika Rasia harus bekerja. Hal itu bisa saja membuatnya tidak menyukai pekerjaan sang ibu. Namun Raisa mengakui kalau dia berusaha membicarakan hal tersebut dengan anaknya.

“Aku juga mulai ngobrol sama dia soal ini. ‘Iya aku emang kerja, mungkin kamu gak suka kalo aku kerja tapi kalo aku kerja itu bikin aku senang karena aku suka nyanyi,'” ungkap Raisa. “Jadi aku sharing passion aku. Jadi dia (Zalina) tahu apa alasan aku untuk bekerja. Itu kembali lagi ke (poin) yang pertama, sih, memanusiakan anak.”

Raisa percaya kalau dengan membicarakan hal tersebut ke anaknya, meski dia masih kecil, sang anak pasti akan memahaminya. “Kalau diajak ngobrol, tuh, dia sebenernya ngerti. Jadi aku harap dengan dia tahu alasan aku kerja, aku ngejar passion aku, dan nanti itu juga akan nempel ke dia.”

BACA JUGA: 5 Tips Parenting Ryan Reynolds dan Blake Lively yang Bisa Ditiru

Foto: Instagram/raisa6690

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS